Sepekanbola 30 Januari - 5 Februari 2017

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepekanbola 30 Januari - 5 Februari 2017

Sepekanbola yang terjadi di antara tanggal 30 Januari hingga 5 Februari kali ini tidak terlalu banyak diwarnai dengan kejutan. Hal itu pun tidak terlepas dari minimnya aktivitas yang dilakukan oleh klub-klub besar di hari terakhir bursa transfer musim dingin Januari ini.

Keputusan pensiun yang diambil oleh Frank Lampard mungkin menjadi hal yang paling ramai dibicarakan dalam sepekan ini. Sedangkan Bundesliga sempat dibuat heboh dengan dijatuhkannya larangan bertanding bagi Hakan Calhanoglu oleh FIFA hingga akhir musim.

Selain itu, ada juga berita dari Cristiano Ronaldo yang berhasil dinobatkan sebagai olahragawan dengan pendapatan tertinggi. Dan berikut adalah sepekanbola yang terjadi pada kali ini:

Frank Lampard Memutuskan Untuk Pensiun

Mantan gelandang timnas Inggris, Frank Lampard, memutuskan untuk mengakhiri kariernya dalam dunia sepakbola di usia 38 tahun. Pemain yang lama membela Chelsea itu mengumumkannya sendiri melalui instagram pribadinya (franklampard). Dalam unggahannya itu, Lampard memberikan sebuah salam perpisahan yang berisi ucapan terima kasihnya terhadap orang-orang yang telah berjasa dalam 21 tahun karier sepakbolanya.

Calhanoglu Dijatuhi Hukuman Larangan Bertanding Hingga Akhir Musim

Gelandang Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu, dijatuhi hukuman larangan bertanding hingga empat bulan ke depan. Hukuman itu diterima Calhanoglu setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) membenarkan sanksi yang telah dijatuhkan oleh FIFA, Kamis (2/2/17).

Kejadian ini bermula pada tahun 2011 silam. Ketika itu, Calhanoglu, yang telah sepakat untuk bergabung dengan Trabzonspor dan telah menerima uang sebesar 86 ribu paun malah memperpanjang kontraknya dengan Karlshurer, dan kemudian hijrah ke Hamburg SV. FIFA pun menilai jika gelandang asal Turki tersebut telah melakukan pelanggaran kontrak.

Adebayor Kembali Miliki Klub

Setelah sempat menganggur selama kurang lebih enam bulan karena kontraknya tidak diperpanjang oleh Crystal Palace, penyerang timnas Togo, Emmanuel Adebayor, akhirnya memiliki klub pada bursa transfer Januari ini.

Adalah klub asal Turki, Istanbul Basaksehir, yang menjadi destinasi baru bagi mantan penyerang yang pernah memperkuat Arsenal, Manchester City, Real Madrid, dan Tottenham Hotspurs tersebut. Oleh Basaksehir, Adebayor dikontrak hingga 18 bulan ke depan dengan gaji yang jika ditotalkan akan mencapai 3 juta paun.

Cristiano Ronaldo Dinobatkan Sebagai Olahragawan dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Mega Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai olahragawan dengan pendapatan tertinggi pada 2016. Hal ini mengacu kepada riset yang dilakukan oleh Forbes Sports Money Index. Ronaldo dilaporkan mendapatkan pendapatan sebesar 70,5 juta paun atau jika dirupiahkan sekitar 1,1 triliun, dengan rincian 44,8 juta paun dari gaji dan uang dari hadiah serta 25,6 juta paun dari iklan, selama tahun 2016 lalu.

Atas keberhasilannya ini, Ronaldo mampu mengungguli pendapatan yang diterima oleh Lionel Messi, LeBron James, dan Roger Federed.

Petualangan Kedua Demba Ba Bersama Besiktas

Di saat banyak pemain sepakbola memilih untuk hijrah ke Tiongkok, hal berbeda malah dilakukan oleh Demba Ba. Mantan pemain Chelsea ini memilih untuk meninggalkan Liga Super Tiongkok. Ba, yang memperkuat Shanghai Shenhua di Tiongkok, memutuskan untuk pulang ke kesebelasan lamanya Besiktas.

Ba pernah mengukir cerita manis dengan Besiktas pada sebelumnya. Di mana ia mampu tampil ciamik dengan torehan 18 gol dalam 29 pertandingannya.

Barcelona Tunjuk Ronaldinho Sebagai Duta Tim

Mantan bintang timnas Brasil, Ronaldinho, kembali ke kesebelasan yang membuat namanya melambung, Barcelona. Namun, kali ini ia kembali bukan sebagai seorang pemain, melainkan sebagai duta besar klub.

Dengan demikian, Ronaldinho akan selalu bertindak sebagai perwakilan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh El Barca. Selain itu, Ronaldinho pun ambil bagian dalam FC Barcelona Foundation, sebuah yayasan yang terkait dengan UNICEF.

Beberapa Hasil Ligue 1 Pekan ke-23

AS Monaco vs OGC Nice

Partai big match tersaji di Ligue 1 pekan ke-23 dengan mempertemukan peringkat pertama klasemen sementara, Monaco, melawan peringkat kedua, Nice. Dalam laga yang dihelat di Stade Louis II tersebut, Monaco mampu unggul dengan skor telak 3-0. Radamel Falcao menjadi bintang dalam laga ini melalui dua golnya. Dengan hasil ini, Monaco untuk sementara mampu unggul tiga angka dari Nice dengan raihan 52 poin.

Dijon vs Paris Saint-Germain

PSG, yang duduk di peringkat ketiga dengan defisit tiga poin dari Nice, memanfaatkan betul kekalahan yang diderita oleh Mario Balotelli dkk. tersebut. Dalam lawatannya ke markas Dijon, anak asuh Unai Emery ini sanggup membawa pulang tiga poin setelah berhasil unggul dengan skor 1-3. Ketiga gol PSG sendiri di laga tersebut disumbangkan oleh Lucas Moura, Thiago Silva, dan Edinson Cavani. Dengan hasil ini, PSG berhasil menggeser Nice dari peringkat kedua dengan keunggulan selisih gol.

FC Metz vs Olympique Marseille

Imbas dari keberhasilan memulangkan Dimitri Payet dari West Ham United membuat Marseille diliputi kepercayaan diri yang tinggi. Namun siapa sangka, alih-alih mampu meraup poin, Marseille dengan Payet-nya justru terjungkal dalam lawatannya ke markas Metz. Di laga yang dilangsungkan di Stade Saint-Symphorien tersebut Marseille takluk dengan skor tipis 1-0.

Saint-Etienne vs Olympique Lyon

Setali tiga uang dengan Marseille, Olympique Lyon pun mengalami hasil serupa dalam lawatannya ke Stade Geoffroy-Guichard, markas St. Etienne. Dalam laga tersebut, Lyon harus menyerah dengan skor 2-0. Kekalahan ini jelas tidak mengenakan bagi peraih tujuh gelar Ligue 1 tersebut, terlebih mereka diperkuat oleh trio andalannya, Memphis Depay, Alexander Lacazette, dan Nabil Fekir.

Beberapa Hasil Bundesliga Pekan ke-19

Bayern Munchen vs Schalke 04

Menjamu Schalke di Allianz Arena, Bayern Munchen hanya mampu meraih satu poin setelah bermain imbang dengan skor 1-1. Dalam laga tersebut, Bayern unggul terlebih dulu melalui Robert Lewandowski pada menit ke-9 sebelum akhirnya dibalas oleh Naldo lima menit kemudian. Walau demikian, hasil ini masih tetap tak menggoyahkan Bayern dari posisi puncak.

Borussia Dortmund vs RB Leipzig

Laga big match tersaji di Signal Iduna Park dengan mempertemukan Dortmund melawan runner-up klasemen sementara, RB Leipzig. Jual beli serangan pun tersaji dalam partai ini sejak wasit meniupkan tanda pertandingan dimulai. Dortmund yang mendapatkan dukungan dari ribuan suporternya akhirnya mampu mengakhiri laga dengan raihan tiga poin berkat gol semata wayang dari Aubameyang pada menit ke-35.

Hoffenheim vs Mainz 05

Setelah catatan 17 pertandingannya dihentikan oleh RB Leipzig pekan lalu, Hoffenheim mampu bangkit dari hasil minornya tersebut. Mainz pun mau tak mau menerima akibatnya dengan menjadi korban dari kebangkitan Hoffenheim. Di laga tersebut, mereka dilumat oleh anak asuh Julian Nagelsmann empat gol tanpa balas. Bagi Hoffenheim, kemenangan ini membuat mereka naik ke posisi lima dengan raihan 34 poin.

Hamburger SV vs Bayer Leverkusen

Kehilangan Hakan Calhanoglu yang dijatuhi larangan bertanding hingga akhir musim nyatanya langsung berdampak terhadap kualitas permainan Leverkusen. Dalam lawatannya ke markas Hamburg, Leverkusen kehilangan kreativitasnya sehingga mereka harus pulang dengan tangan hampa setelah dikalahkan dengan skor tipis 1-0. Di laga tersebut, penyerang asal Yunani, Kyriakos Papadopoulos menjadi pahlawan bagi tim asuhan Markus Gisdol.

Benfica vs Nacional

Benfica terus memperlihatkan diri sebagai kandidat terkuat peraih gelar juara Liga Portugal musim ini. Menjamu Nacional di Estadio Da Luiz, anak asuh Rui Vitoria tersebut mampu unggul dengan skor telak 3-0. Dengan hasil ini, Benfica masih tetap bertahan di peringkat pertama klasemen sementara dengan raihan 48 poin.

FC Porto vs Sporting Lisbon

Kemenangan yang diraih oleh Benfica nyatanya menjadi pelecut semangat bagi FC Porto untuk meraih tiga angka. Menjamu salah satu tim kuat lainnya di Portugal, Sporting Lisbon, Porto mampu menang dengan skor 2-1 melalui dua gol Tiquinho. Di laga tersebut, Iker Casillas menjadi salah satu pahlawan setelah dengan sigap menghalau sundulan dari salah satu pemain Sporting di penghujung laga. Hasil ini pun membuat Porto terus membuntuti Benfica dari peringkat kedua.

AZ Alkmar vs PSV Eindhoven

PSV mampu terus memperlihatkan rentenan tren positifnya dalam lima partai terakhir. Bertandang ke markas AZ, PSV mampu menang dengan skor 4-2 yang menjadikan kemenangan kelima secara beruntun bagi mereka. Di laga tersebut, keempat gol PSV disumbangkan oleh Luuk de Jong, Gaston Perreiro, serta dua gol dari Jetro Willems.

Roda JC vs Ajax Amsterdam

Selain PSV, Ajax mampu menjadi tim yang sanggup meraih lima kemenangan secara beruntun dalam lima partai terakhirnya. Hal itu terjadi setelah Ajax mampu menang dengan skor 2-0 dalam lawatannya ke markas Roda JC. Pada pertandingan tersebut, dua gol Ajax dicetak oleh Davy Klassen dan Amin Younes.

Twente vs Feyenoord

Tim asal kota Rotterdam, Feyenoord, semakin memperlihatkan diri sebagai kandidat terkuat peraih Eredivisie musim ini. Bertandang ke Twente, anak asuh Giovanni van Bronckhorst tersebut mampu menang dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Feyenoord semakin nyaman bertengger di puncak dengan raihan 54 poin. Unggul enam poin dari Ajax yang berada di posisi kedua.

St. Johnstone vs Glasgow Celtic

Glasgow Celtic semakin tidak terbendung di Liga Skotlandia musim ini. Dari 24 pertandingan yang telah dimainkannya, anak asuh Brendan Rodgers tersebut telah mampu mengemas 70 poin. Itu termasuk lawatannya yang terakhir ke markas St. Johnstone. Di laga tersebut, Celtic mampu mempercundangi tuan rumah dengan skor 5-2. Mousa Dembele menjadi bintangnya dalam pertandingan tersebut setelah mampu menciptakan hattrick.

Komentar