Rangkuman La Liga 2016/2017: Jornada 19

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Rangkuman La Liga 2016/2017: Jornada 19

Pertandingan-pertandingan di La Liga 2016/2017 jornada 19 yang dihelat pada 21-23 Januari 2017 telah berakhir. Pertandingan terakhir pada jornada ini terjadi antara Eibar vs Barcelona Senin (23/1/2017) dini hari.

Real Madrid berhasil kembali ke jalur kemenangan dan tetap memuncaki klasemen sementara berkat kemenangan atas Malaga dengan skor 2-1. Posisi kedua ditempati oleh Sevilla dengan selisih satu poin saja. Pada jornada ini, Sevilla berhasil meraih poin penuh atas tuan rumah Osasuna.

Selain dua hal di atas terdapat banyak momen menarik yang terjadi pada jornada 19 ini. Berikut kami sajikan beberapa momen menarik yang tercipta pada jornada 19 La Liga 2016/2017.

Las Palmas Masih Tak Terkalahkan di Kandang

Penampilan Las Palmas musim ini cukup mengejutkan banyak pihak. Mereka bahkan sempat berada di papan atas klasemen La Liga Spanyol selama beberapa pekan, walaupun akhirnya mereka harus puas kembali ke papan tengah.

Namun Las Palmas masih tetap menunjukkan kejutan lainnya yaitu menjadi kesebelasan yang belum terkalahkan di kandang bersama Real Madrid. Rekor tak terkalahkan ini berhasil dipertahankan oleh Las Palmas berkat hasil imbang yang mereka raih saat melawan Deportivo La Coruna pada jornada 19. Dari 10 laga kandang di La Liga musim ini, Las Palmas berhasil mencatatkan lima kemenangan dan lima hasil imbang.

Jose Antonio Reyes Cetak Gol Pertama, Espanyol Perpanjang Rekor Kemenangan atas Granada

Pada jornada 19 ini, Jose Antonio Reyes berhasil mencetak gol pertamanya untuk Espanyol sejak didatangkan dengan status bebas transfer pada musim panas 2016 lalu. Reyes berhasil membukukan satu gol dalam kemenangan 3-1 Espanyol atas Granada.

Hasil ini membuat Espanyol kembali ke jalur kemenangan, sedangkan Granada semakin terjerembab di zona degradasi dengan berada pada posisi ke-19. Selain itu, pada laga ini Espanyol semakin mempertajam rekor tak terkalahkan atas Granada menjadi tujuh pertandingan.

Sergio Ramos Cetak Gol ke-50 di La Liga

Real Madrid berhasil mengalahkan Malaga dengan skor 2-1 pada jornada 19. Dua gol Madrid pada laga ini diciptakan oleh sang kapten, Sergio Ramos. Dua gol ini menjadi gol keenamnya di La Liga musim ini sekaligus menjadi gol ke-50 sepanjang kariernya di La Liga. Dengan 50 golnya ini, Ramos hanya tertinggal dua gol saja dari legenda Madrid, Pirri, sebagai bek dengan raihan gol terbanyak ketiga di La Liga.

Sementara itu kemenangan ini berhasil membuat Madrid keluar sebagai juara paruh musim pertama La Liga 2016/2017. Madrid pun masih menyisakan satu pertandingan lagi yang bisa saja membuat mereka menjauh dari kesebelasan-kesebelasan di bawahnya.

Leganes Raih Hasil Imbang Pertamanya Melawan Alaves di La Liga

Leganes secara memukau berhasil membawa pulang satu poin dari Estadio Mendirzorrotza, kandang Deportivo Alaves. Leganes mampu menyamakan kedudukan setelah sempat tertinggal dua kali pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 ini.

Pertandingan ini merupakan pertemuan pertama kedua kesebelasan di kompetisi tertinggi Liga Spanyol. Sebelumnya kedua kesebelasan sudah sering bertemu di divisi kedua Liga Spanyol. Leganes memang baru pertama kali tampil di La Liga pada musim 2016/2017. Hasil imbang ini menjadi hasil imbang pertama bagi laga antara kedua kesebelasan tersebut di La Liga.

Clean sheet Pertama Valencia Dalam 276 hari

Setelah meraih kemenangan pertama sejak Oktober 2016 pada jornada 18 lalu, Valencia berhasil mencatatkan kemenangan kedua beruntunnya sekaligus membukukan clean sheet yang pertama dalam 276 hari terakhir di La Liga pada jornada 19.

Kesebelasan yang menjadi korban kebangkitan Valencia pada jornada 19 ini adalah Villareal. Tak tanggung-tanggung, Kapal Selam Kuning (julukan Villareal) dikalahkan di kandangnya sendiri, Estadio El Madrigal dengan skor 2-0. Padahal sebelumnya Villarreal cukup tangguh jika bermain di depan publiknya sendiri dengan hanya menelan satu kekalahan saja.

Start Terbaik Sevilla Pada Paruh Musim Pertama Sepanjang Sejarah di La Liga

Pertandingan yang sangat menarik terjadi di Estadio El Sadar, kandang Osasuna ketika sang tuan rumah menjamu Seviila. Tujuh gol tercipta pada laga ini, tiga dari Osasuna dan empat dari Sevilla. Sempat terjadi saling kejar mengejar gol dari kedua kesebelasan, Sevilla pada akhirnya mampu mencetak gol lebih banyak dari sang tuan rumah.

Kemenangan ini membuat Sevilla mencatatkan rekor start terbaik pada paruh musim pertama sepanjang sejarah di La Liga. Kesebelasan dari Andalusia ini mencatatkan 13 kemenangan, tiga hasil imbang, dan tiga kekalahan sepanjang paruh musim pertama La Liga 2016/2017. Hasil ini juga membuat mereka tetap berada di posisi kedua klasemen sementara dengan poin 42.

San Mames Masih Cukup Angker Bagi Tim Lawan

Sejak dikalahkan oleh Barcelona di San Mames pada jornada 2, Athletic Bilbao tidak pernah lagi merasakan kekalahan. Terakhir Atletico Madrid yang mencoba memberikan kekalahan bagi Bilbao. Namun hal itu gagal terlaksana.

Atletico hanya berhasil membawa pulang satu poin saja saat menghadapi Bilbao di kandangnya pada jornada 19. Bahkan Atletico bisa saja menderita kekalahan jika Antoine Griezmann tidak mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-80. Hasil ini membuat Atletico turun satu peringkat ke peringkat lima, sedangkan Bilbao tetap berada di peringkat ketujuh.

Victor Sanchez Bawa Real Betis Raih 11 poin Dari Maksimal 15 Poin di Kandang

Victor Sanchez ditunjuk sebagai pelatih Real Betis pada November 2016 lalu menggantikan Gus Poyet yang dipecat. Penunjukan Victor ini berhasil membawa perubahan positif di kubu Betis. Ini terbukti dari kesuksesan mereka meraih 11 poin dari maksimal 15 poin saat bermain di kandang sendiri.

Laga melawan Sporting Gijon yang berakhir dengan skor 0-0 pada jornada 19 ini merupakan poin ke-11 Betis di kandang di bawah asuhan Victor. Selain itu, Betis juga belum terkalahkan di depan publiknya sendiri saat dilatih oleh mantan pemain Real Madrid ini.

Jika Juanmi Mencetak Gol, Real Sociedad Selalu Menang

Jika sebelumnya fenomena yang terjadi adalah ketika Juanmi mencetak gol Real Sociedad selalu menang dengan skor 2-0. Pada jornada 19 ini, fenomena tersebut berubah menjadi jika Juanmi mencetak gol, Sociedad selalu meraih kemenangan.

Satu gol Juanmi pada laga antara Sociedad melawan Celta Vigo berhasil membuat kesebelasannya meraih tiga poin. Kemenangan ini juga mengantarkan Sociedad ke empat besar klasemen sementara menggeser Atletico Madrid.

Neymar Samai Jumlah Gol Ronaldinho di Barcelona

Barcelona berhasil meraih kemenangan 0-4 atas tuan rumah Eibar pada jornada 19 ini. Hasil ini membuat kesebelasan asal Catalan ini tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di La Liga. Namun sayangnya kemenangan ini tidak merubah posisi El Barca di klasemen sementara dengan tetap berada di peringkat ketiga.

Berkat gol yang diciptakannya dalam laga lawan Eibar, Neymar berhasil menyamai jumlah gol Ronaldinho di Barcelona sebanyak 94 gol. Namun Neymar berhasil melakukannya dengan jumlah pertandingan yang lebih sedikit yaitu 164 laga. Sedangkan Ronaldinho melakukannya dalam 207 pertandingan.

foto: sport.es

Komentar