Sepekanbola 9-15 Januari 2017

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepekanbola 9-15 Januari 2017

Terdapat banyak drama yang terjadi dalam sepekanbola di antara 9 Januari hingga 15 Januari 2017 ini. Kejadian yang paling menarik tentu perihal pertengkaran Diego Costa dan Antonio Conte yang sangat membuat was-was para pendukung Chelsea.

Kemudian ada keputusan dari Dimitri Payet yang membuat para penggemar West Ham menjadi sangat amat membenci dirinya, dan Manchester City yang lagi-lagi gagal menunjukan kapasitasnya sebagai tim besar setelah terbantai oleh Everton dengan skor mencolok 4-0.

Selain tiga kejadian tersebut, ada pula beberapa berita mengenai kepindahan para pemain di bursa transfer Januari ini. Dan berikut adalah rangkuman dari kumpulan berita menarik yang telah terjadi dalam satu Minggu ini:

Senin, 9 Januari 2017

  • Setelah sempat menganggur karena kontraknya tak diperpanjang oleh AS Monaco di akhir musim lalu, mantan bek Chelsea dan Real Madrid, Ricardo Carvalho, akhirnya mendapatkan pelabuhan anyarnya di bursa transfer Januari ini setelah dirinya dipinang oleh salah satu klub Liga Tiongkok, Shanghai SIPG.
  • Penyerang veteran Italia, Alberto Gilardino resmi hengkang ke Pescara pada bursa transfer Januari ini. Sebelum bermain untuk Pescara, Gilardino sempat memperkuat klub-klub besar di Serie-A seperti AC Milan dan Fiorentina.
  • Kiper Genoa, Mattia Perin, divonis mengalami cedera ACL setelah mengalami benturan di laga melawan AS Roma (8/1). Hal ini pun menyebabkan Perin harus istirahat setidaknya hingga akhir musim ini selesai.
  • Gelandang destroyer asal Brasil, Felipe Melo akhirnya kembali ke tanah kelahirannya setelah cukup lama melanglangbuana di beberapa negara Eropa. Pemain Inter Milan ini memutuskan untuk memperkuat Palmeiras sebagai destinasi karier berikutnya.

Selasa, 10 Januari 2016

  • FIFA mengumumkan skuat pemain terbaik dunia tahun 2016, atau biasa dikenal dengan nama FIFPro World XI. Kesebelas pemain tersebut adalah Manuel Neuer, Dani Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, Toni Kroos, Andres Iniesta, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Luis Suarez.
  • Keputusan para pemain Barcelona seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Luis Suarez, yang memutuskan untuk tidak menghadiri acara penghargaan yang diselenggarakan oleh FIFA, mendapatkan kecaman dari beberapa kalangan. Kecaman itu di antaranya dilontarkan oleh Michel Salgado dan Diego Maradona, mereka menyebut tindakan yang dilakukan oleh para pemain Barcelona tidaklah sportif.
  • Salah satu klub Eredivisie Belanda, Heerenveen, resmi memperkenalkan pemain muda potensial asal Norwegia, Martin Odegaard, sebagai pemain anyarnya di bursa transfer Januari ini. Odegaard didatangkan oleh Heerenveen dari Real Madrid dengan status pinjaman.

Rabu, 11 Januari 2017

  • Gelandang Maroko yang sempat bersinar bersama Queens Park Rangers, Adel Taarabt, resmi memperkuat Genoa di sisa musim ini. Genoa mendatangkan Taarabt dari klub Portugal, Benfica dengan status pinjaman hingga akhir musim.
  • Manchester United berhasil menang dua gol tanpa balas atas Hull City di pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga. Dua gol kemenangan United di laga tersebut dicetak oleh Juan Mata di menit ke-56 dan Marouane Fellaini di menit ke-87.

Kamis, 12 Januari 2017

  • Southampton berhasil mengandaskan perlawanan Liverpool di leg pertama semifinal Piala Liga. Di laga yang berkesudahan dengan skor 1-0 itu, gol Southampton dicetak oleh Nathan Redmond di menit ke-20.
  • Barcelona mampu lolos ke babak delapan besar Copa del Rey seiring keberhasilannya mengembalikan keadaan atas Athletic Bilbao di leg kedua perempat final Copa del Rey 2017. Sempat kalah di leg pertama dengan skor 2-1, Barcelona mampu membalaskan dendamnya melalui Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di laga yang berakhir dengan skor 3-1 tersebut.

Jumat, 13 Januari 2017

  • Pemain sayap asal Belanda, Luciano Narsingh, menjadi rekrutan pertama Paul Clement bagi Swansea di bursa transfer Januari ini. Narsingh ditebus oleh Swansea dari PSV Eindhoven dengan harga sebesar 4 juta paun.

Sabtu, 14 Januari 2017

Minggu, 15 Januari 2017

  • Barcelona kembali berhasil menggeser Sevilla dari posisi kedua klasemen sementara La Liga musim ini. Keberhasilan itu terjadi berkat kemenangan besar 5-0 yang Barcelona atas Las Palmas. Gol-gol kemenangan Barcelona di laga itu dicetak oleh Luis Suarez dua kali, Lionel Messi, Arda Turan, dan Aleix Vidal.
  • Julian Draxler berhasil menandai debutnya bersama Paris Saint-Germain di ajang Ligue 1 musim ini dengan sebuah gol. Gol tersebut pun menjadi terasa spesial karena menjadi satu-satunya yang tercipta di laga PSG kontra Lorient tersebut.
  • Sempat mengalami kekalahan setelah berhasil meraih 13 kemenangan secara beruntun, Chelsea akhirnya mampu kembali ke jalan yang benar. Bertandang ke Leicester City, Chelsea berhasil menghabisi tuan rumah dengan skor tiga gol tanpa balas. Gol kemenangan Chelsea dicetak oleh Marcos Alonso di menit ke-6 dan 51, serta Pedro di menit ke-71.
  • Bayern Munchen resmi merampungkan transfer dua pemain andalan TSG Hoffenheim, Niklas Sule dan Sebastian Rudy. Sule didatangkan Bayern dengan harga 17,5 juta paun, sementara Rudy ditebusnya dengan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Walau demikian, keduanya masih tetap akan memperkuat Hoffenheim di sisa musim ini.
  • Everton tampil luar biasa dengan keberhasilannya membantai Manchester City dengan skor 4-0. Di laga ini, gol kemenangan Everton dicetak oleh Romelu Lukaku, Kevin Mirallas, Davies, dan pemain debutan yang bernama Ademola Lookman.
  • Manchester United gagal meraih sepuluh kemenangan beruntunnya di musim ini setelah gagal menaklukan Liverpool di Old Trafford. Di laga ini United sempat tertinggal terlebih dulu melalui penalti James Milner sebelum berhasil disamakan oleh tandukan Zlatan Ibrahimovic. Hasil ini pun memberikan kesan buruk bagi Liverpool, karena dengan begitu, Liverpool kembali gagal meraih satu pun kemenangan dalam empat partai terakhirnya.

Sumber lain: Goal, Fourfourtwo, Sky Sport, Daily Mail, Metro

Komentar