Klose yang Akhirnya Pilih Jadi Pelatih

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Klose yang Akhirnya Pilih Jadi Pelatih

Senin (1/11) tim nasional Jerman mengumumkan keputusan mengejutkan. Pemain terbanyak yang mencetak gol di Piala Dunia, Miroslav Klose, disebut tengah mengikuti program kepelatihan sebagai persiapan karier menjadi pelatih di masa depan dan membuat status-nya sebagai pemain berubah menjadi pelatih.

Keputusan ini sekaligus menutup kabar Klose masih akan terus bermain di musim ini. Pasalnya sebelum keputusan ini muncul, Klose disebut akan kembali tampil di lapangan setelah mendapatkan tawaran bermain dari beberapa kesebelasan Bundesliga dan Serie A Italia.

Federasi sepakbola Jerman (DFB) menyebutkan, Klose bakal menjalani pelatihan ini demi mewujudkan satu langkah baru dalam kariernya, yakni sebagai seorang pelatih. Demi mendapatkan hasil dari pelatihan ini ia disebut harus sering berkonsultasi dengan pelatih tim nasional Jerman, Joachim Low, dan direktur teknik, Hansi Flick.

“Saya mendapatkan banyak kesuksesan besar bersama tim nasional Jerman dan mendapatkan masa-masa indah yang tidak terlupakan," jelas Klose seperti dilansir oleh Eurosport.

"Inilah mengapa saya sangat senang untuk dapat kembali ke DFB (Federasi Sepakbola Jerman). Dalam beberapa bulan terakhir di sini, saya banyak berpikir untuk tetap lanjut bermain, atau mencari tantangan baru dalam sepakbola, yang salah satu contohnya adalah berubah menjadi pelatih.”

"Membaca permainan, mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan pertandingan secara detail, mengembangkan strategi permainan dan taktik selalu membuat saya ingin tahu. Hal tersebut pun menarik perhatian saya ketika saya masih menjadi orang yang di lapangan."

"Saya sangat berterima kasih kepada Joachim Low dan Hansi Flick untuk kesempatan yang mereka berikan kepada saya. Selain itu juga atas ide-ide yang turut mereka sumbangan dalam setiap sesi latihan yang saya jalani."

Bergabungnya Klose di tim nasional Jerman sendiri memang cukup mengejutkan. Daily Mail menyebutkan, tawaran kepada Klose untuk menjadi pelatih pertama kali diberikan oleh Low. Ia memberikan tawaran ini selagi Klose menunggu tawaran turun ke lapangan.

Flick yang mendampingi Klose selama latihan pun mengiyakan pernyataan tersebut. Ia menambahkan bahwa Klose memiliki kemampuan untuk menjadi pelatih yang bagus. “Klose bisa menjadi aset yang cukup bagus jika ia terus berlatih seperti yang ia lakukan saat ini.”

Komentar