Klopp Tak Pernah Meragukan Kemampuan Sturridge

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Klopp Tak Pernah Meragukan Kemampuan Sturridge

Liverpool menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di Liga Primer musim 2016/17. Dari sembilan pertandingan yang sudah dijalani, mereka berhasil memetik enam kemenangan. Tidak heran, di klasemen sementara, The Reds memiliki poin yang sama dengan pemuncak klasemen sementara, Manchester City.

Keberhasilan Liverpool rupanya berlanjut di ajang Piala Liga Inggris. Rabu (26/10) dini hari WIB, Liverpool berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1 dan memastikan The Reds lolos ke babak perempat final Piala Liga Inggris.

Dua gol Liverpool di laga ini dicetak oleh Daniel Sturridge, pada menit kesembilan dan 64. Sementara satu-satunya gol balasan Spurs dicetak oleh penyerang asal Belanda, Vincent Janssen, di menit ke-76.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tampak bangga dengan dua gol yang dibuat oleh Sturridge. Pasalnya, selama ini Sturridge lebih sering mengisi bangku cadangan ketimbang bermain dari menit pertama.

“Dia mampu menunjukkan potensi terbaiknya di laga ini,” ujar Klopp usai pertandingan kepada ESPNFC. “Dia adalah penyelesai yang luar biasa. Tidak ada keraguan sedikit pun mengenai hal tersebut.”

“Saya tidak pernah meragukan kemampuannya untuk mencetak gol meski ia tidak dapat mencetak gol dalam sebuah pertandingan. Dan saya begitu mempercayai hal tersebut.”

“Daniel (Sturridge) mencetak gol yang cukup luar biasa bagi kami dan itu adalah momen yang cukup penting. Saya berkata demikian karena ia mampu menciptakan tiga atau empat peluang untuk mencetak gol. Bagi saya itu adalah momen yang bagus bagi dia.”

Dua gol yang dicetak Sturridge di laga ini memang menjadi poin penting baginya. Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir penyerang tim nasional Inggris ini kurang dipercaya oleh Klopp untuk mengisi lini depan Liverpool.

Lini depan Liverpool sendiri mengalami perubahan yang cukup serius di musim ini. Sturridge yang dalam beberapa musim terakhir menjadi pilihan utama di lini depan The Reds cenderung hanya menjadi pelapis para pemain depan.

Posisinya sebagai penyerang utama Liverpool digantikan oleh Sadio Mane yang didatangkan dari Southampton di awal musim ini. Tak heran, dari sembilan pertandingan di Liga Primer, ia hanya tampil dari menit pertama empat kali. Bandingkan dengan Phillipe Coutinho, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang dipercaya delapan kali memulai pertandingan dari menit pertama.

Dalam laga kali ini, Liverpool memang tampil dengan nama-nama yang rutin menjadi cadangan. Di lini depan, Sturridge bahkan dimainkan bersama Divock Origi, nama lain yang belum pernah tampil sebagai starter di Liga Primer musim ini.

Tidak hanya di lini depan, di posisi lain, Klopp juga memainkan nama-nama yang kurang memiliki pengalaman bermain. Seperti, Trent Alexander-Arnold, Kevin Stewart, dan Ovie Ejaria.

Hasil lain EFL Cup:

Komentar