Abou Diaby Cedera (Lagi)

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Abou Diaby Cedera (Lagi)

Atlet baseball kenamaan Amerika Serikat, Randy Johnson, pernah berkata bahwa seperti halnya pekerjaan lain yang memiliki risiko besar, atlet pun mengalami risiko kerja berupa cedera yang sulit untuk dihindari. Ia pernah mengalami cedera punggung yang hampir membuatnya absen selama semusim penuh. Hebatnya, ia berhasil melewati itu semua dan kembali bermain.

Tapi kisah dari Abou Diaby mungkin berbeda dengan kisah Randy Johnson. Abou Diaby, pemain berusia 30 tahun yang sempat digadang-gadang menjadi the new Patrick Vieira ini, tampaknya akan mengakhiri karier sepakbolanya lebih cepat. Pemain yang sekarang membela klub Prancis, Olympique Marseille, ini divonis menderita cedera engkel dan ia harus menepi selama empat bulan lamanya.

"Selama beberapa minggu ke depan, Abou Diaby akan mengalami masalah dengan engkel kanannya. Melihat cederanya ini, pihak dokter klub memerintahkan agar segera dilakukan operasi untuk penyembuhan engkel kanannya di London bersama Dr. Calder," ujar pernyataan resmi klub seperti dilansir Squawka News.

"Seusai operasi, kemungkinan Diaby akan menepi selama empat bulan. Pihak klub berharap agar ia cepat sembuh sehingga dapat kembali membela tim."

Yah, mungkin ini adalah risiko kerja dari para pesepakbola. Mengalami cedera, dan kemudian harus menepi selama beberapa waktu untuk menjalani masa perawatan dan pemulihan, lalu kembali bermain di lapangan. Tapi kasus Diaby ini sedikit berbeda, karena cedera yang ia alami ini adalah cedera kambuhan.

Sejak Diaby masih membela Arsenal, klub yang ia bela dari 2006 sesudah didatangkan dari Auxerre, Diaby acap terkena cedera yang membuatnya harus menepi lama. Cederanya pun rata-rata sama, yaitu cedera engkel dan ligamen, yang pertama kali ia dapatkan pada 2006 silam saat Arsenal berhadapan dengan Sunderland. Dan Smith, pemain Sunderland saat itu, menjadi pesakitan sekaligus orang disalahkan atas cedera Diaby ini.

Tapi rupanya Diaby sulit untuk sembuh karena beberapa kali ia mengalami cedera di lokasi yang sama. Cedera inilah yang membuat perkembangannya sebagai pemain menjadi lebih lambat, karena ia jarang mendapatkan kesempatan bermain untuk mengasah kemampuan. Hasilnya selama di Arsenal (kurang lebih sembilan tahun), ia hanya mencatatkan 108 penampilan saja. Gelar penerus Patrick Vieira pun tak lagi tersemat padanya.

Sekarang cedera kambuhan di engkel itu kembali melanda dirinya ketika ia sudah berusia 30 tahun dan membela Marseille. Ini tentunya membuat orang-orang bertanya-tanya, apakah ia akan mampu kembali melanjutkan kariernya sebagai pesepakbola? Jika mengacu kepada prediksi The Sun, Diaby tampaknya tidak akan bertahan lama lagi dan ia akan segera pensiun.

Prediksi Anda?

foto: @OM_English

Komentar