Artikel Sepakbola Pertama dari Soccer City

Backpass

by redaksi

Artikel Sepakbola Pertama dari Soccer City

Sepakbola tidak begitu identik dengan Amerika Serikat. Di negara itu, sepakbola disebut sebagai soccer, bukan football. Sepakbola sebenarnya sudah dimainkan oleh suku Indian kuno di Amerika dengan sebutan pasuckuakohowog atau "olahraga menendang bola" pada abad ke-17.

Namun sepakbola—sebagai olahraga yang saat ini dikenal—baru benar-benar masuk ke Amerika pada 1850 melalui New Orleans ketika para imigran Skotlandia, Irlandia, Jerman, dan Italia datang.

Meski bukan olahraga asli dan terkenal, salah satu kota di Amerika yang sudah dianggap sebagai kota sepakbola atau soccer city adalah Portland.

Sepakbola pertama kali tiba di Portland di tepi Sungai Willamette melalui pelaut Inggris di awal abad ke-20. Setelah pembentukan Portland Association Football Club, beberapa klub kemudian juga terbentuk, sehingga liga sepakbola bernama Oregon Soccer Football Association juga bisa berjalan.

Kesebelasan Portland yang terkenal saat ini adalah Portland Timbers. Meski begitu mereka baru lahir pada era NASL di tahun 1968. Oleh karena itu, status Portland sebagai soccer city bukan lahir karena Portland Timbers (meski mereka membantu menguatkan status itu setelah mereka berdiri), melainkan karena Portland sendiri, terutama lapangan sepakbola mereka: Multnomah Field.

Pada 21 Oktober 1893, pertandingan sepakbola pertama kali dicatatkan dalam sebuah artikel The Oregonian. Pertandingan itu dimainkan di Multnomah Field, yang kemudian menjadi stadion Portland Timbers bernama Providence Park.

Selain Multnomah Field dan Providence Park, stadion ini juga dikenal sebagai Multnomah Stadium, Civic Park, PGE Field, dan Jeld-Wen Field. Sebelum menjadi stadion sepakbola, lapangan ini diperuntukkan untuk atletik dan multi-cabang seperti bisbol, American football, balap greyhound, dan kriket.

Saat itu berlangsung pertandingan sepakbola antara Portland dan Astoria yang dimulai pukul 03.00 sore, dengan hasil akhir 5-0 untuk kemenangan Portland. Sepakbola sering tertukar dengan American football dan rugbi saat itu, oleh karenanya tidak ada catatan pasti mengenai kapan soccer masuk ke dalam artikel surat kabar selain apa yang terjadi pada 21 Oktober 1893.

Meski ini merupakan pertandingan sepakbola yang pertama kali diabadikan di sebuah artikel surat kabar Amerika, pertandingan itu sendiri adalah pertandingan ketiga antara kedua kesebelasan. Berikut adalah gambar artikel tersebut.

Baca juga: Menelusuri Jejak Lahirnya Kata "Soccer"

Seattle sebagai Kompetitor Penyandang Status Soccer City

Status Portland sebagai soccer city tak kemudian membuat mereka diidentikkan dengan sepakbola. Ada salah satu persaingan sengit soal status ini, terutama dari Kota Seattle.

"Seattle telah menjadi pasar sepakbola yang luar biasa untuk waktu yang lama, dimulai pada 1970-an ketika Sounders menjadi bagian dari North American Soccer League," kata pemilik Seattle Sounders, Adrian Hanauer, dikutip dari Oregon Live. "Bahkan sebelum kita memasuki MLS, ada landasan yang luar biasa untuk dukungan sepakbola di Seattle."

Meski Seattle mengklaim hal yang sama, ada satu yang membuat soccer lebih identik dengan Portland, yaitu soal sepakbola Perempuan. Portland Thorns bukan hanya kesebelasan perempuan yang paling banyak ditonton di National Women Soccer League (NWSL), mereka adalah kesebelasan perempuan paling populer di dunia.

"Saya pikir budaya suporter berakar lebih dalam dan bersemangat di sini (Portland)," kata pemilik Timbers, Merritt Paulson. "Atmosfer dan dukungan penggemar di Portland itu unik. Saya juga berpikir ada kesenjangan yang cukup terlihat dalam cara kota kami telah merangkul sepakbola perempuan di tingkat profesional dibandingkan di tempat lain."

Saling mengklaim soal status soccer city ini pada akhirnya membuat pertandingan Portland Timbers melawan Seattle Sounders dicap sebagai derbi sepakbola terbesar dan terautentik di Amerika Serikat.

Selain sepakbola, Seattle dan Portland juga memiliki rivalitas di olahraga lain. Persaingan sengit terjadi pada Portland Buckaroos dan Seattle Totems dari liga Western Hockey League di tahun 1960-an. Belakangan, beberapa penggemar mendukung tim hoki Thunderbirds atau Winterhawks.

Kedua kota juga memiliki persaingan antara Seattle SuperSonics dan Portland Trail Blazers dari NBA (basket), yang dikenal sebagai "Battle of I-5", karena kedua kota tersebut bersimpangan di jalan tol Interstate 5. Persaingan berlanjut sampai SuperSonics pindah ke Oklahoma City pada 2008.

Rivalitas-rivalitas ini secara alami diterjemahkan ke dalam sepakbola. Maka dari itu, status soccer city bisa dianggap sebagai pemanis belaka, yang pada akhirnya membuat para pecinta sepakbola sadar Amerika Serikat memang tak memiliki budaya sepakbola yang mengakar.

Namun apapun paradigma yang muncul soal soccer dan Amerika Serikat, sejarah tetap mencatatkan Portland sebagai kota yang pertama kali menampilkan sepakbola (soccer) pada artikel surat kabar mereka pada 21 Oktober 1893.

[dex/pik]

Komentar