Menguak Misteri Banyaknya Pemain Bernama Dembele

Berita

by Abrar Firdiansyah 50396

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menguak Misteri Banyaknya Pemain Bernama Dembele

Kalian pasti sempat bingung ketika mendengar pesepakbola bernama "Dembele". Kebingungan itu muncul karena terdapat tiga pemain yang memiliki nama belakang Dembele, yakni Mousa, Moussa, dan Ousmane, yang bermain di tiga kesebelasan berbeda.

Mousa yang membela Tottenham Hotspur tampil apik saat timnya mengalahkan Sunderland 1-0, (18/9). Di tempat lain, Moussa yang bermain untuk Celtic mampu melesakkan 10 gol dari 10 pertandingan yang sudah dijalani. Sementara itu, Ousmane telah membuat lima asis dalam lima laga terakhir yang jalani bersama Dortmund.

Melihat nama belakang ketiganya yang sama, banyak yang beranggapan bahwa mereka memiliki hubungan keluarga. Namun sebenarnya, jika melihat secara asal usul, ketiganya tidak memiliki hubungan darah antara satu sama lain.

Situs statistik sepakbola, Whoscored, menyebutkan ada 15 nama pemain yang berakhiran dengan kata Dembele. Melihat sejarahnya, penggunaan nama Dembele sebagai nama belakang mengerucut pada sebuah negara yang mayoritas muslim di barat Afrika, Mali.

Menurut Namespedia, nama Dembele digunakan oleh 1118 orang di dunia. Bahkan, nama Moussa Dembele digunakan oleh 29 orang. Nama Dembele pun begitu mirip dengan penggunaan imbuhan -Son untuk pemain asal Islandia dan Hakan atau Emre untuk orang Turki, nama Dembele begitu lazim di sana.

Meski demikian, bukan berarti nama Dembele hanya digunakan di Mali. Masih menurut Namespedia, Prancis menjadi negara Eropa terbanyak dengan orang yang memiliki nama belakang Dembele. Banyaknya nama Dembele di Prancis terjadi akibat jumlah orang Mali yang begitu besar di negara tersebut.

Kembali ke Mousa, Moussa, dan Ousmane, meski memiliki nama belakang yang sama, namun bukan berarti ketiganya memiliki kewarganegaraan yang sama. Moussa dan Ousmane tercatat sebagai warga negara Prancis, sementara Mousa tercatat sebagai warga negara Belgia.

Mousa Dembele, yang kini membela Tottenham Hotspur, diketahui merupakan keturunan Mali. Ayahnya, Yaya Dembele, adalah seorang warga negara Mali, sementara ibunya, Tilly Huygens, adalah seorang warga negara Belgia.

Dembele kedua, Moussa, juga memiliki asal usul yang begitu mirip dengan Mousa. Ayahnya adalah seorang warga negara Mali, yang memutuskan untuk hijrah ke Prancis karena sebuah pekerjaan di kawasan keras di Paris, Pontoise.

Ousmane Dembele menjadi nama ketiga yang banyak diperbincangkan. Ousmane lahir dari ayah yang seorang Mali dan ibu yang berdarah Senegal-Mauritania. Sama seperti imigran Prancis lainnya dan dua nama di atas, kedua orang tuanya memutuskan pergi ke Prancis untuk kehidupan yang lebih baik.

Intinya, ketiga Dembele ini tidak memiliki ikatan saudara, bahkan ada yang negaranya berbeda. Perlu hati-hati memang saat mengidentifikasi salah satu dari tiga pemain tersebut, karena ketiganya memiliki kemampuan yang cukup menonjol dan bakal sering muncul jadi pemberitaan.

Komentar