Gareth Barry yang Mengejar Rekor Ryan Giggs

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gareth Barry yang Mengejar Rekor Ryan Giggs

Gareth Barry bukan lah pemain-pemain yang hanya bermain untuk satu klub seperti Ryan Giggs. Ia juga bukan pemain yang besar dan berkesempatan lama membela klub masa kecilnya seperti Steven Gerrard. Tak heran, Barry yang memiliki masa-masa emas di era yang bersama dengan keduanya menjadi kalah pamor.

Namun, meski kalah pamor, bukan berarti Barry menyerah. Laga Everton melawan Middlesbrough, pekan lalu menjadi contoh bagaimana ia masih menjadi sosok yang sama seperti dulu; tak kenal lelah, tidak mudah menyerah, dan selalu bersemangat.

Pertandingan pekan kelima Liga Primer tersebut pun menjadi partai ke 600-nya di Liga Primer. Catatan yang hanya bisa didapatkan oleh Ryan Giggs yang mengakhiri karier di partai ke 632 dan Frank Lampard yang selesai di pertandingan ke 609.

Laga tersebut kian bermakna bagi eks pemain Aston Villa ini setelah ia menjadi pemain yang membuka keran gol Everton di laga tersebut lewat tembakan terarah dan membuat The Toffees membalikkan keadaan menjadi 3-1 usai sempat ketinggalan satu gol.

Tak heran, begitu Barry keluar lapangan untuk digantikan dengan Tom Cleverley, banyak penonton memberikan aplaus kepada dirinya. Pujian tak hanya diberikan oleh penonton yang hadir di Goodison Park, tapi juga dari manajer Everton, Ronald Koeman.

“Gareth Barry membuat torehan jumlah pertandingan yang cukup luar biasa. Dan di laga ini, ia berhasil menunjukkan kepada penonton dan saya bahwa ia adalah pemain yang cukup sempurna untuk kesebelasan ini,” ucap Koeman seperti dilansir Sky Sports.

Pujian kepada Barry tidak hanya dilakukan oleh dua pihak di atas. Dua komentator BBC, Kevin Kilbane dan Jason Roberts, yang memandu penonton untuk menyaksikan laga tersebut bersikap demikian.

“Barry menunjukkan permainan luar biasa dan begitu berpengaruh terhadap Everton di awal musim ini,” jelas Kilbane. “Di laga ini, ia berhasil menunjukkan bahwa ia adalah elemen utama di Everton musim ini.”

Sementara, Roberts berkata: “Dia adalah salah satu orang yang layak dihormati. Dia tetap mampu menunjukkan yang terbaik meski pun banyak orang yang tidak memerhatikan dirinya. Saya rasa ia memiliki pengaruh yang begitu besar untuk Everton hingga saat ini.”

Jadi, apakah Barry akan terus mampu mengejar rekor penampilan milik Giggs? Atau malah ia sudah puas dengan angka 600?

Komentar