Meski Prestasi Jeblok, Man United Pecahkan Rekor Pendapatan Klub Inggris

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Meski Prestasi Jeblok, Man United Pecahkan Rekor Pendapatan Klub Inggris

Manchester United menjadi klub Inggris pertama yang mampu meraih pendapatan sebesar setengah miliar paun. Dalam rilis pendapatan yang mereka keluarkan, United tercatat meraih keuntungan sebesar 515,3 juta paun untuk musim 2015/2016.

Jumlah ini hanya beda beberapa juta paun saja dari pendapatan yang diraih Barcelona. Barca meraih pendapatan sebesar 570 juta paun untuk musim 2015/2016.

United sendiri mencatatkan keuntungan bersih sebesar 68 juta paun untuk musim 2015/2016 ini. Jumlah pendapatan yang United raih ini termasuk fantastis untuk ukuran klub Liga Primer Inggris.

Meski The Red Devils gagal masuk Liga Champions Eropa untuk musim 2016/2017 mereka tetap mampu menarik perhatian masyarakat. Direkrutnya Jose Mourinho sebagai manajer, juga kedatangan pemain-pemain yang mengundang perhatian seperti Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic, membuat mereka tetap menunjukkan diri sebagai salah satu klub besar di Inggris.

"Keuntungan fiskal yang kami raih sepanjang musim 2015/2016 menunjukkan kekuatan bisnis dari klub kami. Untuk musim 2016/2017, kami menargetkan untuk meraih keuntungan fiskal yang lebih besar, meski tidak terlibat dalam ajang Liga Champions Eropa," ujar vice-chairman United, Ed Woodward seperti dilansir ESPN FC.

"Kekuatan finansial kami yang baik inilah yang membuat kami mampu berinvestasi dalam skuat, manajemen, dan fasilitas tim. Dengan ini, kami yakin tim akan segera mampu meraih trofi-trofi dalam beberapa tahun ke depan," tambahnya.

Nilai pendapatan United yang naik musim 2015/2016 ini didukung oleh peningkatan-peningkatan yang terjadi pada pendapatan tahunan The Red Devils. Nilai pendapatan komersial naik 36,3% menjadi 268.3 juta paun, nilai pendapatan iklan naik 207,9% berkat kontrak yang sudah mereka teken dengan Adidas untuk 10 tahun ke depan pada 2014 lalu.

Selain itu, nilai pendapatan dari sektor-sektor lain pun meningkat. Pendapatan hak siar mereka naik 30,4% menjadi 140,4 juta paun, dan pendapatan matchday United naik 17,7% menjadi 106,6 juta paun.

Dalam rilis pendapatan yang diraih United, juga tercantum biaya kompensasi pemecatan Louis van Gaal yang kontraknya tersisa satu tahun lagi. Tercatat, United menggelontorkan dana 8,4 juta paun sebagai biaya kompensasi pemecatan Louis van Gaal dan staf-staf pelatihnya.

Jika melihat pendapatan United yang sebegitu besar ini, maka, tak heran mereka berani menggelontorkan uang banyak untuk merekrut Paul Pogba. Bahkan, diprediksi untuk tahun depan, pendapatan United mampu mencapai angka 530 sampai 540 juta paun, apalagi setelah datangnya Pogba dan Ibrahimovic. Buruknya prestasi musim lalu yang membuat mereka terlempar dari Liga Champions musim lalu, ternyata tak berdampak pada pundi-pundi uang.

Komentar