Makna Laga Testimonial Wayne Rooney di Old Trafford

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Makna Laga Testimonial Wayne Rooney di Old Trafford

Wayne Rooney telah menjalani laga testimonialnya pada Rabu (3/8) malam waktu Inggris dengan menghadapi klub profesional pertama yang ia bela, Everton. Laga ini sendiri dilangsungkan di kandang Manchester United, Old Trafford, dan juga disiarkan secara langsung melalui Facebook, di mana laga berkesudahan 0-0.

Sebelum pindah ke Manchester United pada 2004 silam, Rooney memulai kariernya sebagai pesepakbola profesional bersama Everton. Di klub masa kecilnya itulah ia mulai menarik perhatian dunia sepakbola Inggris, dengan 15 gol dari 67 penampilannya bersama Everton, sampai akhirnya ia pindah ke United.

Laga testimonial ini sendiri diadakan sebagai bentuk perayaan kesuksesan karier Rooney bersama The Red Devils. Selama 12 tahun membela United, semua trofi bergengsi sudah pernah ia raih, di antaranya lima trofi Liga Primer Inggris, tiga trofi Community Shield, satu trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga, satu trofi Liga Champions Eropa, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Bicara mengenai laga testimonialnya, Rooney mengaku cukup senang, apalagi setelah ia tahu bahwa laga ini disiarkan secara langsung di Facebook. Dana hasil dari laga testimonial ini akan diberikan Wayne Rooney Foundation, untuk kemudian disumbangkan lagi kepada empat badan amal yang bekerja sama dengan Wayne Rooney Foundation, yaitu NSPCC, Claire House Hospice, Alder Hey Childrens Hospital, dan Manchester United Foundation.

“Saya senang laga testimonial saya akan disiarkan secara langsung di Facebook, baik itu di akun Facebook pribadi saya maupun di akun Facebook Manchester United. Ini adalah yang pertama kali sebuah laga antar tim Liga Primer Inggris yang disiarkan secara langsung lewat Facebook. Saya harap dengan ini dana sumbangan untuk badan amal juga akan meningkat,” ujar Rooney seperti dilansir Daily Mirror.

Laga testimonial ini sendiri disambut dengan hangat oleh beberapa kalangan, salah satunya adalah Duncan Ferguson, mantan penyerang Everton dan timnas Skotlandia, sekaligus idola Wayne Rooney semasa ia masih kecil dahulu. Ia mengatakan bahwa ia tidak kaget dengan segala kesuksesan yang Rooney raih sekarang.

“Saya tahu bahwa ia (Rooney) memiliki sesuatu yang spesial semenjak ia masih berusia 16 tahun. Sekarang, selain sebagai seorang pemain ia juga adalah ayah yang baik. Bagi saya, ia adalah pesepakbola terbaik di Liga Primer Inggris saat ini,” ujar Duncan.

Jika melihat statistik yang sudah ditorehkan Rooney selama berkiprah dalam ajang Liga Primer Inggris, mungkin apa yang dikatakan Duncan ada benarnya. Total 193 gol sudah ia cetak selama berkarier di Inggris, menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak kedua setelah Alan Shearer.

Sedangkan di level klub, ia sudah mencetak 254 goal dari 527 penampilan bersama Manchester United. Rekor golnya di timnas Inggris pun cukup baik. Semenjak debutnya pada 2003, total ia sudah mencetak 53 gol dari 115 penampilan, jumlah gol yang terbilang cukup banyak.

Namun, meski sudah mencetak banyak gol untuk timnas, belum ada satu gelar pun yang ia berikan untuk timnas Inggris. Inilah setidaknya yang menjadi nilai minus dalam laga testimonial Rooney. Selain itu, dalam laga testimonial Rabu (3/8) malam, ada satu sosok yang ternyata menjadi perhatian lain, yaitu Zlatan Ibrahimovic.

Ibra menjalani penampilan perdananya di Old Trafford pada Rabu (3/8) malam. Dimainkan bersama dengan Rooney, ia menilai bahwa ia dan Rooney mampu bekerja sama dengan baik, karena keduanya adalah pemain besar. "Saya kira seorang pemain besar akan mampu bekerja sama dengan pemain besar yang lain. Saya senang bekerja sama dengan Rooney," ujarnya kepada The Guardian.

Komentar