Simpang Siur Nasib Mario Balotelli

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Simpang Siur Nasib Mario Balotelli

Kegagalan melaju ke Eropa musim ini usai hanya berhasil duduk di peringkat kedelapan Liga Primer Inggris musim lalu mengharuskan Liverpool untuk berbenah. Beberapa nama baru didatangkan oleh Jurgen Klopp untuk memperbaiki catatan buruk musim lalu, seperti Sadio Mane, Loris Karius, dan Joel Matip.

Meski demikian, Liverpool tidak hanya membuka pintunya untuk pemain baru. The Reds tampaknya juga bakal melepas beberapa pemain yang dinilai Klopp tidak memiliki potensi untuk membantu Liverpool mencapai target tersebut.

Beberapa pemain uzur dan pemain muda pun masuk ke dalam daftar buang Klopp. Di antaranya Jose Enrique, Kolo Toure, Jordan Rossiter, Samed Yesil, Joao Carlos Teixeira, Jerome Sinclair, dan yang paling baru adalah Martin Skrtel.

Dilepasnya pemain-pemain tersebut diyakini membuat Klopp memang berencana mengejar targetnya. Nama-nama di atas pun bukan nama-nama terakhir yang bakal dilepas oleh eks pelatih Borussia Dortmund ini. Beberapa nama lain juga diisukan pergi, salah satunya adalah Mario Balotelli.

Kendati telah bergabung dengan The Reds sejak 2014, Balotelli belum sekalipun menunjukkan kualitas permainan seperti yang ia lakukan di Milan pada musim 2012/2013 dan 2013/2014. FourFourTwo bahkan mengatakan bahwa Balotelli telah dipersilakan untuk angkat koper dari Anfield.

“Ia tengah menjalani situasi sulit disini. Sebab dia harus menjalani pertarungan dengan pemain lain untuk memperebutkan satu posisi di lapangan,” ujar Klopp. “Saya berharap Mario (Balotelli) menjadi seperti saat ia belum mengalami cedera karena saya rasa ia masih memiliki bakat besar.”

“Saya bahkan telah berbicara begitu jelas kepadanya bahwa pasti akan ada sebuah kesebelasan yang menerima Mario Balotelli tentunya. Hal ini saya katakan karena ini adalah saat bagi saya untuk membuat sebuah pilihan untuk kesebelasan ini,” ucapnya.

Namun, bukan berarti manajer yang terkenal nyentrik ini tidak siap dengan opsi terburuk, yang bisa saja tidak ada kesebelasan yang menginginkan jasa Balotelli. Klopp pun mengatakan bahwa ia siap membantu Balotelli untuk kembali menemukan penampilan terbaiknya.

“Dia tengah dalam kondisi yang baik. Namun belum benar-benar fit. Oleh karena itu, kami akan berusaha maksimal untuk mengembalikan ia untuk fit agar dapat kembali ke penampilan terbaiknya,” kata Klopp. “Dia adalah salah satu pemain yang luar biasa dan tidak ada yang bisa meragukan hal tersebut.”

“Apa yang ia lakukan, seperti halnya ketika ia melepas umpan silang, masih merupakan salah satu yang terbaik.”

Keputusan melepas Balotelli tentu harus dipikirkan dengan bijak oleh Liverpool. Betapa tidak, Super Mario bukanlah pemain yang bisa diprediksi. Salah satu hal yang bisa dilihat adalah penampilannya di musim 2012/2013. Saat itu, Balotelli bermain begitu buruk di paruh musim pertama bersama City. Namun, di paruh kedua, ia justru menjadi luar biasa ketika malah berada di AC Milan.

Menarik untuk ditunggu, apakah ia bisa kembali tampil mengejutkan, atau justru malah menjadi blunder terbaik Liverpool musim ini?

Komentar