Mampukah Balotelli Menggantikan Peran Suarez di Liverpool?

Taktik

by redaksi

Mampukah Balotelli Menggantikan Peran Suarez di Liverpool?

Meski telah berhasil mendatangkan tujuh pemain baru di bursa transfer musim panas ini, Liverpool masih belum mengakhir aktivitas mencari pemain baru. Setelah ditinggal bomber andalan mereka musim lalu, Liverpool memang bersikeras mencari striker baru yang mampu menggantikan striker asal Uruguay tersebut.

Beberapa nama sempat dijadikan Liverpool sebagai target untuk menggantikan Suarez. Namun belum ada satupun yang menemui kata sepakat dengan Liverpool.

Peruburuan ini akhirnya menemui titik terang setelah AC Milan memberikan jalan bagi Liverpool untuk memboyong striker merek, Mario Balotelli. Balotelli dikabarkan akan diboyong Liverpool dengan biaya transfer £16 juta.

Pertanyaan yang muncul setelah ini adalah, mampukah Balotelli menggantikan peran Suarez di Liverpool?

Balotelli memang bukan pemain sembarangan. Musim lalu saat membela AC Milan Balotelli berhasil mencetak 14 gol dari 25 penampilannya. Sedangkan sebelum membela Milan, Balotelli juga mencatatkan 20 gol dalam 33 penampilannya bersama Manchester City di Liga Inggris dari musim 2010/2011 hingga 2012/2013.

Pada dasarnya, jika melihat pada kemampuan individu, kedua pemain ini memang tidak memiliki kemampuan yang jauh berbeda. Catatan statistik menunjukan bahwa Balotelli berhasil melakukan 1,9 kali dribbling per pertandingannya. Sedangkan Suarez tercatat berhasil melakukan 2,8 kali per pertandingan.

Dari jumlah usahanya mencetak gol, kedua striker ini juga menunjukan hasil yang serupa. Balotelli melakukan 5,1 tendangan per pertandingannya sedang Suarez melakukan 5,5 tendangan per pertandingan. Dan dari semua tendangannya, kedua striker ini sama-sama mencatatkan 50% tendangan yang mengarah ke gawang.

Namun timbul keraguan jika kita melihat dari kemampuan Balotelli menyatu dengan permainan di dalam tim. Berbeda dengan Suarez yang melakukan 2,6 key passes per pertandingannya, Balotelli hanya melakukan 1,1 key passes per pertandingannya. Meskipun mungkin pihak Liverpool bisa berharap dengan peningkatan jumlah assist Balotelli di AC Milan. Musim lalu Balotelli berhasil memberikan 6 assist bagi AC Milan dalam satu musim, setelah dia hanya berhasil memberikan 1 assist dalam 3 tahunnya bersama Manchester City.

Selain itu, berbeda dengan Suarez yang selalu aktif bergerak membantu timnya saat menyerang maupun bertahan, Balotelli sering terlihat pasif jika timnya sedang diserang. Hal ini mungkin akan bertentangan dengan strategi Rodgers yang juga melibatkan para penyerangnya saat bertahan.

Masalah kedisiplinan juga menjadi satu faktor minus dari Balotelli. Meski sama-sama memiliki kontroversi, Suarez sama sekali tidak pernah mengalami skorsing karena terkena kartu merah ataupun akumulasi kartu kuning. Lain halnya dengan Balotelli berkali-kali absen karena hal ini.

Satu hal yang bisa ditawarkan Balotelli kepada Liverpool dibandingkan dengan Suarez mungkin adalah kemampuan tendangan jarak jauhnya. Jika kita lihat dari semua gol yang dicetaknya di AC Milan, setengahnya dilakukan dari tendangan jarak jauh. Sedangkan Suarez hanya mencatatkan 3 gol dari 31 gol yang diciptakannya yang dilakukan dari tendangan jarak jauh.

Shoot

Lokasi gol-gol yang dicetak Balotelli (atas) dan Luis Suarez (bawah) musim lalu. Sumber: squawka.com


Semua orang tahu bahwa cap pemain bengal sudah melekat pada Balotelli. Berbagai kontroversi dilakukannya baik saat di lapangan maupun diluar lapangan. Balotelli memang memiliki talenta yang tidak kalah hebat dari pemain-pemain dunia, namun sikap buruknya di dalam maupun di luar lapangan seringkali memberikan efek negatif bagi dirinya maupun tim yang dibela.

Maka jika pertanyaannya mampukah Balotelli menggantikan Suarez di Liverpool? Jika dilihat dari kemampuan individu, Balotelli sangat mampu untuk melakukannya. Namun kemampuan individu saja masih belum cukup. Semua harus kembali bagaimana Rodgers mampu mengontrol pemain muda yang sering berbuat ulah ini. Jika Rodgers mampu mengendalikan sikap bengal Balotelli, bukan tidak mungkin Balotelli bahkan mencatatkan prestasi yang jauh lebih hebat dari Suarez.

(abi)

Komentar