Tundukkan Kolombia, Cile Akan Reuni dengan Argentina di Babak Final

Berita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Tundukkan Kolombia, Cile Akan Reuni dengan Argentina di Babak Final

Chile telah memastikan diri tampil untuk keempat kalinya di babak final Copa America usai mengalahkan Kolombia dengan skor 2-0 pada babak semifinal yang berlangsung di Soldier Field, Chicago. Dua gol dari Chile dicetak oleh Charles Aranguiz dan Jose Fuenzalida.

Sempat tampil mengecewakan di babak penyisihan, Chile perlahan mulai membuktikan kualitasnya. Kekalahan atas Argentina di laga pembuka, berhasil dibayar dengan tiga kemenangan beruntun, termasuk keberhasilan mereka membantai Meksiko dengan tujuh gol tanpa balas. Hasil tersebut menjadi modal positif bagi Chile untuk mengarungi partai semifinal kali ini.

Bermain tanpa Alexis Vidal yang terkena akumulasi kartu, tak membuat juara bertahan Copa America itu melempem. Bahkan mereka berhasil mencetak dua gol yang dibuat hanya dalam tempo empat menit!

Gol pembuka tim asuhan Juan Antonio Pizzi tersebut diciptakan oleh Charles Aranguiz di menit ke tujuh. Berawal dari kesalahan Juan Cuadrado yang berniat untuk mengamankan bola akan tetapi justru memberikan si kulit bundar kepada Aranguiz yang telah berdiri di depan gawang. Dengan mudah Bayer Leverkusen tersebut membobol gawang David Ospina.

Setelah itu Jose Fuenzalida menggandakan keunggulan Chile pada menit 11. Gelandang berusia 31 tahun itu berhasil memanfaatkan bola muntah dari tembakan Alexis Sanchez yang sebelumnya mengenai mistar gawang.

Selain lini serang yang impresif, sektor pertahanan Chile yang dikomando oleh Claudio Bravo juga tak mudah dijebol. Pada laga tersebut Bravo tercatat telah melakukan empat penyelamatan penting yang gawangnya tetap perawan hingga turun minum.

Kick-off babak kedua sempat tertunda sekitar tiga jam, hal itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Chicago. Setelah laga kembali berlangsung Kolombia masih belum bisa memecah kebuntuan. Alih-alih mengejar ketinggalan, La Tricolor justru bermain timpang pasca diusirnya Carlos Sanchez. Ia diusir wasit Joel Aguilar setelah mendapatkan kartu kuning kedua di menit 57. Keputusan Jose Pekerman untuk menambah daya gedor dengan memasukkan Carlos Bacca sepuluh menit sebelum waktu normal juga tak mampu mengubah keadaan.

Dengan hasil ini Chile akan kembali berhadapan dengan Argentina di partai final. Pada laga pamungkas Copa America tahun lalu mereka juga bersua dengan Tim Tango dan sukses meraih kemenangan melalui adu penalti. Sementara itu Kolombia mesti mengubur keinginannya untuk menjuarai Copa America untuk kedua kalinya.

ed:arn

Komentar