Kritik Roy Keane Kepada Para Pemilik Klub Liga Inggris

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Kritik Roy Keane Kepada Para Pemilik Klub Liga Inggris

Bukan Roy Keane kalau tidak mengeluarkan komentar pedas. Ketika masih aktif sebagai pemain, ia pernah menyebut bahwa beberapa penggemar klub nya kala itu Manchester United adalah Prawn Sandwich Brigade, mengacu kepada beberapa penggemar yang dianggap Keane tidak melakukan dukungan kepada tim dengan maksimal, terlalu cepat mengomentari permainan tim, dan lebih menikmati kenyamanan dan suasana eksklusivitas yang ditawarkan oleh tribun mewah di stadion Old Trafford.

Beberapa hari sebelumnya Keane sempat memberikan komentar terhadap pemain generasi saat ini yang ia anggap "terlalu takut terluka" dan "kebanyakan menghabiskan waktu di ruang istirahat". Baru-baru ini Keane mengeluarkan pendapat yang bisa dibilang bisa membuat telinga panas. Keane memberikan kritik kepada para pemilik klub-klub di sepakbola Inggris yang ia anggap tidak berlaku adil ketika memecat pelatih. Ia merujuk kepada kasus dipecatnya Martin O`Neill pada tahun 2013.

"Semua orang tahu bahwa Martin (O`Neill) adalah manajer yang bagus dan semua orang tahu tentang itu," ujar Keane kepada The Guardian. "Martin adalah orang lama. Ia tipe yang senang menjadi manajer dalam suatu klub. Akan tetapi saat itu banyak klub - bahkan tertera ketika mereka mengontrak seseorang - memiliki status hanya sekadar pelatih. Saya pikir ini menyedihkan karena menurut saya kebanyakan klub tidak membutuhkan pelatih hebat, melainkan seorang manajer yang hebat."

"Saya juga merasakan hal serupa ketika di Ipswich. Ini adalah sesuatu yang natural di dunia olahraga, dan Anda adalah seorang manajer. Anda selalu ingin membuktikan bahwa pendapat semua orang adalah salah.Hal tersebut menjadi energi tambahan. Itu berlaku kepada Martin yang memiliki track record baik. Sayang ia tidak diberi kesempatan."

Dalam kesempatan ini Keane bahkan secara eksplisit menyebutkan pemilik klub mana yang berlaku tidak adil. Ia juga memiliki pendapat tipe seperti apa yang akan memiliki karier bertahan lama di Liga Primer Inggris.

"Ini terlihat sudah datang ke sepakbola Inggris. Kebanyakan pemilik asing di klub Liga Primer Inggris, terutama orang-orang Amerika Serikat. Mereka lebih senang kepada seorang pelatih yang mengalungkan peluit di lehernya. Memakai clipboard. Berkulit matang dan bergigi putih akan semakin membuat Anda punya banyak kesempatan!" pungkas Keane.

Terkait ucapan Keane terakhir. Siapa sebenarnya yang ia maksud?

mengalungkan peluit di leher, memakan clipboard. Pelatih American Football?

Atau, berkulit matang dan bergigi putih. Jose Mourinho?

foto : skysports

Komentar