Dilarang Berdiri di Emirates dan Sembilan Ribu Alasan Watford untuk Menang

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Dilarang Berdiri di Emirates dan Sembilan Ribu Alasan Watford untuk Menang

Menjelang kedatangan 9000 pendukung Watford di Emirates Stadium untuk pertandingan perempat final FA Cup 2015/16, Arsenal mengirimkan sebuah surat kepada mereka. Isinya himbauan dan Arsenal menitipkannya kepada Watford yang menyampaikan isi suratnya lewat situs resmi mereka.

Pintu masuk para pendukung Watford, sebagaimana tertera dalam surat himbauan tersebut, dibuka pada pukul 11 waktu setempat. Para pendukung Watford tidak diizinkan membawa tas ke dalam stadion dan untuk alasan keamanan, dihimbau untuk tiba di Emirates Stadium paling lambat pukul 12.30 atau satu jam sebelum kick-off. Pendukung Watford yang tiba setelah 12.30 tidak akan mendapat akses masuk sebelum kick-off.

Sembilan ribu tempat yang tersedia untuk para pendukung Watford terletak di tribun tingkat bawah dan tingkat atas yang terdapat di Clock End. Tidak ada instruksi khusus untuk mereka yang duduk di tribun tingkat bawah namun para penonton yang menyaksikan pertandingan dari tribun tingkat atas, baik pendukung Watford atau Arsenal, tidak diizinkan berdiri. Pelanggar aturan akan digiring meninggalkan stadion oleh steward yang bertugas.

Bagi Arsenal, sembilan ribu pendukung Watford yang datang hanya sembilan ribu tamu yang harus dijamu (para pendukung Watford tidak diizinkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar; minuman disediakan oleh Arsenal) dan sembilan ribu orang yang uangnya berpindah tangan ke kantung mereka. Bagi Watford, sembilan ribu pendukung yang datang ke Emirates Stadium adalah sembilan ribu pemain tambahan. Sembilan ribu alasan untuk menang.

“Para pendukung banyak membantu kami untuk menang dan mereka mendukung kami dengan sangat baik dalam setiap pertandingan, jadi kami akan berusaha bermain baik untuk mereka,” ujar Allan Nyom sebagaimana dikutip dari situs resmi klub. “Kehadiran para pendukung penting karena itu membuat kami tidak merasa sepi dan rasanya mereka bersama kami sepanjang pertandingan, ini bagus.”

“Tujuan utamanya tentu saja menang, dan kami yakin kami bisa,” tambah pemain belakang berkebangsaan Kamerun tersebut. “Jika setiap pemain tampil seratus persen aku rasa para pendukung akan senang. Jadi kami akan tampil seratus persen, dan jika kami menang maka itu akan lebih baik lagi untuk semua orang.”

Quique Sánchez Flores, manajer Watford, mengaku senang berhadapan dengan Arsenal walau di saat yang bersamaan ia tidak memungkiri bahwa timnya akan menghadapi lawan yang sulit dalam pertandingan besar.

“Kami senang bermain di sana melawan Arsenal,” ujar Flores sebagaimana dikutip dari sumber yang sama. “Pertandingan akan sulit namun bermain di perempat final Piala FA peluang besar. Ini pengalaman yang baik untuk kami. Mungkin akan ada sembilan ribu pendukung yang datang jadi kami memiliki banyak alasan untuk bermain baik.”

Emirates Stadium bukan tempat yang asing bagi Flores, namun datang ke sana bersama Watford adalah pengalaman baru untuknya. Tampil di stadion besar adalah pengalaman tersendiri, dan pertandingan melawan Arsenal membuatnya teringat kepada Old Trafford. Di saat yang bersamaan, Flores menegaskan bahwa peluang menang selalu ada untuk timnya.

“Terakhir kali saya ke Emirates Stadium adalah bersama Valencia sudah cukup lama. Datang ke stadion seperti ini adalah peluang besar untuk tim dan untuk para pemain agar bisa menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka siap tampil luar biasa,” ujar Flores. “Kami memiliki pengalaman yang sangat mirip saat melawan Manchester United di Old Trafford, dan sekarang para pemain sepenuhnya siap untuk kembali mencapai tingkat yang baik. Tentu saja Arsenal juga akan berusaha menang, namun ini hanya satu pertandingan, semuanya mungkin terjadi.”

Sementara itu Ikechi Anya, gelandang yang telah membela Watford sejak 2013, menegaskan bahwa ia dan rekan-rekannya tidak merasa tertekan walau bermain di kandang lawan dan memasang target untuk tampil sebaik mungkin. Anya optimis kedekatan yang dimiliki oleh para pemain dan para pendukung akan menempatkan Watford dalam posisi menguntungkan.

“Kami bisa bermain dan mengekspresikan diri, kami tidak tertekan,” ujar Anya. “Sembilan ribu pendukung akan datang dan kami akan berusaha membuat mereka bangga. Kami bermain untuk mereka karena kami membutuhkan mereka. Mungkin ada sedikit jarak antara kami dan Arsenal namun tidak demikian dengan para pendukung kami, mereka sudah seperti pemain Watford sendiri dan kami bisa memanfaatkannya untuk keuntungan kami.”

Komentar