Wenger Terlalu Percaya Cech

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Wenger Terlalu Percaya Cech

"Saya percaya sepenuhnya kepada David (Ospina) dan saya sama sekali tidak memiliki kekhawatiran mengenai hal ini," ujar Arsène Wenger mengenai David Ospina dalam juma pers pra derby London utara. Wenger memang terlihat memiliki kepercayaan pada Ospina namun yang ia ucapkan, bisa jadi, berbeda dengan apa yang ia rasakan.

Ospina, yang merupakan penjaga gawang utama Arsenal sepanjang musim lalu, tergeser ke bangku cadangan oleh Petr Cech. Wenger menaruh rasa percaya yang besar kepada eks penjaga gawang Chelsea tersebut. Lebih besar dari kepercayaannya kepada Ospina. Dan terlalu besar hingga ?ech cedera karenanya. Di pertandingan melawan Swansea City, Wenger bisa saja menarik Cech keluar sebelum cedera yang lebih parah menimpa sang penjaga gawang. Namun ?ech merasa bisa bermain dan Wenger percaya kepadanya. Lebih jauh, Wenger juga percaya kepada ?ech ketika sang penjaga gawang mengatakan dirinya bugar saat ia sebenarnya menderita cedera ringan.

"Ini cedera betis yang serius," ujar Wenger tentang ?ech sebagaimana dikutip dari Guardian, Jum`at (4/3). "Ia sedikit merasa sakit di pangkal paha saat gol pertama. Mungkin ia terlalu memaksakan diri dan karenanya ia menderita cedera otot lainnya. Kami harus mengambil keputusan sebelum pertandingan [melawan Swansea] karena ia menderita masalah ringan di pangkal paha namun ia menyatakan 100% bugar. Kita harus mempercayai pemain. Ia berusia 33 tahun dan ia mengenal tubuhnya sendiri. Jika ia bilang ia bugar maka ia dapat bermain."

Cech pada akhirnya menderita cedera karena memaksakan diri. Langsung setelah pertandingan melawan Swansea berakhir, Wenger menyatakan bahwa Cech tidak akan ambil bagian dalam pertandingan melawan Tottenham. Yang bisa ia lakukan untuk Arsenal adalah memberi dukungan penuh kepada penggantinya, Ospina.

"Kami sepenuhnya percaya padanya dan tak akan ada masalah," ujar Cech tentang Ospina sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. "Ia memiliki cukup pengalaman untuk bermain dalam pertandingan seperti ini dan ia pernah bermain dalam pertandingan seperti ini sebelumnya, karenanya ia akan baik-baik saja."

"Kami mendukung satu sama lain dan aku rasa itu hal paling penting dalam grup kecil kami yang berisikan para penjaga gawang – terus bersama, bekerja sama, dan mendorong satu sama lain dalam latihan," lanjut Cech. "Ini ideal untuk seorang penjaga gawang ... Ia memiliki cukup pengalaman untuk bermain di level ini dan aku rasa ia tak akan mendapat masalah."

Komentar