Liverpool vs Man United Pertama di Kompetisi Eropa

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Liverpool vs Man United Pertama di Kompetisi Eropa

Kompetisi kelas dua di Eropa menjalani sesi pengundian malam tadi (26/2) di Nyon, Swiss. Tak adanya pot mengenai pemisahan juara dan runner grup, serta tim asal negara yang sama memunculkan beberapa pertandingan tak kalah menarik ketimbang Liga Champions.

Dari delapan laga yang terjadi, duel Liverpool vs Manchester United dan Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur menjadi yang terdepan. Berikut serba-serbi laga Liga Eropa musim 2015/16.

FC Shakhtar Donetsk vs RSC Anderlecht

Shakhtar yang mengalahkan Schalke 04 di babak 32 besar dengan agregat 3-0 tak bisa dianggap remeh dalam duel ini. Selain itu, Shakhtar juga berambisi mengoleksi gelar kedua di Eropa setelah mereka menjuarai kompetisi ini pada musim 2008/09. Sementara lawan Shakhtar, Anderlecht hanya lebih beruntung karena bermain tandang terlebih dulu.

FC Basel 1893 vs Sevilla FC

FC Basel memiliki beban berat kala melawan juara musim lalu, Sevilla. Kemenangan di babak sebelumnya saat melawan St Etienne tak akan berpengaruh secara mental mengingat lawan yang dihadapi jelas lebih berat. Sementara bagi Sevilla laga ini ibarat jalan tol bagi mereka, lantaran di babak sebelumnya mereka hanya berhadapan dengan Molde.

Villarreal CF vs Bayer Leverkusen

Rekor empat kemenangan yang didapat Villarreal di El Madrigal selama Liga Eropa akan menjadi tantangan tersendiri bagi Leverkusen. Pasalnya, Leverkusen juga bermain baik di laga tandang sebelumnya, saat menjungkalkan Sporting Lisbon 0-1.

Athletic Club Bilbao vs Valencia

Laga ini akan menjadi pertandingan ketiga dan keempat kedua tim dalam musim ini. Di pertemuan pertama La Liga, Bilbao sukses mengalahkan Valencia dengan skor 3-1. Sementara, pertemuan kedua akan terjadi akhir pekan ini. Ya, siapa yang sanggup menang di pekan ini tampaknya akan lebih diunggulkan.

Liverpool FC vs Manchester United

Pertandingan ini jelas akan menjadi daya tarik tersendiri di perhelatan Liga Eropa musim ini. Rivalitas kedua tim yang terbilang panas akan jadi bumbu tersendiri. United lebih diunggulkan di laga ini mengingat performa apik mereka di laga terakhir kala mengalahkan Midtjylland 5-1. Selain itu, United juga dua kali memenangi laga melawan The Reds di musim ini. Uniknya, ini laga pertama kedua tim di kompetisi Eropa.

AC Sparta Praha vs SS Lazio

Di atas kertas Lazio jauh diunggulkan, mengingat perbedaan daftar pemain kedua tim yang ibarat bumi dan langit. Meski demikian, secara permainan di Liga Eropa, keduanya sama-sama mencatatkan rekor tidak pernah kalah.

Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur

Sukses mengalahkan FC Porto back to back, Dortmund kembali menghadapi tantangan yang tak mudah, yakni Tottenham Hotspur. Spurs yang belum pernah kalah di turnamen ini tentu akan menjadi lawan yang dapat dikatakan seimbang bagi Dortmund.

Fenerbahce vs SC Braga

Fenerbahce menjadi satu-satunya harapan Turki di kompetisi ini. Pengalaman nama-nama seperti Bruno Alves dan Nani yang pernah bermain di liga Portugal akan menjadi senjata mereka. Sementara itu lawannya, Braga tentu tak mau dianggap remeh. Kemenangan atas Marseille di fase grup dan keinginan mengulang memori menjadi finalis seperti musim 2010/11 akan menjadi alasan terkuat mereka untuk menang di babak ini.


">February 26, 2016

 

">February 26, 2016

Komentar