Di Copa del Rey, Neville Raih Kemenangan Kedua

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Di Copa del Rey, Neville Raih Kemenangan Kedua

Sejak ditunjuk menangani Valencia pada 2 Desember 2015 lalu, Gary Neville terlihat menemui kesulitan dalam pekerjaan barunya tersebut. Di bawah arahan Neville, dalam lima laga terakhir di Liga Spanyol, Los Che - julukan Valencia, belum pernah meraih kemenangan.

Daniel Parejo dan kawan-kawan sudah bermain imbang sebanyak empat kali, termasuk pada pekan lalu ketika menahan imbang Real Madrid. Satu pertandingan lainnya berakhir kekalahan ketika ditaklukan Villarreal dengan skor tipis 1-0.

Di luar kedekatan secara pribadi dengan Neville, ada hal lain yang membuat Peter Lim, pengusaha asal Singapura yang juga pemilik Valencia, tampak tidak menunjukan kekecewaan atau memberikan ultimatum apapun terkait performa minor Valencia di Liga Spanyol. Adalah hasil positif yang selalu diraih oleh Los Che di ajang Copa del Rey yang mungkin membuat Lim tidak terlalu banyak mempertanyakan kinerja Neville.

Termasuk pada dini hari (7/1) waktu Indonesia, saat Los Che menang besar atas Granada dengan skor telak 4-0 di kompetisi yang dipersembahkan untuk Raja Spanyol tersebut. Mantan penyerang Manchester City, Alvaro Negredo, menjadi pahlawan dengan mencetak hat-trick pada pertandingan tersebut. Satu gol Valencia lain, dilesakan oleh Rodrigo Moreno.

Kemenangan atas Granada ini juga menjadi raihan positif lain yang ditorehkan oleh Neville sejauh ini di ajang Copa del Rey. Pada leg kedua fase sebelumnya, Neville membawa Los Che mengalahkan peserta Segunda Division B, Barakaldo CF dengan skor 2-0. Valencia kemudian lolos dengan agregat 5-1.

Dalam konferensi persnya pasca pertandingan melawan Granada, Neville menyebutkan bahwa kemenangan ini memberikan kepercayaan diri bagi anak-anak asuhanya dan juga menandakan bahwa mereka sudah kembali ke jalur yang benar.

"Ya, tentunya saya senang dengan hasil akhir yang diraih, saya juga senang dengan performa yang ditampilkan oleh para pemain. Tetapi kami tidak boleh terlena, saya pikir kami masih perlu untuk membuktikan diri, namun saya rasa kami sudah berada dalam trek yang benar," ujar Neville dalam laman resmi klub valenciacf.com

Masih dalam laman resmi klub, Alvaro Negerdo yang menjadi pahlawan dengan mencetak tiga gol dalam pertandingan kali ini, mengungkapkan rasa senangnya sekaligus mengatakan bahwa sang pelatih baru telah membawa perubahan besar.

"Terasa begitu spesial, karena itu adalah hat-trick pertama yang saya untuk Valencia. Kami para penyerang memang dituntut untuk mencetak gol. Saya harap ke depannya masih banyak yang akan terjadi lagi, bahkan saya berharap bisa mencetak gol dalam setiap pekan. Kedatangan Gary Neville sebagai pelatih baru membuat semuanya berubah."

Meskipun belum juga meraih kemenangan di ajang Liga Spanyol, faktanya Valencia selalu tampil luar biasa di Copa del Rey, bahkan mereka tampak seperti tim yang berbeda ketika bermain di ajang tersebut. Terlalu dini memang untuk menilai, tetapi hasil-hasil yang diraih mengindikasikan kalau Neville lebih fokus meraih hasil maksimal di kompetisi Copa del Rey.

Bisa jadi memang dari awal, Liga bukan menjadi fokus utama pria yang akrab disapa Gaz ini. Mungkin memang Neville dari awal sudah mengarahkan target ke trofi Copa del Rey.

Sumber : en.valenciacf.com, bbc

foto : ibitimes

Komentar