Kesebelasan Debutan Berharap Jumpa Barcelona

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Kesebelasan Debutan Berharap Jumpa Barcelona

Piala Dunia Antar Klub – FIFA Club World Cup – tahun ini akan dimulai pada 10 Desember, dengan pertandingan play-off antara Sanfrecce Hiroshima (juara J-League, dan karenanya bertindak sebagai tuan rumah kejuaraan) dan Auckland City (juara OFC Champions League). Pemenang pertandingan tersebut akan melaju ke pertandingan perempat final, melawan TP Mazembe (juara CAF Champions League 2015) yang sudah menunggu di putaran tersebut, pada 13 Desember. Pemenang perempat final ini, bagaimanapun, tidak akan berhadapan dengan Barcelona yang sudah menunggu di semifinal.

FC Barcelona, juara UEFA Champions League 2014/15, menanti di semifinal di bagan yang berbeda; semifinal Yokohama (17 Desember). Jika bukan América (juara CONCACAF Champions League 2014/15), maka lawan Barcelona adalah Guangzhou Evergrande (juara AFC Champions League 2015).

Satu kesebelasan lain yang langsung lolos ke semifinal adalah River Plate (juara Copa Libertadores 2015). Kesebelasan asal Argentina inilah yang akan menjadi lawan Sanfrecce Hiroshima, Auckland City, atau TP Mazembe di semifinal Osaka (16 Desember).

“Kami bermimpi menjadi juara dunia dan kami akan mengerahkan seluruh kemampuan kami dalam kedua pertandingan,” ujar penyerang River, Rodrigo Mora, sebagaimana dikutip dari situs resmi FIFA.

River Plate, yang tiba di Jepang dengan dua penerbangan berbeda, akan menetap di Chiba hingga 12 Desember. Barulah setelahnya mereka akan bertolak ke Osaka. Jika mereka menang di Osaka, River Plate akan melanjutkan perjalanan ke Yokohama, tempat dilangsungkannya pertandingan final. Fokus utama kesebelasan debutan FIFA Club World Cup tersebut, saat ini, adalah pertandingan pertama.

“Kami tahu bahwa jika kami lolos dari semifinal kami akan berhadapan dengan kesebelasan hebat,” ujar Carlos Sanchez sebagaimana dikutip dari situs resmi FIFA. “Kami memiliki motivasi tambahan yang dapat membuat kami lebih bersemangat. Kami ingin memenuhi ekspektasi dan menunjukkan penampilan terbaik. Kami tidak hanya ingin lolos (ke final). Kami ingin melakukannya dengan gaya kami.”

River Plate beberapa tahun ke belakang sempat terdegradasi, namun dengan cepat mereka bangkit dan kembali menjadi raja. Baca cerita selengkapnya dalam artikel 'Kebangkitan River Plate dan Penebusan Dosa Passarella'.

Berbeda dengan River Plate yang sudah dapat terbang ke Jepang karena musim mereka telah berakhir, Barcelona baru akan terbang dari Spanyol setelah bertanding melawan Deportivo de La Coruña akhir pekan ini.

“Kami terbang ke Jepang dengan tujuan tampil baik dalam dua pertandingan dan pulang sebagai juara dunia,” ujar Javier Mascherano, gelandang Barcelona yang memulai karier sepakbolanya di River Plate. “Namun kami pertama-tama harus memenangi pertandingan semifinal. Ini kejuaraan yang sangat penting bagi kami.”

Komentar