Beda Tujuan Mönchengladbach dan Wolfsburg

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Beda Tujuan Mönchengladbach dan Wolfsburg

Semalam Bayern München memastikan diri menjadi juara Grup F lewat kemenangan 4-0 atas Olympiakos sementara Bayer Leverkusen, yang bermain imbang 1-1 melawan BATE, nasibnya masih bergantung kepada pertandingan matchday enam melawan Barcelona (juga hasil pertandingan antara AS Roma dan BATE di matchday yang sama). Seperti Bayern dan Leverkusen, Borussia Mönchengladbach dan VfL Wolfsburg juga bernasib tidak sama. Bedanya, kedua kesebelasan tersebut baru akan bertanding nanti malam (dini hari WIB).

Mönchengladbach sudah pasti tidak lolos ke 16 besar. Namun kalah bukan pilihan karena tanpa tambahan angka di pertandingan melawan Sevilla, Mönchengladbach akan terjebak di peringkat keempat. Kemenangan memang tidak akan membawa Mönchengladbach mengamankan peringkat ketiga, namun setidaknya membawa mereka satu langkah lebih dekat ke sana.

Sevilla, sementara itu, membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke 16 besar walau, selain kepada diri sendiri, mereka juga bergantung kepada hasil pertandingan Manchester City dan Juventus. Jika Juventus juga menang, maka kemenangan Sevilla atas Mönchengladbach hanya akan membawa mereka menduduki peringkat ketiga. Rasanya ini bukan masalah, mengingat duduk di peringkat ketiga akan membawa Sevilla ke Europa League, kejuaraan yang mereka menangi dalam dua musim terbarunya.

UEFA memiliki catatan menarik mengenai pertandingan ini: Unai Emery, pelatih kepala Sevilla, gugur dari Champions League 2010/11 setelah kesebelasannya, Valencia, kalah dari Schalke 04 yang, seperti Mönchengladbach, juga berasal dari Jerman. Bukan tidak mungkin hal ini terulang.

“Kami akan berusaha 110% untuk mengamankan kemenangan,” ujar André Schubert, pelatih kepala Mönchengladbach yang baru saja dipermanenkan statusnya pada 13 November lalu, sebagaimana dikutip dari situs resmi Mönchengladbach. “Kami harus melakukannya demi peluang mengamankan peringkat ketiga di Manchester (melawan Manchester United di matchday enam). Kami menantikan pertandingan, dan akan berusaha menyerang ketimbang mengandalkan pertahanan kami. Pertandingan akan berjalan ketat, namun kami akan mengerahkan seluruh kemampuan kami.”

Sementara Mönchengladbach menjamu Sevilla di nyamanya rumah, Wolfsburg bertandang ke Rusia yang sangat dingin untuk bertanding melawan CSKA, yang menduduki peringkat keempat dan dipastikan gagal lolos jika kalah di pertandingan ini. Wolfsburg sendiri menduduki peringkat ketiga walau hanya berselisih satu angka dengan pimpinan klasemen.

Fakta bahwa Wolfsburg sudah menjalani 29 pertandingan Bundesliga tanpa kekalahan (yang terbaru adalah kemenangan 6-0 atas Werder Bremen) tidak banyak membantu karena di Champions League, mereka adalah kesebelasan yang berbeda. Wolfsburg yang begitu tangguh baik kandang atau tandang di kompetisi domestik selalu kalah dalam setiap pertandingan tandang di Champions League musim ini. Melawan CSKA di Rusia yang dinginnya, menurut Dieter Hecking (pelatih kepala Wolfsburg), lebih buruk dari Jerman, Wolfsburg bukan tidak mungkin akan kesulitan dan kembali kalah. CSKA, yang selalu menduduki peringkat keempat dalam dua musim terakhir mereka di Champions League, memiliki motivasi ekstra: mereka akan naik ke peringkat ketiga jika menang di pertandingan ini.

“CSKA menduduki peringkat pertama klasemen liga di Rusia,” ujar Hecking sebagaimana dikutip dari situs resmi UEFA. “Mereka kalah dalam pertandingan terakhirnya namun itu tidak akan berpengaruh terhadap pertemuan kami dengan mereka. Pertandingan ini juga sangat penting bagi mereka karena akan berada di bawah tekanan yang lebih besar dari kami. Beban mengharuskan mereka menyerang dan mereka lebih dari sekedar cakap. Kami harus bermain lebih baik dari pertandingan melawan PSV (PSV 2-0 Wolfsburg, matchday empat). Kami harus memanfaatkan peluang-peluang kami dan bermain baik lewat serangan balik.”

Komentar