Dalam Empat Hari, Barcelona Gasak Dua Tim Ibu Kota

Berita

by redaksi

Dalam Empat Hari, Barcelona Gasak Dua Tim Ibu Kota

Barcelona kembali tak tertahankan. Usai menang 4-0 atas tim ibu kota Spanyol, Real Madrid, di Liga Spanyol, Barca kembali menggasak tim ibu kota lainnya. Kali ini giliran AS Roma yang dihajar 6-1 dalam lanjutan babak grup Liga Champions. Hasil ini sekaligus memastikan Blaugrana lolos ke babak 16 besar.

Barcelona tak mau ambil risiko. Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menurunkan tujuh pemain yang sama dalam susunan pemain kala mengalahkan Madrid. Hasilnya cepat terlihat pada menit ke-15, kolaborasi apik Neymar dan Luis Suarez berhasil membawa Barcelona unggul 1-0.

Tidak perlu waktu lama buat Barca untuk menambah keunggulan. Tiga menit setelah gol pertama, giliran pemain terbaik dunia empat kali, Lionel Messi, yang memberi kontribusi. Pemain yang masuk sebagai pemain cadangan ketika menghadapi Real Madrid ini berhasil memanfaatkan umpan Suarez untuk membobol gawang Wojciech Szczesny. Suarez menutup babak pertama dengan skor 3-0 setelah mencetak gol keduanya pada menit ke-44.

Memasuki babak kedua, Barcelona tak mengendurkan serangan. Gerard Pique berhasil menambah keunggulan Blaugrana 4-0. Tidak sampai di situ, pada menit ke-60, giliran Lionel Messi yang mencetak gol keduanya di hari itu.

Barcelona seolah tak memberi nafas buat Roma. Pada menit ke-77 Barcelona mendapatkan hadiah penalti setelah Neymar dilanggar pemain Roma berkebangsaan Turki, Salih Ucan. Neymar pun langsung berdiri sebagai algojo. Namun, sepakannya terlalu pelan dan terbaca kiper. Sial bagi Roma karena antisipasi Szczesny tersebut berhasil disambar oleh pemain yang baru masuk pada babak kedua, Adriano. Barca pun unggul 6-0.

Lima menit usai gol Adriano, giliran Roma yang mendapat hadiah tendangan penalti setelah Dzeko dilanggar oleh Marc Bartra. Lagi-lagi tendangan penalti tersebut gagal berbuah gol. Roma pun akhirnya mencetak gol hiburan pada menit-menit akhir lewat sundulan Edin Dzeko.

Kemenangan ini mengantarkan Barcelona ke puncak grup dengan 13 poin dari lima laga yang memastikan Blaugrana lolos ke babak 16 besar. Hal yang menarik dari grup ini adalah perebutan pendamping Barcelona untuk lolos ke babak berikutnya. AS Roma, Bayer Leverkusen, serta BATE Borisov masih mempunyai peluang yang hampir sama besarnya untuk dapat lolos bersama Barcelona. AS Roma dan Bayer Leverkusen sama-sama mengumpulkan lima poin, dan BATE Borisov yang ada di posisi buncit hanya berselisih satu poin dari dua tim tersebut.

Komentar