Panduan Kualifikasi Liga Champions 2015/2016

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Panduan Kualifikasi Liga Champions 2015/2016

Final Liga Champions UEFA musim 2014/15 antara Juventus FC melawan FC Barcelona terasa seperti baru kemarin, tapi ternyata musim baru Liga Champions 2015/16 sudah dimulai kembali.

Bukan, kita tidak sedang membicarakan kesebelasan ciamik seperti Juventus, Barcelona, Real Madrid CF, FC Bayern Munich, Chelsea, atau yang lainnya. Pada akhir Juni ini, Liga Champions memulai perjalanannya dari level yang paling bawah, yaitu kualifikasi babak pertama.

Mereka yang berpartisipasi sedari awal saat ini adalah jauh dari terkenal, meskipun pada kenyataannya mereka adalah kesebelasan juara di liga domestik mereka masing-masing. Antara lain ada The New Saints FC (Wales), B36 Tórshavn (Kepulauan Faroe), Lincoln Red Imps FC (Gibraltar), dan lain-lain.

Tidak heran, dari 32 kesebelasan yang familiar kita saksikan pada babak penyisihan grup, sebenarnya UEFA mengikutsertakan 78 kesebelasan yang berasal dari 53 negara (asosiasi) anggota UEFA, dari total 54 negara anggota UEFA yang terdaftar.

Satu negara yang tidak mengikutsertakan kesebelasannya ke Liga Champions adalah Liechtenstein yang tidak mengadakan liga domestik di negaranya.

Negara anggota ini di-ranking berdasarkan koefisien negara UEFA yang kemudian akan mempengaruhi jumlah kesebelasan yang bisa berpartisipasi di Liga Champions. Detailnya adalah sebagai berikut. (Baca juga: Cara UEFA Menghitung Nilai Koefisien)


  • Asosiasi peringkat 1-3 berhak mengikutsertakan empat kesebelasan wakil dari negaranya.

  • Asosiasi peringkat 4-6 berhak mengikutsertakan tiga kesebelasan wakil dari negaranya.

  • Asosiasi peringkat 7-15 berhak mengikutsertakan dua kesebelasan wakil dari negaranya.

  • Asosiasi peringkat 16-54 (kecuali Liechtenstein) hanya berhak mengikutsertakan satu kesebelasan wakil dari negaranya.


Koefisien negara UEFA untuk musim 2015/16 adalah seperti gambar di bawah ini. (Baca juga: Liga Primer Bisa Saja Kehilangan Tempat di Liga Champions)

UCLQ01

Sementara ada kasus khusus seperti juara Liga Champions dan Liga Europa UEFA yang berhak mendapatkan jatah jika mereka tidak lolos jika dinilai dari performa mereka di liga domestik (misalnya sang juara Liga Champions finis di posisi ke tujuh di liganya).

Karena ada aturan maksimal setiap negara hanya boleh mewakili lima kesebelasan di Liga Champions, maka jika sang juara Liga Champions dan Europa berasal dari negara yang sama pada koefisien peringkat 1-3, maka jatah posisi paling buncit (misalnya si peringkat ke empat) akan dilempar ke Liga Europa.

Pada Liga Champions musim ini, Spanyol menjadi negara yang paling banyak mengirim wakil kesebelasannya, yaitu sebanyak lima kesebelasan. Mereka adalah Barcelona (juara La Liga Spanyol sekaligus juara bertahan Liga Champions 2014/15), Real Madrid (peringkat ke dua), Atlético Madrid (peringkat ke tiga), Sevilla FC (juara bertahan Liga Europa 2014/15, di liga domestik peringkat ke lima), dan Valencia CF (peringkat ke empat).

Seluruh kesebelasan di atas berhak langsung lolos ke babak penyisihan grup 32 besar, kecuali Valencia yang harus memulai petualangannya dari babak play-off (atau penyisihan babak ke empat) dengan rute liga (league route).

Format babak kualifikasi

Pada tahap kualifikasi dan putaran play-off, setiap pertandingan dimainkan dua leg, dengan masing-masing kesebelasan bermain satu leg di kandang. Kesebelasan yang berhasil mencetak gol agregat lebih banyak selama dua leg akan berhak lolos ke babak berikutnya. (Baca juga: Kesempurnaan Sistem Home & Away Sepakbola)

Jika skor agregat imbang, aturan gol tandang diterapkan. Jika gol tandang juga sama, maka tiga puluh menit waktu tambahan dimainkan, dibagi menjadi dua kali lima belas menit. Aturan gol tandang juga masih berlaku pada babak perpanjangan waktu ini.

Jika tidak ada gol yang tercipta di masa perpanjangan waktu, maka pertandingan diputuskan oleh babak adu tendangan penalti.

Dalam setiap babak atau putaran, kesebelasan unggulan dibagi berdasarkan koefisien UEFA di awal musim, dengan kesebelasan yang terbagi menjadi pot unggulan dan pot non-unggulan. Sebuah kesebelasan unggulan akan diacak melawan kesebelasan non-unggulan, dengan urutan leg di setiap pertandingan diputuskan secara acak.

UCLQ02

Karena waktu yang terbatas antara pertandingan, undian untuk kualifikasi babak ke dua dan ke tiga berlangsung sebelum hasil babak sebelumnya diketahui.

Dalam kasus di mana hasil dari pertamdingan kualifikasi babak sebelumnya belum diketahui pada saat undian, penyemaian (seeding) dilakukan dengan asumsi bahwa kesebelasan dengan koefisien lebih tinggi dari pertandingan lah yang maju ke babak ini.

Jadwal babak kualifikasi

Kemarin malam WIB (22/06/2015), UEFA mengadakan pengundian kualifikasi babak pertama dan ke dua di Nyon, Swis. Kualifikasi babak pertama diikuti oleh 8 kesebelasan yang berasal dari 8 peringkat paling buncit dari koefisien.

Sementara empat kesebelasan yang menang akan berhak lolos ke kualifikasi babak ke dua, seperti yang tertera pada gambar hasil undiannya di bawah ini.

UCLQ03

Setelah seluruh pertandingan di atas selesai (dijadwalkan pada 22 Juli 2015), akan ada kualifikasi babak ke tiga yang dipisahkan menjadi dua rute:


  • Champions Route, yang mencakup semua juara domestik yang tidak otomatis lolos ke babak penyisihan grup.

  • League Route (juga disebut Non-champions Path atau Best-placed Path), yang mencakup semua non-juara dalam negeri yang tidak otomatis lolos ke babak penyisihan grup.


Sebanyak 56 tim (41 di Champions Route dan 15 di League Route) akan terlibat dalam fase kualifikasi dan putaran play-off. 10 pemenang dari babak play-off (5 dari Champions Route dan 5 dari League Route) akan maju ke babak penyisihan grup untuk bergabung dengan 22 kesebelasan yang otomatis sudah lolos.

Sementara 15 kesebelasan yang kalah di kualifikasi babak ke tiga akan masuk putaran play-off Liga Europa, dan 10 kesebelasan yang kalah di babak play-off akan langsung memasuki tahap grup di Liga Europa. (Baca juga: Apa Pentingnya "Liga Malam Jumat"?)

Dimana kesebelasan jagoan Anda?

Seperti yang sudah kami sebutkan, UEFA melibatkan 78 kesebelasan dalam Liga Champions musim ini. Berikut adalah daftar seluruh kesebelasan yang bertarung di Liga Champions.

UCLQ04

Pertanyaan paling umum yang datang kepada kami adalah "Kapan Manchester United akan bermain?".

Mereka finis di posisi empat Liga Primer Inggris sehingga harus menjalani kualifikasi Liga Champions dari babak play-off, hanya dua pertandingan (kandang dan tandang masing-masing sekali) untuk mereka agar lolos ke babak penyisihan grup, di mana Chelsea, Manchester City, dan Arsenal sudah terlebih dahulu lolos.

Sesuai pada gambar ke dua pada tulisan ini, pengundian untuk babak play-off akan diundi pada 7 Agustus 2015 di Nyon, Swis. Leg pertama akan dimainkan antara 18-19 Agustus 2015, sementara leg ke dua 25-26 Agustus 2015.

United bersama dengan Valencia dan Bayer 04 Leverkusen termasuk dalam jajaran tim di pot unggulan, calon lawan mereka adalah seperti yang tertera pada gambar di atas pada kelompok League Route.

Sumber informasi dan gambar: Wikipedia, UEFA

Komentar