Menanti Pemain Arsenal yang Datang dan Pergi, Januari Nanti

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Menanti Pemain Arsenal yang Datang dan Pergi, Januari Nanti

Nanti (3/12) malam, Arsenal akan menghadapi Southampton di Stadion Emirates. Skuat asuhan Arsene Wenger tengah mengalami penurunan performa setelah dua kali kalah, sebelum akhirnya menang atas West Bromwich Albion, Sabtu (29/11) lalu.

Kini, Arsenal bertengger di peringkat tujuh klasemen dengan 22 poin. Raihan poin Arsenal ini sebenarnya hanya berbeda 11 poin—angka yang dinilai masih rasional—dari sang pemuncak klasemen, Chelsea. Dibanding dengan West Ham dan Swansea yang ada di atasnya, Arsenal sebenarnya hanya kalah tiga kali. Namun, The Gunners terlalu sering mendapat hasil imbang.

Musim ini seolah mencatatkan bagaimana inkonsistensi Arsenal kala berlaga. Kadang, serangan mereka begitu intensif, dan kadang pula menjadi sporadis. Lini tengah yang menjadi pusat utama serangan Arsenal seringkali menakutkan, pada kesempatan lain dengan mudahnya dieksploitasi lawan. Ini berdampak pada penampilan para pemain di lini serang seperti Danny Welbeck yang kekurangan suplai.

Pada pembukaan bursa transfer Januari mendatang, semua rencana pun berubah. The Times mengungkapkan Arsenal kini ingin mengangkut dua orang pemain untuk dilego ke klub lain. Kedua nama tersebut sebenarnya sudah diprediksi, tapi tetap saja mengejutkan: Lukas Podolski dan Joel Campbell. The Times menuturkan hal tersebut sebagai upaya teguran kepada anak asuhnya agar bermain lebih baik lagi.

Jika ingin adil, sebenarnya inkonsistensi Arsenal bukan karena kesalahan umpan yang kerap dilakukan para pemain. Badai cedera yang mendera The Gunners menjadi salah satu alasan. Penyerang utama Arsenal, Olivier Giroud, menjadi batu sandungan karena tak bisa bermain akibat cedera. Beruntung Arsenal mampu menggaet penyerang asli Manchester, Danny Welbeck untuk menutup lubang tersebut.

Sementara itu, Podolski dan Campbell seolah tak dilirik oleh Wenger. Bagaimana pun seringkali ada perbedaan antara latihan dan pertandingan. Bisa saja keduanya tak memukau kala berlatih, tapi bisa menunjukkan kemampuannya saat bertanding. Ini yang menjadi alasan mengapa Campbell dilirik banyak klub usai Piala Dunia 2014 lalu.

Nyatanya, hal tersebut bukanlah alasan utama. Gaji Podolski saat ini mencapai 100 ribu pounds perminggu. Dengan catatan bermain yang kurang meyakinkan, Poldi, sapaan akrab Podolski, menjadi target utama untuk 'dienyahkan' dari tim.

Untungnya, baik Podolski maupun Campbell mendapat banyak perhatian dari klub rival. Wenger berharap keduanya bisa dikondisikan untuk menambah pemasukkan bagi Arsenal. Podolski erat dikaitkan dengan Inter Milan dan Cologne sementara Campbell dipantau Swansea City, Everton, dan West Bromwich Albion.

Uang hasil transfer keduanya dapat digunakan untuk menguatkan lini pertahanan. Sejumlah kabar beredar Arsenal tengah mencari dua pemain bertahan dan satu gelandang.

Menurut The Sun, Wenger bukanlah orang yang kerap mengubah tim pada bursa transfer musim dingin. Maka, kemungkinan pembelian tersebut tidak bersifat jangka panjang. Gelandang Sevilla, Grzegorz Krychowiak dan gelandang Newcastle, Moussa Sissoko, menjadi target utama Arsenal sementara itu di lini belakang nama Tyrone Mings dan Virgil van Dijk akan berada di daftar buruan teratas Arsenal.

Jadi siapa yang nantinya akan datang dan pergi? Pertanyaan ini akan terjawab pada bulan Januari. Kita tunggu saja...

Komentar