Bagaimana Jika Liga Inggris Dimainkan pada Jumat Malam?

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Bagaimana Jika Liga Inggris Dimainkan pada Jumat Malam?

Laman World Soccer Talk menuliskan tentang kemungkinan digelarnya pertandingan Liga Inggris pada hari Jumat. Artinya, akan ada tiga hari dalam satu pekan di mana Liga Inggris akan ditayangkan. Hal ini tak lepas dari pertarungan perebutan hak siar musim 2016/2017 mendatang.

Pemegang hak siar saat ini, BT Sport dan Sky Sports dikabarkan tengah menjajaki penawaran dengan nilai yang terbilang fantastis: 5 miliar pounds! Namun, belum diketahui pasti untuk durasi berapa lama. Sepertinya, kontrak tersebut akan terjalin selama tiga tahun, sama seperti kerjasama BT Sport dan Sky Sport setahun silam.

Jika rumor tersebut benar, adanya kenaikan sebesar dua milar pounds amat mengejutkan. Dari sini dapat terlihat bagaimana pentingnya siaran Liga Inggris serta besarnya pendapatan yang diraih dari tayangan tersebut. Selain itu, penyelenggaraan pada Jumat malam juga merupakan suksesnya intervensi pemilik hak siar kepada Premier League. Kesuksesan pertama tentu dengan menyelenggarakan pertandingan lebih siang (pukul satu waktu London), yang mendapat banyak kecaman dari para pendukung tim di Inggris. Penyelenggaraan pada Jumat akan menjadi kesuksesan yang kedua.

Ini dilakukan karena banyaknya jadwal yang bertabrakan sepanjang Sabtu. Contohnya, ada satu pertandingan yang digelar pukul 12.45, lalu ada empat pertandingan pada pukul 15.00 dan satu pertandingan pada pukul 17.00. Sisanya, digelar pada Minggu. Ada empat pertandingan yang mesti disiarkan, sementara saluran BeIN Sports hanya tiga. Ini yang membuat sebaran iklan tak akan menjadi efektif. Pemindahan jam tayang dengan memajukan jadwal menjadi pukul 12.45 sulit terlaksana karena biasanya digelar pertandingan "big match" untuk menyesuaikan dengan waktu di Asia.

Tentu, terdapat pro dan kontra atas argumen tersebut. Pertama, ada klub Liga Inggris yang bermain pada tengah pekan karena berlaga di kompetisi Eropa. Klub yang bermain di Liga Champions akan berlaga pada Selasa dan Rabu untuk melakoni fase grup mulai dari September hingga Desember. Semakin tinggi kualitas klub, maka ia akan bermain lebih sering pada tengah minggu mulai dari Februari hingga Mei.

Hal yang sama berlaku bagi klub yang berlaga di Europa League. Pertandingan digelar pada Kamis, sehingga sulit untuk mengarahkan tim yang berlaga di Europa League bermain pada Jumat. Selain itu klub yang ada tidak bermain di kompetisi Eropa akan merasa diuntungkan karena memiliki masa persiapan dan istirahat yang lebih lama.

Operator Liga Inggris, Premier League, tentu memiliki kebijakan untuk tidak menempatkan tim yang berkompetisi di Eropa pada Jumat. Bagaimanapun, mereka adalah wakil Inggris yang membawa nama negara serta akan berpengaruh pada koefisien Inggris di Eropa. Maka, pertandingan pada hari Jumat tidak akan mengikutsertakan tujuh tim peringkat teratas, serta tim pemenang Piala FA dan Piala Carling.

Selain itu, terdapat masalah terbesar dalam dunia penyiaran: rating. Di Amerika, tayangan televisi pada Jumat sore biasanya mendapat rating terendah dibanding hari-hari lainnya. Pasalnya, di hari tersebut banyak orang yang pergi keluar bersama dengan keluarganya.

Amerika adalah salah satu pangsa pasar terbesar siaran Liga Inggris. Pertandingan hari Jumat, kemungkinan akan digelar pada malam hari di Inggris atau pukul tiga sore di Amerika. Hal ini untuk mengantisipasi penonton yang masih bekerja jika pertandingan mesti digelar siang atau sore hari seperti pertandingan di akhir pekan.

Bisa dibilang, Jumat adalah hari di mana tidak ada pertandingan yang melibatkan tim dari Inggris. Pertandingan biasanya dilakukan pada Sabtu dan Minggu, serta Senin malam. Sementara itu, Selasa, Rabu, dan Kamis, kompetisi Eropa telah digelar.

Isu ini memang masih belum ditetapkan, setidaknya hingga awal 2015 mendatang. Tapi jika ini terjadi lalu anda menyaksikan tim kesayangan anda bermain pada hari Jumat, itu artinya tim kesayangan Anda berada di peringkat tengah dan anda mulai akan lebih sering menganggur pada Sabtu malam.

Sumber cerita: worldsoccertalk.com

----------------------------------------------

Update:

Secara resmi sudah diumumkan bahwa mulai musim 2016-2017 akan mulai ada tayangan Liga Inggris pada Jumat malam.

Komentar