Roy Keane Mundur dari Aston Villa

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Roy Keane Mundur dari Aston Villa

Bekas pemain Manchester United, Roy Keane, memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai asisten manajer Aston Villa. Keputusan ini diumumkan secara resmi lewat akun twitter Aston Villa, @AFCOfficial pada Jumat (28/11) sore.

Pemain yang mengemas 57 gol dari 473 pertandingan sepanjang karirnya di klub tersebut, sebelumnya tengah menghadapi dilema. Sebelum menjadi asisten Paul Lambert, Keane sudah ditunjuk Federasi Sepakbola Irlandia, FAI, untuk menukangi timnas Irlandia sebagai asisten Martin O’Neill.

Keputusan mundur ini dianggap Keane sebagai jalan terbaik. Menurutnya, tidak adil baik untuk Villa maupun Irlandia jika dia menukangi dua tim sekaligus.“Aku ingin berterimakasih pada Paul karena telah memberiku kesempatan yang besar di tim yang hebat. Aku sangat menikmati pengalamanku di Villa,” kata Keane perihal kemunduran dirinya seperti dilansir Press Association.

Awal Oktober lalu, Keane sempat mengutarakan keinginannya untuk mundur sebagai asisten pelatih Aston Villa. Ia merasa pekerjaannya di Villa Park, mengganggu konsentrasinya di timnas. Bagi Keane, pekerjaan di timnas lebih utama ketimbang apapun.

“Awalnya saya pikir dapat mengerjakan keduanya sekaligus. Jika saya ingin fokus ke Irlandia saya akan meninggalkan Villa,” kata Keane bulan lalu, “Jika Irlandia kalah di tiga atau empat laga saya akan mundur dari Villa.”

Sebelum menjadi asisten Paul Lambert di Villa, Keane sempat menukangi Sunderland dan Ipswich Town sebagai manajer.

Sementara itu, Lambert mengaku mengerti kondisi Keane yang menghadapi situasi dilematis. “Roy datang padaku pagi ini (Jumat) dan dia memberitahukan bahwa sejujurnya kesulitan mengombinasikan kedua peran menjadi alasan atas keputusannya, yang mana aku amat menghormatinya. Aku mengerti alasannya mundur,” ucap Lambert.

Selain itu, kondisi Aston Villa yang tengah terpuruk ditenggarai menjadi alasan Keane lebih memilih Irlandia. Saat ini, Villa terdampar di peringkat enam belas hasil tiga kali menang dan enam kali kalah. Dari enam pertandingan terakhir, Villa hanya mengemas dua poin dan belum pernah meraih kemenangan.

Komentar