Giroud Segera Tampil, Pilih Mana: Giroud atau Welbeck, Wenger?

Berita

by redaksi

Giroud Segera Tampil, Pilih Mana: Giroud atau Welbeck, Wenger?

Kabar baik menghampiri Arsenal dari salah satu pemain andalan mereka, Olivier Giroud. Proses penyembuhan cedera yang dijalani oleh Giroud berjalan sangat lancar sehingga dirinya dapat sembuh lebih cepat dari prediksi semula.

“Proses penyembuhan Olivier Giroud berjalan sangat baik. Perihal rehabilitasi, saya percaya bahwa dirinya akan kembali lebih cepat dari perkiraan. Operasi yang dilakukan berjalan dengan sempurna,” ujar Arsene Wenger sebagaimana diwartakan stasiun televisi, beIN Sports.

Penyerang asal Perancis tersebut awalnya diprediksi menepi selama empat bulan. Penyebabnya adalah keretakan pada tulang kering di pertandingan melawan Everton pada hari Sabtu, 23 Agustus lalu.

Pada lawatan ke Goodison Park tersebut, Giroud berhasil mencetak gol kedua Arsenal walaupun masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua. Satu gol yang dicetak oleh Giroud terbukti vital. Tanpa gol yang dicetak olehnya di menit penghujung laga, Arsenal dipastikan pulang dari kota Liverpool dengan tangan hampa.

Kabar baik dari proses penyembuhan Giroud ini melengkapi berita bahagia dari Theo Walcott dan Serge Gnabry. Kedua pemain tersebut telah mulai kembali berlatih setelah menepi cukup lama karena cedera.

Kembalinya Giroud sendiri bukannya tanpa masalah. Arsenal kini telah memiliki seorang penyerang baru. Seorang ujung tombak yang didatangkan sepekan setelah Giroud dinyatakan cedera parah. Daniel Nii Tackie Mensah Welbeck.

Danny Welbeck terbukti mampu bermain gemilang bersama Arsenal. Eks pemain Manchester United tersebut bahkan sudah mampu mencetak hat-trick. Tepat satu bulan setelah dirinya bergabung dengan Arsenal, Welbeck mencetak tiga gol ke gawang Galatasaray.

Hal itu membuat Welbeck kini berdiri sejajar dengan Thierry Henry dan Nicklas Bendtner. Hanya Welbeck, Henry, dan Bendtner saja yang mampu mencetak trigol Liga Champions di bawah asuhan Wenger.

Selain Welbeck yang memang berposisi asli sebagai penyerang tengah, Wenger juga dapat mengandalkan Alexis Sanchez di posisi ujung tombak. Eks pemain FC Barcelona tersebut sudah berhasil mencetak gol di semua ajang yang diikuti oleh Arsenal musim ini. Sebuah ancaman nyata untuk Giroud.

Namun sepertinya Wenger akan lebih suka menempatkan Alexis di sisi kiri serangan. Karena Walcott telah sembuh, Wenger kini memiliki dua orang penyerang sayap yang sama cepat dan sama tajam. Lagipula, kemampuan bermain di banyak posisi memang merupakan daya tarik Alexis yang membuat Wenger rela merogoh kocek cukup dalam.

Kondisi ini menjadikan persaingan di posisi penyerang tengah mengerucut kepada dua nama saja: Welbeck dan Giroud. Yaya Sanogo tidak masuk hitungan karena jelas sekali bahwa musim ini dirinya masih akan menjadi pelapis.

Wenger sendiri tidak melihat kesulitan jika Giroud dan Welbeck bugar di saat yang bersamaan. Hal ini memang belum pernah terjadi sebelumnya, namun Wenger lebih melihatnya sebagai sebuah peluang ketimbang masalah.

“Welbeck dan Giroud dapat bermain di tengah secara bersama-sama atau terpisah. Welbeck juga bermain di salah satu sisi serangan ketika masih membela Manchester United,” ujar Wenger, masih kepada beIN Sport.

“Welbeck bermain di tim yang sama dengan Rooney dan Van Persie. Ia dapat bermain melebar.”

Daya jelajah tinggi adalah salah satu nilai jual terbaik Welbeck. Besar kemungkinan Wenger tidak akan memainkan Welbeck dekat dengan garis pinggir (karena sudah ada Walcott dan Alexis). Cedera yang dialami oleh Mesut Ozil bisa jadi membuat Wenger memainkan Welbeck sebagai penyerang lubang dan Giroud sebagai ujung tombak.

Strategi ini pernah dimainkan oleh Wenger di final Piala FA musim lalu, dengan Giroud dan Sanogo sebagai duet penyerang. Hasilnya, Arsenal yang pada awalnya kesulitan mengancam gawang Hull City mampu tampil lebih mengancam.

Taktik dan strategi apapun yang pada akhirnya dimainkan oleh Wenger ketika Giroud dan Welbeck sama-sama bugar toh masih akan menjadi misteri. Wenger belum menentukan dan Giroud sendiri belum benar-benar dapat bermain.

Komentar