Sejauh Mana China Melaju di Asian Games 2014?

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Sejauh Mana China Melaju di Asian Games 2014?

China selalu keluar sebagai pengumpul medali terbanyak Asian Games sejak 1990. Kedigdayaan Negara Tirai Bambu tersebut meningkat pada penyelenggaraan AG 2010 yang diselenggarakan di Guangzhou. Mereka berhasil mengumpulkan 199 medali emas.

Namun, negara berpenduduk terbanyak sedunia ini, masih kalah oleh Korea Selatan dan Jepang dalam cabang olahraga sepakbola.

China diprediksi akan mendominasi cabang olah raga renang, tenis meja, gymnastics, badminton, pada penyelenggaraan AG tahun ini, di Incheon, Korea Selatan. Namun nampaknya, mereka tak akan bisa berbuat banyak di atas lapangan hijau.

Perkembangan sepakbola China dianggap sudah tertinggal dibanding dua negara di atas. Kepala General Admininstration of Sports China, Liu Peng, mengatakan ada tiga olah raga “bola besar” yang memiliki massa yang banyak, salah satunya sepakbola, berkembang stagnan, bahkan mengalami kemunduran.

“Penggemar tak puas dengan hasil hebat yang China buat di cabang olahraga lain,” kata Liu Peng.

China memang belum beruntung. Tahun ini, mereka satu grup dengan Korea Utara dan Pakistan. Sementara tim perempuan mereka satu grup dengan Jepang, Yordania, dan Hongkong.

Pertandingan pertama menghadapi Korea Utara, Senin (15/9) kemarin, mereka dihajar 0-3 tanpa balas. Namun, menghadapi Pakistan, mereka diharapkan bisa meraup poin penuh.

Meskipun diprediksi mampu tampil hingga babak kedua, toh perjalanan China tak akan terlalu jauh. Setidaknya, mereka tak akan meraih emas dalam ajang olahraga ini.

Pada penyelenggaraan Piala AFC tahun depan, China bukanlah favorit juara. Mereka ada di belakang Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran, dan bahkan Uzbekistan serta Uni Emirat Arab.

Kami sempat menulis terkait permasalahan sepakbola China di sini.

Komentar