Tanpa Andrej Kramaric, Hoffenheim Melempem di Bundesliga

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Tanpa Andrej Kramaric, Hoffenheim Melempem di Bundesliga

Die Kraichgauer sedang mengalami paceklik poin sejak pekan keempat Bundesliga 1 2020/21. Penyebab utama tentu absennya sang bintang, Andrej Kramaric. Penyerang asal Kroasia tersebut absen sejak pekan keempat karena harus menjalani karantina usai positif terinfeksi COVID-19.

Sejak Kramaric tidak hadir di lini depan, pasukan Sebastian Hoeness hanya mampu memetik satu poin dari tiga Spieltag terakhir. Bersama Kramaric, Die Kraichgauer meraih enam poin dan sukses mencetak delapan gol (enam gol dicetak sang bomber), sedang tanpanya Hoffenheim hanya membuat dua gol.

Secara statistik, 60% gol Hoffenheim musim ini dicetak oleh Kramaric. Koleksi enam golnya juga hanya kalah dari top skor sementara Bundesliga, Robert Lewandowski. Angka-angka tersebut menunjukkan ketergantungan tim terhadap Kramaric.

Hoffenheim tentu akan senang menyambut kembali Kramaric dalam pertandingan pekan ketujuh kontra Wolfsburg, Senin (8/11) tengah malam. Bersama bek Kasmi Adams, Kramaric sudah dapat kembali tampil, meski besar kemungkinan hanya dari bangku cadangan.

Link streaming pertandingan VfL Wolfsburg vs TSG Hoffenheim

Musim lalu, Kramaric menjadi antagonis dalam ketidaklolosan Wolfsburg ke Europa League. Pada pekan terakhir, pemain yang mengidolakan Davor Suker itu berhasil memborong seluruh gol dalam kemenangan Hoffenheim kontra Borussia Dortmund. Di saat bersamaan Die Wolfe kalah 0-4 dari Bayern Muenchen. Quattrick tersebut membuat Hoffenheim menggusur Wolfsburg dari peringkat enam, alias tempat terakhir zona kompetisi Eropa.

Hoffenheim sebenarnya mampu membuktikan diri dapat meraih hasil positif meski tanpa diperkuat Kramaric. Di kancah Europa League, tanpa Kramaric, mereka selalu meraih kemenangan di tiga pertandingan perdana fase grup.

Munas Dabbur dapat menjadi solusi apabila Kramaric belum tampil sebagai starter. Striker asal Israel tersebut sudah mencetak empat gol dari tiga pertandingan terakhir Hoffenheim di semua ajang. Tetapi, tiga gol Dabour tercipta di Europa League dan hanya satu di Bundesliga.

Selaku pelatih, Sebastian Hoeness masih positif tentang performa anak asuhnya di Bundesliga. "Penampilan kami di Bundesliga sudah bagus. Kami akan meraih lebih banyak poin jika pertandingan berjalan lebih baik bagi kami. Di Gent, keberuntungan di pihak kami pada babak pertama. Kami juga perlu mewujudkan keberuntungan itu di Bundesliga,” sebut Hoeness.

Namun, Wolfsburg akan sulit dikalahkan. Bersama Bayer Leverkusen, Die Wolfe merupakan tim yang belum tersentuh kekalahan di Bundesliga musim ini. Terlebih, pertahanan mereka adalah yang terbaik setelah Borussia Dortmund. John Anthony Brooks dan kolega baru kebobolan empat gol sejauh ini.

Hoeness menambahkan, "Saya memperkirakan pertandingan yang sengit. Mereka belum pernah kalah dalam pertandingan Bundesliga tetapi mereka juga hanya menang sekali. Wolfsburg berada sedikit di atas kami dalam klasemen dan memiliki banyak pemain yang sangat kuat di barisan mereka. Mereka memiliki struktur yang baik dan solid. Mereka masih kurang memiliki sentuhan akhir di depan gawang. Ini akan menjadi sangat penting bagi kami untuk dapat melaksanakan tugas dari detik pertama.”

Terlepas dari pertahanan yang kuat, seperti kata Hoeness, Wolfsburg kurang tajam di depan gawang. Mereka baru mencetak lima gol. Hanya tim promosi Arminia Bielefeld (4) dan Schalke (3) yang belum menang di Bundesliga sejak Januari 2020 yang memiliki rekor lebih buruk.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar