Cetak 3 Asis untuk Dortmund, Giovanni Reyna Samai Rekor Steve Cherundolo

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Cetak 3 Asis untuk Dortmund, Giovanni Reyna Samai Rekor Steve Cherundolo 

Hattrick asis Giovanni Reyna dan dwigol Erling Braut Haaland bantu Borussia Dortmund kembali ke jalur kemenangan saat menekuk Freiburg 4-0 pada matchday ketiga Bundesliga 2020/21, Sabtu (3/10/2020) di Signal Iduna Park.

Reyna menjadi pemain pertama asal Amerika Serikat yang mampu menyumbang 3 asis dalam sebuah pertandingan di lima liga top Eropa sejak terakhir kali dilakukan Steve Cherundolo pada 2008 silam. Cherundolo mencatatkan rekor tersebut saat bermain untuk Hannover 96 di pekan terakhir Bundesliga 2007/08, kontra Energie Cottbus.

Gol pertama Dortmund lahir pada menit 31 yang bermula saat Marco Reus melakukan tekel krusial untuk memberikan bola kepada Reyna. Pemuda 17 tahun itu dengan jeli memberikan umpan terobosan kepada Haaland yang dengan klinis menaklukkan kiper Freiburg, Florian Muller.

Dortmund menggandakan keunggulan lewat peluang pertama di babak kedua via tandukan Emre Can memanfaatkan sepak pojok Reyna. Saat laga menunjukkan menit 66, Haaland mendapatkan gol keduanya usai menyambut umpan terobosan dari Reyna. Felix Passlack melengkapi kemenangan menjadi 4-0.

Highlight pertandingan Borussia Dortmund vs SC Freiburg

Reyna mendapatkan standing ovation saat ditarik keluar 10 menit jelang laga berakhir. Tiga asis tersebut membuat Reyna telah berkontribusi dalam 5 dari total 7 gol Die Borussen musim ini di Bundesliga (1 gol, 4 asis).

Sementara itu, Haaland telah mencetak 17 gol dari 18 penampilannya di Bundesliga. Rata-rata, penyerang 20 tahun asal Norwegia itu mencetak 1 gol tiap 57 menit. Ini brace kedua Haaland dari 2 laga terakhir Bundesliga.

Hasil ini membuat Dortmund memutus tren negatif kalah dalam dua laga sebelumnya. Tambahan 3 poin mendongkrak mereka ke posisi 3 klasemen sementara dengan koleksi 6 poin dari 3 laga.

"Setelah dua kekalahan kami harus memainkan permainan yang bagus hari ini. Kami bermain cukup baik dalam 30 menit pembukaan. Penting bagi kami untuk tetap bersabar. Ada level kualitas yang sangat tinggi dalam tim dan Anda bisa melihatnya hari ini juga. Sebelum hari ini, kami belum mencetak gol dari sepak pojok,” ungkap Emre Can usai laga.

“Sebelum pertandingan, saya memiliki perasaan yang baik dan saya senang dapat membantu tim dengan mencetak gol. Saya melihat bola datang ke arah saya dan ingin menyundulnya tujuan melawan arah lari. Itu berhasil dengan baik," tandasnya.

Sementara itu, ini membuat Freiburg menelan kekalahan pertama musim ini. Pasukan Christian Streich juga memperpanjang rekor tak pernah menang atas Dortmund dalam 19 laga terakhir. Dari 100 kekalahan Streich di Bundesliga, 13 di antaranya datang saat melawan Borussia Dortmund.

Susunan Pemain Inti

Dortmund (3-4-3): Marwin HItz; Emre Can, Matt Hummels, Manuel Akanji; Thomas Meunier, Jude Bellingham, Axel Witsel, Raphael Guerreiro; Marco Reus, Giovanni Reyna; Erling Haaland.

Freiburg (3-4-2-1): Florian Muller; Manuel Gulde, Philipp Lienhart, Dominique Heintz; Jonathan Schmid, Baptiste Santamaria, Nicolas Hofler, Christian Gunter; Roland Sallai, Lucas Holer; Nils Petersen.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar