Lewandowski Incar Gol ke-100 di Allianz Arena

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lewandowski Incar Gol ke-100 di Allianz Arena

Robert Lewandowski baru saja merengkuh gelar individu sebagai pemain terbaik Eropa 2020. Pencapaian tersebut bakal menambah kepercayaan diri sang striker jelang laga melawan Hertha Berlin pada gameweek 3 Bundesliga 2020/21 di Stadion Allianz Arena, Minggu (4/10).

Dalam dua pertandingan di ajang Bundesliga musim ini, pemain asal Polandia itu baru mencetak satu gol. Situasi ini sedikit berbeda dibandingkan musim 2019/20. Kala itu, dalam dua laga awal Lewandowski sukses menorehkan tiga gol.

Kendati demikian, gelontoran gol Lewandowski diprediksi akan bertambah pekan ini. Dalam dua pertemuan musim lalu melawan Die Alte Dame, ia selalu tercatat sebagai penyumbang gol. Apalagi, Lewandowski tergolong produktif di Allianz Arena.

Sejak bergabung bersama Die Roten pada 2014/15, eks penyerang Borussia Dortmund itu telah mencetak 163 gol untuk Bayern di ajang Bundesliga. Dari jumlah tersebut, 99 di antaranya dicetak di Allianz Arena. Lewandowski hanya membutuhkan satu gol tambahan untuk menggenapkannya menjadi 100 gol.

Di sisi lain, Bayern memiliki rekor tangguh atas Hertha. Dalam 77 pertemuan di seluruh kompetisi, Bayern menang 44 kali dan hanya menderita 12 kali kalah.

Link streaming Bayern Munchen vs Hertha Berlin

Menunggu Respons Bayern

Kekalahan dari Hoffenheim pekan lalu membuat rekor 23 kemenangan beruntun Die Roten terhenti. Tak hanya itu, meski menang melawan Dortmund di ajang DFL Super Cup, strategi garis pertahanan tinggi yang kerap diusung Hansi Flick terlihat mulai dapat diantisipasi lawan.

Selain melalui bola-bola panjang, tekanan dengan intensitas tinggi di area pertahanan Bayern juga bisa jadi pilihan Hertha Berlin. Jika mesti memilih, Matheus Cunha dan kawan-kawan bisa menerapkan opsi pertama.

Menurut statistik Whoscored, Hertha Berlin menjadi tim kedua yang membuat long balls terbanyak setelah Union Berlin dengan jumlah 69 per laga. Namun, jumlah itu akan percuma apabila hanya terjadi di daerah pertahanan sendiri. Dibutuhkan keberanian dengan berbagai pertimbangan jika umpan panjang ke area pertahanan lawan menjadi pilihan.

Sejauh ini, strategi long ball ke area pertahanan lawan bukanlah andalan Hertha. Jhon Cordoba dan kolega lebih banyak mengawali serangan dari lini tengah melalui umpan terobosan.

Jika masih menerapkan penampilan serupa, sulit rasanya bagi tim tamu untuk setidaknya mencuri poin di Allianz Arena. Apalagi Bayern memiliki rekor pertahanan solid lawan Die Alte Dame. Kiper sekaligus kapten Bayern, Manuel Neuer, tercatat 15 kali nirbobol ketika melawan Hertha Berlin.

Perkiraan Susunan Pemain

Bayern: Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Niklas Sule, David Alaba, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Serge Gnabry, Thomas Muller, Kingsley Coman; Robert Lewandowski.

Hertha Berlin: Alexander Schwolow; Peter Pekarik, Jordan Torunarigha, Dedryck Boyata, Maximilian Mittelstadt; Niklas Stark; Matheus Cunha, Lucas Tousart, Vladimir Darida; Jhon Cordoba, Dodi Lukebakio.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar