Prediksi Aston Villa vs Liverpool: Harapan The Villans pada Emi Martinez

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Aston Villa vs Liverpool: Harapan The Villans pada Emi Martinez

Lini pertahanan Aston Villa dalam kondisi ciamik jelang laga melawan Liverpool pada pekan keempat Premier League 2020/21, Senin (5/10) dini hari. Emi Martinez, kiper yang didatangkan musim ini dari Arsenal, berperan penting dalam membaiknya pertahanan Villa.

The Villans sukses menorehkan nirbobol dalam dua laga yang telah dijalani, masing-masing ketika bersua Sheffield United (1-0) dan Fulham (0-3). Hasil tersebut memperbaiki catatan mereka yang kebobolan lima gol di dua laga awal musim lalu.

Pada pertandingan melawan Sheffield United, Martinez melakukan penyelamatan krusial dengan menepis tendangan penalti John Lundstram. Selanjutnya, di laga kedua melawan Fulham, ia juga melakukan beberapa tepisan, di antaranya mementahkan sepakan keras Joe Bryan yang terarah.

Martinez sendiri memiliki catatan cukup baik ketika menjadi pelapis Bernd Leno di Arsenal. Dari sembilan laga Premier League yang dijalani bersama The Gunners musim lalu, ia menorehkan nirbobol tiga kali dan membuat 34 penyelamatan. Untuk ukuran kiper pelapis penampilannya terbilang cukup baik.

Salah satu performanya yang paling diingat adalah partai Community Shield melawan Liverpool. Martinez membuat tiga penyelamatan dalam laga tersebut, membantu Arsenal juara lewat adu penalti.

Sebagai penjaga gawang utama, Martinez diharap mampu membantu Villa mematahkan catatan buruk di awal musim. Sejak 1962/63, Aston Villa belum pernah meraup tiga kemenangan beruntun di kompetisi teratas sepak bola Inggris.

Pelatih Aston Villa, Dean Smith, mengaku senang melihat performa anak asuhnya belakangan ini. Secara pertahanan, katanya, Aston Villa mempunyai struktur yang sangat bagus.

Link streaming Aston Villa vs Liverpool

Liverpool Tanpa Sadio Mane

Di lain pihak, Liverpool dipastikan tidak diperkuat Sadio Mane. Penyerang berkebangsaan Senegal itu tengah menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif COVID-19. Situasi ini tentu merugikan di tengah performa apik Liverpool.

Mane sendiri memiliki catatan impresif saat menghadapi Aston Villa. Total, ia telah mencetak enam gol di ajang Premier League ke gawang The Villans, termasuk hat-trick tercepat yang ditorehkannya ketika masih berseragam Southampton.

Jurgen Klopp selaku pelatih pun mesti menentukan pengganti Mane di lini depan. Pilihan paling realistis yakni memasang Diogo Jota bersamaan dengan Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Kendati chemistry Jota-Salah-Firmino belum teruji, kontribusi eks penggawa Wolves itu sudah terasa bagi The Reds. Pada laga debutnya di Premier League, Jota membuat Klopp tersenyum lebar lantaran sukses menjaringkan gol ke gawang Arsenal.

Meski diliputi rasa optimisme, bukan berarti Jack Grealish dan kawan-kawan lebih diunggulkan. Performa Liverpool dalam dua musim terakhir, sebagaimana diungkapkan Dean Smith, terhitung luar biasa. Apalagi dalam tiga laga awal musim ini Liverpool menjadi tim dengan jumlah percobaan tembakan terbanyak (61 kali) di antara tim-tim lain. Melihat hal ini, Aston Villa mesti waspada.

Perkiraan Susunan Pemain

Aston Villa: Emi Martinez; Matthew Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Douglas Luiz, Conor Hourihane; Trezeguet, Jack Grealish, Ollie Watkins.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Diogo Jota, Roberto Firmino.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar