Bernd Leno Akhiri Catatan Kebobolan Arsenal di Anfield

Analisis

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Bernd Leno Akhiri Catatan Kebobolan Arsenal di Anfield

Kiper Arsenal, Bernd Leno, menjadi aktor penting lolosnya The Gunners ke perempat final Carabao Cup 2020/21 usai mengandaskan Liverpool di Stadion Anfield, Jumat (2/12/2020) melalui adu penalti. Penjaga gawang asal Jerman tersebut tampil apik dengan menorehkan tujuh penyelamatan.

Tak hanya itu, dalam adu tos-tosan, Leno juga menggagalkan dua penendang tuan rumah, Divock Origi dan Harry Wilson. Di antara para eksekutor Arsenal, hanya Mohamed Elneny yang gagal.

Hasil manis yang diperoleh anak asuh Mikel Arteta ini sekaligus membalas kekalahan di ajang Carabao Cup 2019/20. Saat itu, di babak 16 besar pula, Liverpool lolos ke perempat final usai menang adu penalti atas Arsenal. Kala itu pos kiper Meriam London ditempati oleh Emiliano Martinez yang saat ini memperkuat Aston Villa.

Sebelumnya, dalam sembilan pertemuan di Anfield sejak September 2012, Arsenal tak pernah sekali pun nirbobol. Kiper terakhir Arsenal yang mencatatkan clean sheet di Anfield adalah Vito Mannone saat menang 0-2 di ajang Liga Inggris.

Penampilan apik Bernd Leno malam tadi pun memutus rekor buruk tersebut. Tanpa mengesampingkan peran pemain lainnya, Mikel Arteta memuji mental dan fokus Leno selama pertandingan.

“Saya sangat senang dengan performa Bernd Leno dan karakter yang ditunjukkannya malam ini. [Dia] sangat membantu dalam membawa kami ke babak selanjutnya,” ucap Arteta dalam konferensi pers usai laga.

“Dia sangat stabil, dia pekerja keras, dia mempraktikkan rutinitasnya, dan saya rasa dia tidak terlalu peduli dengan yang terjadi di luar,” lanjutnya.

Dalam laga tersebut, Liverpool tampil mendominasi. Dari segi penguasaan bola, skuad arahan Jurgen Klopp unggul 56,5 persen berbanding 43,5 persen milik Arsenal. The Reds juga unggul jauh dari segi jumlah percobaan tendangan ke gawang (16 berbanding enam).

Kurang dari sepekan, Bernd Leno tampil dua kali sebagai starter melawan Liverpool di Stadion Anfield. Pada pertemuan pertama di ajang Premier League, Leno tak kuasa menahan gempuran tuan rumah dan gawangnya bobol tiga kali.

Meskipun dengan materi pemain berbeda, Leno seolah membuktikan jika performanya masih bisa diandalkan Arteta dalam segala situasi. Diogo Jota, pemain anyar Liverpool yang sebelumnya membobol gawangnya, tak mampu mengulanginya kali ini. Dua peluang Jota melalui sundulan dan sepakan ditepis Leno dengan gemilang.

Usai laga ini, Leno berharap pertandingan selanjutnya bisa dimenangkan timnya tanpa adu penalti. “Ini adalah pertandingan yang sulit. Kami melakukan beberapa perubahan, Anda bisa melihat filosofi serta niat kami untuk memenangkan laga,” tutur Leno kepada Sky Sports.

Arsenal lolos ke perempat final Piala Liga untuk kali keempat dalam lima musim terakhir. Selanjutnya, Arsenal akan bersua Manchester City. Pertemuan terakhir kedua tim di ajang Piala Liga Inggris terjadi di partai final pada Februari 2018 silam. Kala itu, Arsenal yang masih dinakhodai Arsene Wenger kalah 0-3.

Tayangan langsung semua pertandingan EFL Carabao Cup 2020/21 serta tayangan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar