Man City vs Watford: Rekor Buruk Menghadapi City Menghantui Watford

Analisis

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Man City vs Watford: Rekor Buruk Menghadapi City Menghantui Watford

Hasil yang diraih Manchester City di pekan kelima Liga Primer Inggris 2019/20 cukup mengejutkan. Anak asuhan Pep Guardiola secara mengejutkan kalah 2-3 dari tim promosi, Norwich City. Karena kekalahan tersebut, Man City tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen sementara, Liverpool.

Highlights Pertandingan Norwich City 3-2 Manchester City

Tidak butuh waktu lama bagi Sergio Aguero dan kawan-kawan untuk bangkit dari kekalahan. Bertandang ke markas Shakhtar Donetsk di match day 1 babak kualifikasi Liga Champions di tengah pekan lalu, Man City mampu mengalahkan sang tuan rumah tiga gol tanpa balas.

Akhir pekan ini Man City akan menjamu Watford di Etihad Stadium. Menjelang pertandingan ini, Guardiola mengisyaratkan kepada anak asuhannya, bahwa mereka harus segera melupakan kemenangan di Ukraina. Para pemain diharapkan langsung fokus kepada pertandingan menghadapi Watford agar tidak kehilangan poin lagi.

Link Streaming Gratis Manchester City vs Watford

Di atas kertas, Man City sangat diunggulkan bisa menang atas Watford. Meski sedang dalam kepercayaan diri tinggi pasca berhasil menahan imbang Arsenal di pekan kelima, Watfrod punya catatan buruk ketika menghadapi Man City.

Dari 10 kali pertemuan di Liga Primer, Watford tak pernah sekalipun mampu menang atas Man City (Delapan pertandingan kalah, dua pertandingan kalah). Bahkan pertemuan terakhir antara kedua kesebelasan di ajang Piala FA musim lalu, gawang Ben Foster dibobol enam gol oleh anak asuhan Guardiola.

Selain itu, gawang Watford selalu dibobol minimal dua gol atau lebih oleh Aguero dan kawan-kawan. Beban berat kembali hadir untuk Watford apabila melihat catatan hasil pertandingan Man City di enam laga terakhir ketika bermain di kandang. Dalam kurun waktu tersebut, City selalu mampu meraih kemenangan di semua ajang kompetisi.

Meski terbilang sukses membawa Watford mendapat satu poin ketika menghadapi Arsenal di pekan kelima, sang pelatih, Quique Sanchez Flores, tetap optimis dan juga tahu diri dengan keadaan timnya.

“Kami datang ke Manchester untuk meraih kemenangan, setidaknya mendapat poin. hal itu menjadi penting bagi kami yang ingin kembali ke papan atas seperti seperti di awal musim”, ungkap Sanchez Flores.

Menantikan kembali peran Fernandinho sebagai bek.

Kehilangan Aymeric Laporte dan John Stones yang mengalami cedera membuat Guardiola tak memiliki pilihan lain di bek tengah. Pelatih asal Spanyol tersebut langsung menurunkan Fernandinho untuk mengisi kekosongan posisi Laporte atau Stones.

Fernandinho yang diturunkan oleh Guardiola ketika menghadapi Shakhtar Donetsk merasa tak keberatan. Ia mengaku bahwa telah berlatih sebagai bek tengah dari awal musim.

“Dari awal musim saya sudah berlatih di posisi ini. Pep tahu segala tentang kondisi tim yang ia miliki.” ungkap pemain berusia 33 tahun tersebut.

Bersama Nicolas Otamendi, Fernandinho berhasil menjaga lini pertahanan City tak kebobolan di Ukraina. Berdasarkan data statistik WhoScored, Shaktar hanya mampu melepaskan enam tembakan, dan hanya satu yang tepat sasaran. Selain itu ia tercatat melakukan dua kali intercept.

Meski berposisi sebagai bek tengah, Fernandinho masih tetap berperan dalam membangun serangan. Tercatat di laga menghadapi Shakhtar pemain asal Brasil itu melakukan 84 kali sentuhan dan melakukan 80 kali operan. Ia menjadi pemain pertama ketika Man City membangun serangan dari lini pertahanan dalam sistem permainan Guardiola.

Sebelumnya Pep memang sudah mengatakan bahwa Fernandinho adalah pemain yang tepat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Laporte. Baginya pemain asal Brasil tersebut adalah pemain yang berpengalaman, pintar, dan cerdas.

Tentu menarik melihat bagaimana nantinya Fernandinho akan menghentikan serangan-serangan dari para pemain Watford yang memiliki kecepatan dan kemampuan dalam menggiring bola.

Pertandingan Man City vs Watford akan berlangsung pada Sabtu, 21 September 2019 pukul 21.00. Pertandingan ini dapat disaksikan secara langsung di TVRI dan Mola Mobile App, Mola Parabola, dan Mola Polytron Streaming.

Komentar