Siapa Olaus Skarsem yang Diincar Liverpool Itu?

Analisis

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Siapa Olaus Skarsem yang Diincar Liverpool Itu?

Sebuah kabar muncul dari Liverpool dan Rosenborg BK. The Reds dikabarkan tertarik dengan salah satu talenta yang dimiliki oleh Rosenborg, Olaus Jair Skarsem. Hal-hal apa saja yang dimiliki oleh Olaus Skarsem sehingga ia diminati oleh Liverpool, juga kesebelasan-kesebelasan Eropa lain?

Seperti dikabarkan oleh ESPN FC, Skarsem sekarang masih berstatus sebagai pemain dari Rosenborg 2 (Rosenborg U19). Meski masih berstatus sebagai pemain U19, ia sudah merasakan debut bersama tim utama Rosenborg pada musim 2016/2017. Ia disebut-sebut sebagai salah satu prospek terbaik yang dimiliki oleh Norwegia sekarang ini.

Dilabeli dengan istilah semacam itu, juga mendengar kabar ketertarikan klub-klub luar Norwegia terhadap dirinya, Skarsem tetap rendah hati. Ia menyebut bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang berada di luar dugaannya. Menurut Skarsem, yang terpenting bagi dirinya sekarang ini adalah tetap berkembang, tampil baik, dan fokus bermain di Rosenborg.

"(Ketertarikan ini adalah) sebuah hal yang aneh dan tak terduga. Namun di sisi lain hal ini menjadi motivasi bagi saya sendiri, sekaligus menunjukkan bahwa saya melakukan sesuatu yang benar selama ini, meski saya juga tidak tahu ketertarikan itu betulan atau tidak. Tidak banyak yang bisa saya katakan soal ketertarikan klub lain ini, meski menyenangkan memang dikait-kaitkan dengan klub besar," ujar Skarsem disitat dari ESPN FC.

"Tentu saja Liverpool adalah klub besar dengan sejarah yang kuat. Tawaran itu adalah hal yang menarik, tapi belum saya pikirkan betul-betul. Saya belum mendengar apapun, dan hal ini baru saya tahu dari artikel yang saya baca. Saya tidak hisa memikirkannya terlalu jauh. Saya masih harus fokus di Rosenborg," tambahnya.

Lalu, siapakan Olaus Jair Skarsem yang menarik perhatian dari klub-klub Inggris macam Liverpool, Everton, dan West Ham ini?

Seorang pemain tengah

Tidak banyak data yang bisa didapat mengenai Olaus Skarsem ini. Laman Transfermarkt hanya menyebut bahwa pemain ini adalah pemain kelahiran Norwegia, 2 Juli 1998, dengan data statistik yang mencatatkan bahwa pemain ini pernah tampil dalam ajang UEFA Youth League bersama Rosenborg U19 sebanyak empat kali dengan torehan satu asis, dan tampil di NM-Cup sekali bersama tim senior Rosenborg.

Laman itu juga menyebutkan bahwa Skarsem tercatat pernah menjadi bagian dari timnas Norwegia U18 pada 2016 silam. Debutnya bersama timnas U18 Norwegia ia jalani dalam pertandingan melawan Polandia U18 pada 26 Maret 2016 silam, dengan skor akhir 1-1. Total sudah tujuh laga yang ia jalani bersama timnas U18 Norwegia, tapi ia belum mencatatkan asis dan gol.

Secara posisi, Skarsem bermain sebagai pemain tengah. Ia biasa menghuni posisi gelandang tengah (central midfielder). Jika disandingkan dengan pemain yang ada di dalam skuat Liverpool sekarang, posisinya sama dengan posisi Georginio Wijnaldum, Emre Can, ataupun Jordan Henderson.

Sebagai pemain tengah, Skarsem memiliki pergerakan yang cukup baik dan juga kemampuan umpan yang mumpuni. Dalam laga melawan AIK Solna di atas, Skarsem tidak hanya terfokus di tengah. Ia juga rajin bergerak ke sayap, serta muncul dari second line untuk menyelesaikan peluang.

Dengan segala hal yang sudah Skarsem miliki ini, ia bisa saja bersaing dengan gelandang-gelandang muda lain dari Eropa. Tapi ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan Skarsem jika kelak ia memutuskan untuk merantau ke luar Norwegia.

Senasib dengan Odegaard?

Oleh beberapa media, Skarsem disebut-sebut sebagai salah satu talenta terbaik Norwegia setelah Martin Odegaard. Namun kita semua tahu apa yang terjadi kepada Odegaard. Akankah Skarsem mengalami hal yang serupa?

Odegaard sempat menghebohkan jagat sepakbola Eropa ketika Real Madrid merekrutnya dari Stromgodset. Memang mahar yang dikeluarkan tidak kelewat besar, hanya tiga juta paun saja. Namun gaji yang diterima Odegaard di Madrid terbilang cukp besar, yakni 80.000 ribu paun per pekannya.

Dengan segala ekspektasi tinggi yang dibebankan kepada pemuda yang saat itu masih berusia 16 tahun tersebut (Odegaard sekarang berusia 18 tahun), Odegaard pun tampak menjadi sedikit terbebani. Alih-alih berkembang, ia malah sulit bersaing, bahkan di tim Castilla sekalipun. Odegaard sekarang sedang dipinjamkan ke Heerenveen, demi mendapat jam terbang yang lebih banyak.

Odegaard, pemain asal Norwegia yang pernah mengguncang Eropa

Lalu, akankah Skarsem mengalami nasib yang sama seperti Odegaard?

Melihat jawaban dari Skarsem yang disitat oleh ESPN FC, terlihat bahwa Skarsem punya peluang yang lebih besar untuk bersinar jika dibandingkan dengan Odegaard. Usia yang lebih matang (19 tahun), dan juga pengalaman yang tidak kalah mumpuni (pernah tampil di UEFA Youth League dan timnas U18 Norwegia) membuat Skarsem punya bekal yang cukup untuk mengarungi ketatnya kompetisi Eropa.

Tapi memang harus banyak yang Skarsem pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi ke luar Norwegia, termasuk jika ia ingin pergi ke Liverpool. Selain berkaca kepada kisah para pemain muda lain, ia juga harus siap dengan rimba belantara kompetisi Eropa yang kadang bisa begitu kejam dan tidak berperikemanusiaan pada para pemain muda yang tidak siap fisik dan mentalnya.

foto: thisisanfield.com

Komentar