Pantaskah Ousmane Dembele Dihargai Sebegitu Mahal?

Analisis

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Pantaskah Ousmane Dembele Dihargai Sebegitu Mahal?

Pada musim 2016/2017, Ousmane Dembele hanya dikenal sebagai seorang pemuda dengan prospek cerah kala memutuskan pindah dari Stade de Rennes ke Borussia Dortmund dengan mahar 15 juta euro. Sekarang, ia mendadak menjadi pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar, yang pindah dari Barcelona ke Paris-Saint Germain dengan mahar 222 juta euro.

Kepergian Neymar dari Camp Nou menjadi sebuah tragedi tersendiri bagi Blaugrana. Setelah beberapa tahun menjadi bagian dari ketajaman trio Messi-Suarez-Neymar, atau kerap disingkat MSN, Neymar akhirnya memilih jalannya sendiri. Paris menjadi tujuan selanjutnya bagi pemain yang juga pernah membela Santos tersebut. Barca bersedih, sekaligus kelimpungan mencari pengganti dari Neymar.

Ada beberapa nama yang sempat diisukan menjadi pengganti Neymar. Nama Phillipe Coutinho sempat mencuat, sebelum akhirnya Barca menyerah untuk mengejar pemain asal Brasil tersebut karena Liverpool menolak melepas Coutinho. Pilihan pun akhirnya jatuh ke Ousmane Dembele, seorang pemuda asal Prancis yang moncer bersama Borussia Dortmund pada musim 2016/2017. Harga sebesar 105 juta euro (via Transfermarkt) adalah harga yang harus dibayarkan Barca untuk memboyong Dembele dari Westfalenstadion.

Melihat uang yang begitu banyak yang harus dibayarkan oleh Barca kepada Dortmund dalam pembelian Dembele ini, pertanyaan pun mencuat. Apakah Dembele pantas dihargai semahal itu?

Dembele, salah satu winger terbaik Eropa

Per musim 2017/2018, Barcelona tidak melakukan transfer yang terhitung gila-gilaan sebelum datangnya Dembele. Paulinho, Gerard Deulofeu, Nelson Semedo, dan Marlon masing-masing mereka datangkan dengan harga tidak lebih dari 40 juta euro (Paulinho yang termahal, yakni 40 juta euro). Lalu, Dembele pun datang dan ia dibeli dengan harga 105 juta euro.

Usia Dembele baru 20 tahun. Ia juga baru mengenyam kompetisi sepakbola profesional selama dua musim saja (semusim di Rennes dan semusim di Dortmund). Ia juga baru mencatatkan satu trofi, yaitu trofi DFB Pokal selama dua musim kariernya di sepakbola profesional. Namun Barca tidak ragu mengeluarkan uang banyak demi mendapatkannya. Ada hal-hal tertentu yang tampaknya membuat Blaugrana mau merekrut Dembele sedemikian mahalnya.

Kualitas dari Dembele sebagai winger, jika kita merunut penampilannya di Bundesliga pada musim 2016/2017 di Dortmund, bisa dibilang cukup baik. Semusim bermain di Bundesliga, Dembele berhasil menorehkan enam gol, 12 asis, dan 20 dribel sukses, unggul di atas pemain-pemain lain di Bundesliga. Ia juga kerap menciptakan kesempatan-kesempatan bagi rekannya di Dortmund, dengan total 63 kali chances created, tertinggi di antara winger Dortmund yang lain.

Di antara winger-winger yang ada di Eropa, Dembele pun merupakan salah satu yang terbaik. Dalam data yang ditelurkan oleh Opta, Dembele masuk ke dalam urutan keenam winger yang cocok menggantikan Neymar, dengan total kemiripan skor mencapai angka 4,38. Ia kalah jauh dari Coutinho di peringkat pertama yang menorehkan skor kemiripan 5,34, namun bisa dibilang merupakan pengganti yang pas untuk Neymar.

Jaminan masa depan Barcelona

Pemain muda adalah investasi yang baik untuk masa depan. Begitu juga dengan Ousmane Dembele yang masih berusia 20 tahun ini. Dengan asuhan yang tepat dan tidak salah, bisa jadi beberapa tahun ke depan ia akan menjadi bintang yang bersinar. Hal yang sama juga dialami oleh Neymar saat ia datang ke Barca beberapa tahun silam.

Memang jika dilihat dari catatan di atas, meski masuk sebagai salah satu winger yang pas untuk menggantikan Neymar, ia masih kalah saing dengan winger-winger lain macam Phillipe Coutinho, Dries Mertens, Eden Hazard, Douglas Costa, bahkan Lorenzo Insigne. Namun segala catatan yang ia torehkan ini ia guratkan ketika masih berusia 20 tahun.

Dengan segala torehan luar biasanya ini, Dembele dapat menjadi aset penting bagi Barcelona, kini dan nanti. Semua itu bisa terjadi dengan catatan ia diasuh dan dibimbing dengan baik, seperti halnya Neymar yang berkembang sedemikian rupa karena diasuh dengan benar oleh Barcelona.

***

Harga 105 juta euro memang adalah harga yang mahal, apalagi jika ia digelontorkan untuk pemain muda seperti seorang Dembele. Tapi jika melihat kualitas dari pemain yang sudah menorehkan caps pertamanya untuk timnas Prancis ini, bisa disebut pantas-pantas saja Barca menghargai Dembele dengan harga 105 juta euro.

Lagi pula, bukankah Barca membeli Dembele dengan uang hasil penjualan Neymar? Dengan cara seperti itu, maka neraca keseimbangan pembelian dan penjualan Barca di bursa transfer musim panas 2017/2018 pun akan tetap seimbang.

Komentar