Menanti Keseriusan Pemilik Baru AC Milan

Analisis

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Menanti Keseriusan Pemilik Baru AC Milan

AC Milan telah resmi terjual pada 13 April 2017 lalu kepada konsorsium Tiongkok yang diwakili oleh Rossoneri Sport Investment Lux. Hal ini tentu memunculkan harapan baru terhadap bangkitnya raksasa Italia tersebut baik secara finansial maupun prestasi. Kucuran dana melimpah dari pemilik baru diharapkan dapat membantu Milan mendapatkan para pemain terbaik agar kembali berprestasi.

Namun, keraguan tetap saja muncul terhadap sang pemilik baru Milan. Tak tanggung-tanggung, keraguan tersebut datang dari sosok pelatih yang pernah membawa Milan berjaya, Fabio Capello. Keraguan Capello ini mengacu terhadap lamanya proses akuisisi Milan. Ia membandingkan dengan Suning Group yang berhasil mengakuisisi Inter Milan hanya dalam beberapa minggu.

“Ini adalah batu loncatan pertama untuk membangun Milan yang memenangkan segalanya. Kita hanya bisa berharap pemilik baru memiliki sumber daya untuk bersaing dengan Spanyol, Jerman dan Inggris, ditambah Paris Saint-Germain,” ujar Capello kepada Sky Sports Italia seperti dikutip oleh Football-Italia.

“Namun, kelompok ini tampaknya tidak cukup kuat untuk bersaing di Eropa, jika mempertimbangkan dari berapa lama waktu mereka untuk mencapai penutupan [akuisisi]. Suning menutup [akuisisi] pada Inter dalam beberapa minggu, membuktikan mereka memiliki sumber daya yang penting dan dapat bersaing di tingkat Eropa. Kita masih harus menunggu dan melihat apa yang bisa dilakukan oleh pemilik Tiongkok.”

Keraguan dari seorang Capello ini tentu harus bisa segera dijawab oleh pihak pemilik baru Milan yang dipimpin oleh Yonghong Li. Jangan sampai nanti para milanisti (sebutan pendukung Milan) juga ikut meragukan mereka. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh sang pemilik baru Milan tersebut untuk menghilangkan keraguan terhadap mereka.

Memperpanjang Kontrak Para Pemain Andalan

Hal paling pertama harus segera dilakukan oleh pihak pemilik baru Milan adalah memperpanjang kontrak beberapa pemain andalan Milan yang segera berakhir. Setidaknya terdapat tiga nama pemain yang masuk ke dalam daftar pemain yang harus segera diperpanjang kontraknya.

Ketiga pemain tersebut adalah Gianluigi Donnarumma, Mattia De Sciglio dan Suso. Kontrak ketiga pemain tersebut akan berakhir pada Juni 2018 dan 2019. Ketiganya sudah mulai masuk ke dalam daftar incaran beberapa kesebelasan besar Eropa. Jika kontrak mereka tidak segera diperpanjang tentu resiko kehilangan akan semakin besar.

Terkhusus untuk Donnarumma dan Suso, keberhasilan memperpanjang kontrak mereka akan menjadi nilai lebih. Mengingat keduanya merupakan idola baru publik San Siro saat ini.

Tetap Mempercayakan Kursi Pelatih kepada Vincenzo Montella.

Setelah masa kepelatihan Massimiliano Allegri di Milan berakhir, para pelatih baru hanya diberikan kesempatan paling lama satu musim saja untuk melatih I Rossoneri. Kebiasaan ini harus segera dihentikan pada era Milan yang baru ini. Sebab, Milan tentu harus memulai selalu mulai dari awal lagi jika terus-menerus berganti pelatih.

Pemilik baru Milan harus tetap mempercayakan kursi pelatih Milan kepada Vincenzo Montella musim depan. Apalagi sebenarnya Montella cukup mampu membawa Milan bermain baik dengan pemain seadanya pada musim ini. Kepercayaannya terhadap pemain muda juga menjadi nilai lebih. Ia juga mampu sedikit demi sedikit mengubah mental bertanding Milan yang sempat bobrok dalam beberapa musim terakhir.

Sekarang yang dibutuhkan oleh Milan adalah konsistensi, hal yang masih belum bisa sepenuhnya diperbaiki oleh Montella. Namun, jika ia diberi waktu lagi setidaknya selama satu musim ke depan, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa diperbaikinya.

Mempertahankan Para Pemain Pinjaman yang Bermain Apik

Dalam beberapa tahun terakhir Milan memang terkenal sebagai kesebelasan yang suka meminjam para pemain. Jika pemain pinjaman tersebut bermain apik, mereka baru akan merekrutnya secara permanen. Contohnya pada proses perekrutan Zlatan Ibrahimovic yang dipinjam terlebih dahulu sebelum akhirnya dibeli secara permanen dari Barcelona.

Pada musim 2016/2017 ini, kebiasaan tersebut kembali dilakukan dan menghasilkan setidaknya dua nama pemain yang cukup mencuat dan pantas untuk mendapatkan kontrak secara permanen. Mario Pasalic dan Gerard Deulofeu adalah dua pemain tersebut. Keduanya tampil apik sepanjang musim ini bersama Milan.

Permainan apik keduanya membuat Chelsea ingin memulangkan Pasalic dan Barcelona akan merekrut kembali Deulofeu. Ini menjadi tugas berat bagi pemilik baru Milan untuk mencari cara agar bisa merekrut keduanya secara permanen. Apalagi untuk kasus Deulofeu, Barcelona dikabarkan cukup serius untuk membawa pulang alumni La Masia tersebut.

Kabarnya Milan akan berusaha mempertahankan keduanya terutama Deulofeu. Direktur olahraga Milan yang baru, Massimo Mirabelli dikabarkan akan melakukan kontak dengan pihak Barcelona untuk menegosiasikan transfer Deulofeu.

Membeli Para Pemain Bintang pada Musim Panas 2017

Hal yang paling diharapkan dari kedatangan konsorsium Tiongkok ini adalah dana yang melimpah pada jendela transfer musim panas 2017 mendatang. Milan memang butuh dana yang besar untuk membeli para pemain bintang agar bisa memperkuat skuat mereka.

Kebutuhan akan pemain bintang di Milan memang sangat penting. Bisa dikatakan sejak ditinggalkan para pemain seperti Zlatan Ibrahimovic, Gennaro Gattuso dan Clarence Seedorf, tidak ada lagi pemain bintang yang bermental juara di tim ini.

Kabarnya pihak konsorsium Tiongkok ini akan mengucurkan dana sebesar 100 juta euro untuk membeli pemain pada musim depan. Beberapa nama besar pun dikaitkan dengan Milan seperti Cesc Fabregas, Karim Benzema dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Benar atau tidaknya kabar tersebut akan terjawab pada musim panas mendatang. Jika benar, tentu ini menunjukkan bahwa pemilik baru Milan memang benar-benar serius dalam membangun era baru di kesebelasan pemilik tujuh gelar Liga Champions ini.

***

Keraguan yang muncul dari seorang Capello atau para milanisti tidak bisa disalahkan. Sebab, dengan proses akuisisi yang begitu panjang dan bahkan hampir gagal, wajar saja jika terbesit keraguan.

Namun, jika pemilik baru Milan mampu melakukan hal seperti yang disebutkan di atas atau yang lainnya untuk menunjukkan keseriusan mereka, keraguan tersebut bisa saja hilang seiring berjalannya waktu.

Foto: calciomercato.com

Komentar