Prediksi Barcelona vs Athletic Bilbao: Bilbao Akan Andalkan Sisi Kanan (Lagi)

Analisis

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Prediksi Barcelona vs Athletic Bilbao: Bilbao Akan Andalkan Sisi Kanan (Lagi)

Barcelona akan menjamu Athletic Bilbao di Camp Nou dalam lanjutan La Liga 2016/2017 jornada 21. Pertandingan ini akan dilangsungkan pada Sabtu (4/2) pukul 22.15 WIB. Ini akan menjadi pertemuan keempat kedua kesebelasan pada musim ini. Dengan rincian satu pertemuan di La Liga dan dua lainnya di Copa del Rey

Pada tiga pertemuan sebelumnya tersebut, Barcelona berhasil unggul dengan dua kemenangan dan Bilbao hanya bisa menang satu kali saja. Laga keempat di antara kedua kesebelasan musim ini mempunyai arti yang sangat penting bagi keduanya. Hal ini dikarenakan keduanya, baik Barcelona maupun Bilbao sedang membutuhkan kemenangan.

Bagi Barcelona, kemenangan berarti asa mereka untuk meraih gelar juara La Liga tetap terbuka. Mengingat saat ini kesebelasan asal Catalan ini sedang tertinggal empat poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen dan masih mempunyai satu pertandingan tunda. Sedangkan bagi Bilbao, kemenangan berarti kesempatan mereka untuk masuk ke zona Eropa semakin besar.

Barcelona Tak Terkalahkan Sejak September 2016

Menjelang laga melawan Bilbao ini, Barcelona mempunyai modal yang cukup bagus. Sepanjang musim ini, anak asuh Luis Enrique ini belum pernah merasakan kekalahan di kandang sejak September 2016 pada semua kompetisi. Ketika itu secara mengejutkan mereka harus mengakui keunggulan Alaves dengan skor 1-2.

Dengan keperkasaan mereka saat bermain di depan pendukungnya sendiri ini, Barcelona bisa menjalani pertandingan dengan kepercayaan diri tinggi. Apalagi rekor sang lawan saat bermain tandang tidak begitu baik musim ini. Bilbao hanya mampu meraih tiga kemenangan tandang saja sepanjang musim ini di semua kompetisi.

Mental Lionel Messi dkk juga sudah membaik setelah berhasil mengalahkan Atletico Madrid di Copa del Rey Kamis (2/2) lalu. Kemenangan ini menjadi obat penawar atas insiden gol hantu dan buruknya penampilan mereka saat ditahan imbang oleh Real Betis pada jornada 20 La Liga.

Barcelona tentu ingin melanjutkan hasil positif ini pada pertandingan ini. Ditambah lagi akan kemungkinan sembuhnya dua pemain andalan mereka di lini tengah, Andres Iniesta dan Sergio Busquets. Walaupun belum pasti bisa bermain sebagai pemain inti, setidaknya dengan kehadiran kedua pemain tersebut, Enrique akan memiliki banyak alternatif di lini tengah.

Ketajaman Luis Suarez dan Lionel Messi juga akan menjadi jaminan bagi Barcelona untuk menjaga keangkeran Camp Nou dari para lawan. Saat ini Suarez dan Messi sedang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak La Liga. Suarez pada posisi pertama dengan 16 gol, sedangkan Messi berada tepat di bawahnya dengan 15 gol.

Serangan dari Sayap Kanan Bisa Diandalkan oleh Athletic Bilbao

Barcelona memang sangat tangguh saat bermain di kandang. Namun, hal itu bukan berarti membuat Bilbao tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk meraih kemenangan atau paling tidak mendapatkan hasil imbang.

Ada satu kekuatan yang dimiliki oleh anak Ernesto Valverde yang harus dimaksimalkan dengan baik yaitu serangan dari sisi sayap kanan. Sepanjang musim ini, Bilbao cukup sering menyerang lawannya melalui sayap kanan. Berdasarkan data whoscored, sebanyak 44% serangan kesebelasan asal Bosque ini dilakukan dari sayap kanan.

Persentase tersebut bahkan semakin besar jika yang dilihat hanya serangan yang mereka lakukan pada saat tandang saja. Pada saat melakoni laga tandang, Aritz Aduriz dkk mencatatkan serangan dari sayap kanan sebesar 46%. Statistik tersebut tentu bisa menjadi gambaran bagaimana dominannya mereka pada sayap kanan.

Dalam tiga pertemuan sebelumnya mereka dengan Blaugrana (julukan Barcelona), tiga gol yang berhasil dilesakkan oleh Bilbao, semuanya berasal dari serangan sayap kanan. Hal ini tentu bisa menjadi modal yang bagus bagi Bilbao dalam misi mereka meraih poin di kandang Barcelona. Asalkan para pemain Bilbao mampu memaksimalkan kekuatan yang mereka miliki tersebut untuk mengobrak-abrik lini pertahanan Barcelona.

Keberadaan Inaki William di posisi sayap kanan menjadi salah satu alasan tangguhnya serangan Bilbao dari sisi tersebut. Pemain berusia 22 tahun ini tampil cukup impresif musim ini. Ia sudah mempersembahkan dua gol dan lima asis bagi Bilbao. Dengan jumlah lima asis tersebut, ia menjadi pengoleksi asis terbanyak di Bilbao. Pergerakan dan umpan-umpannya dari sayap kanan tentu sangat dibutuhkan oleh Bilbao pada pertandingan ini untuk membongkar lini belakang El Barca.

Kesimpulan

Dengan bermain di depan publik sendiri, Barcelona tentu lebih diunggulkan pada pertandingan ini. Ditambah lagi dengan fakta bahwa mereka baru satu kali merasakan kekalahan di kandang yaitu pada September 2016 lalu. Ketajaman Luis Suarez dan Lionel Messi akan menjadi senjata utama Barcelona untuk memenangi laga ini.

Namun, Bilbao bukan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk meraih poin di pertandingan ini. Jika mampu memaksimalkan kekuatan mereka yang bertumpu pada serangan sayap kanan, bukan tidak mungkin Los Leones (julukan Bilbao) akan mengejutkan pada laga ini. Kuncinya terletak pada penampilan gelandang sayap kanan mereka, Inaki William. Jika ia tampil bagus, Bilbao tentu bisa berharap lebih untuk pertandingan ini.

Foto: skysports.com

Komentar