Preview Swansea vs Liverpool: Adu Kekuatan di Lini Tengah

Analisis

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Football Analyst | Promising Sports Brand Strategist | Liverpool #YNWA

Preview Swansea vs Liverpool: Adu Kekuatan di Lini Tengah

Memasuki tahun 2015, Liverpool berhasil memperbaiki permainan mereka. Liverpool belum terkalahkan di Liga Inggris pada tahun 2015 yang membuat posisi mereka meningkat dari peringkat ketujuh hingga kelima. Jarak mereka kini dengan peringkat keempat hanya 5 poin dengan masih menyisakkan satu pertandingan lebih.

Namun kali ini mereka harus bermain tandang melawan Swansea. Jika melihat catatan pertemuan kedua tim Liverpool mungkin akan diunggulkan. Dari enam pertemuan terakhir kedua tim, Liverpool berhasil menang 4 kali dan imbang 2 kali. Swansea juga sedang dalam performa yang kurang stabil setelah pekan lalu mereka harus tumbang dari Tottenham Hottspurs 3-2. Hanya saja Liverpool juga tidak bisa mengganggap remeh karena Swansea sempat menjungkalkan Manchester United 2-1 beberapa pekan lalu.

Liverpool masih harus mengalami masalah cedera yang diderita beberapa punggawanya. Lucas Leiva masih belum bisa dimainkan akibat belum pulih dari cedera. Begitu pula dengan pemain muda berbakat mereka, jordon Ibe.

Meski Liverpool juga cukup lega dengan kembalinya dua gelandang mereka, Joe Allen dan Steven Gerrard dari cedera. Selain itu, Mamadhou Sakho dan Martin Skrtel yang sempat mengalami cedera pun sudah siap untuk dimasukkan ke dalam susunan pemain Brendan Rodgers.

Di kubu tuan rumah, Swansea tidak banyak kehilangan pemainnya. Hanya bek tengah, Kyle Bartley, yang tengah mengalami cedera dan tidak bisa bermain pada pertandingan kali ini. Namun kehilangan Bartley pun sepertinya tidak akan membuat pusing Gary Monk. Pasalnya, dua bek tengah andalan mereka, Ashley Williams dan Federico Fernandez, siap bermain.

Liverpool akan tetap mempertahankan pola permainan yang telah membuatnya bangkit musim ini. Dengan formasi 3-4-3, Rodgers akan mengandalkan trio Daniel Sturridge, Raheem Sterling, dan Coutinho di depan. Ketiga pemain ini akan ditugaskan untuk terus mencari ruang pada celah antar lini Swansea.

Sedangkan di lini tengah, Brendan Rodgers akan tetap mengandalkan Jordan Henderson yang mungkin akan berpasangan dengan Joe Allen. Kedua pemain inilah yang akan mengatur aliran bola Liverpool sebelum masuk ke area pertahanan Swansea.

Sedangkan di kubu Swansea, mereka kemungkinan akan kembali memainkan formasi 4-3-3 yang mereka peragakan saat melawan Tottenham pekan lalu. Formasi ini akan menempatkan Jack Cork sebagai gelandang bertahan, serta Jonjo Shelvey dan Ki Sung-Yueng sebagai gelandang yang bermain lebih menyerang.

Tidak hanya ketiga gelandang, lapangan tengah Swansea jugan akan diisi oleh Gylfi Sigurdsson Jefferson Monteron yang akan berdiri lebih ke belakang dari penyerang tengah Bafetimbi Gomis.

Dengan kondisi ini, otomatis posisi Liverpool di lapangan tengah akan terancam. Pasalnya, mereka hanya mempunya dua gelandang di wilayah ini. Sedangkan Swansea memiliki lebih dari 3 pemain yang akan aktif bergerak di posisi ini.

Ditambah lagi, posisi Sigurdsson dan Montero yang lebih ke belakang, serta posisi ketiga gelandang Swansea yang tidak sejajar, membuat Swansea memiliki lebih dari 4 lini permainan. Hal ini akan membuat jarak antar lini permainan Swansea yang lebih sempit. Padahal, jarak antar lini permainan lawan lah yang selalu dicari oleh para penyerang Liverpool untuk membuka peluang menciptakan gol.

Dengan kondisi ini, Liverpool kemungkinan akan lebih mengandalkan serangan dari sisi sayap. Dengan banyaknya pemain Swansea yang berada di sisi tengah, akan membuat area sayap mereka sedikit longgar. Liverpool akan mengandalkan daya gedor kedua fullback mereka, Alberto Moreno dan Lazar Markovic. Selain itu, Liverpool juga masih memliki Emre Can yang mampu mengatur serangan Liverpool ketika Henderson dikunci oleh lawan.

Pertandingan ini akan sangat penting bagi Liverpool, mengingat Arsenal dan Manchester United yang tengah mereka kejar di posisi 3 dan 4 sudah lebih dulu meraih kemenangan pada pekan ini. Mereka harus tetap menempel ketat kedua tim ini. Pasalnya setelah melawan Swansea mereka akan berhadapan dengan Manchester United, dan kemudian Arsenal. Maka, kesempatan mereka untuk menggeser posisi kedua tim ini, akan terbuka jika mereka berhasil meraih 3 poin pada pertandingan kali ini.

Komentar