Preview Manchester United vs Arsenal: Adu Serang di Old Trafford

Analisis

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Football Analyst | Promising Sports Brand Strategist | Liverpool #YNWA

Preview Manchester United vs Arsenal: Adu Serang di Old Trafford

Babak perempat final Piala FA menyajikan satu pertandingan big match antara Manchester United melawan Arsenal. Arsenal memiliki catatan yang kurang baik saat melawan Manchester United di Old Traffold. Sejak tahun 2006, mereka belum pernah memenangkan pertandingan di kandang MU. Yang terburuk tentu saja saat mereka dikalahkan MU dengan skor telak, 8-2, di Old Traffold tahun 2011.

Arsenal bisa sedikit bernafas lega akibat tidak bisa tampilnya penyerang Manchester United yang merupakan mantan pemain Arsenal, Robin Van Persie. Pemain tim nasional Belanda ini masih harus absen akibat cedera yang dideritanya. Meskipun Arsenal juga harus kehilangan beberapa pemainnya seperti Mikel Arteta, Jack Wilshere, Mathieu Flamini, dan Mathieu Debucy yang juga mengalami cedera.

Namun sepertinya, manajer Manchester United tidak terlalu menganggap serius pertandingan Piala FA ini. Van Gaal lebih memilih untuk berkonsentrasi menjaga posisi mereka di papan klasemen ketimbang Piala FA.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan BBC, Van Gaal mengatakan, “Bagi kami, mengakhiri liga dengan posisi 4 besar adalah satu hal yang harus dicapai. Jika kami memenangkan FA Cup, kami belum tentu masuk ke Liga Champions. Kami hanya mendapatkan gelar juara. Tentu saja menjadi juara juga merupakan satu hal yang luar biasa, tapi tugas utama kami adalah untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions.”

Meski begitu, bukan berarti Manchester United akan melepas begitu saja pertandingan ini. Penyerang andalan mereka, Wayne Rooney, mengatakan bahwa trophy Piala FA juga merupakan satu hal yang penting untuk diraih.

“Kami belum kembali lagi ke final dalam beberapa tahun terakhir, kami ini mencoba untuk memenangkan pertandingan ini dan melaju ke babak selanjutnya. Tentu saja ini juga merupakan trophy yang besar. Ini Trophy yang menjadi impianku saat remaja. Aku senang melihat Everton meraih trophy ini pada tahun 1995, ketika aku masih 9 tahun. Aku harap aku bisa meraihnya tahun ini.” Kata pemain Manchester United, Wayne Rooney.

Rooney sendiri telah berhasil mencetak 7 gol dalam 8 pertandingan Piala FA terakhirnya. Ditambah lagi, performa penyerang tim nasional Inggris ini juga sedang dalam kondisi prima. Peningkatan performa ini terjadi akibat Rooney dikembalikan ke posisi yang menjadi kesukaannya, yaitu penyerang.

Sebelumnya, kehadiran Falcao dan Van Persie membuat Rooney harus sedikit dimundurkan menjadi gelandang serang. Namun dalam dua pertandingan terakhir Rooney kembali dipasang sebagai penyerang. Dua gol pun berhasil disarangkannya saat melawan Sunderland dua pekan lalu.

Di sisi lain, penyerang Arsenal asal Perancis, Olivier Giroud, juga dalam performa yang menanjak. Penyerang berusia 28 tahun ini berhasil mencetak 7 gol dalam 10 pertandingan terakhirnya. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian bagi Manchester United agar tidak kecolongan gol saat pertandingan nanti malam.

MU-arsenal buat web

Komentar