On This Day 2009, Panggil Dia "Doctor Special One"!

Backpass

by redaksi

On This Day 2009, Panggil Dia "Doctor Special One"!

Tahukah Anda jika Jose Mouriho merupakan seorang Doctor Honoris Causa?

Mourinho mendapatkan gelar tersebut dari Technical University, Lisbon pada 23 Maret 2009. Penghargaan ini diberikan kepada Mou atas karir profesionalnya menjadi manajer yang terhitung sangat sukses.

Sekitar 20 tahun sebelum penghargaan tersebut, The Special One memang alumni dari universitas ini. Ia lulus sebagai sarjana Sports Science. Semasa awal kuliah, ibu Mourinho lebih menginginkan putranya masuk jurusan Bisnis dan Administrasi. Tapi Mourinho langsung memutuskan cabut di hari pertamanya kuliah dan pindah ke Sport Science.

Setelah lima tahun di bangku kuliah dan lulus, ia mengambil tawaran beasiswa kepelatihan dari FA Inggris dan Skotlandia. Ilmu kepelatihannya mulai ia gunakan untuk menangani tim kampung halamannya, Vitoria de Setubal.

Selanjutnya ia melanglang buana sebagai asisten manajer di Sporting CP (1992-1993), FC Porto (1993–1996), Barcelona (1996–2000), hingga kemudian pertama kali menjadi pelatih di Benfica pada musim 2000 silam. Setelah itu ia memulai karier sebagai pelatih dan melanglangbuana ke berbagai negara untuk melatih kesebelasan-kesebelasan top Eropa.

Komentar