Catatan Liga 1 Pekan Kesepuluh: Tren Negatif Persija Hingga Kemenangan Perdana Persib di Kandang

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Catatan Liga 1 Pekan Kesepuluh: Tren Negatif Persija Hingga Kemenangan Perdana Persib di Kandang

Liga 1 pekan kesepuluh ditutup dengan kemenangan PSM Makassar atas Persis Solo. Beberapa tim menunjukkan tren negatif sedangkan ada tim yang masih cukup konsisten.

Hasil-hasil di pekan kesepuluh akan membuat pekan kesebelas sangat layak dinantikan. Pasalnya, bagi pelatih yang tidak segera mengangkat performa timnya, harus bersiap-siap untuk angkat kaki. Di sisi lain, pelatih yang saat ini timnya berada di papan atas harus terus mencari cara agar timnya tetap tampil konsisten dan meramaikan perburuan gelar juara meski masih sangat jauh.

Kami telah mencatat hal-hal menarik yang terjadi di pekan kesepuluh. Berikut catatannya:

Kekalahan Kelima Beruntun Persita

Persita Tangerang takluk atas Borneo FC dengan dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Segiri pada Jumat (25/8/2023). Kekalahan tersebut membuat tim berjuluk Pendekar Cisadane itu menelan kekalahan kelima secara beruntun yang menjadi rekor kekalahan beruntun terbanyak Liga 1 sejauh ini.

Persita pun kini berada di peringkat lima belas dengan raihan sepuluh poin. Di pekan kesebelas, mereka akan menjamu sang pemuncak klasemen Madura United di Stadion Indomilk Arena.

Borneo FC Belum Terkalahkan di Tujuh Pekan Terakhir

Kemenangan atas Persita Tangerang dengan skor 2-1 di pekan kesepuluh membuat Borneo FC menjadi tim yang belum terkalahkan sejak pekan keempat. Satu-satunya kekalahan Pesut Etam terjadi pada pekan ketiga ketika mereka takluk atas Persis Solo dengan skor 1-2 di Stadion Manahan (15/7/2023). Hal itu membuat Borneo menjadi satu-satunya tim yang baru menelan kekalahan satu kali hingga pekan kesepuluh.

Saat ini, Borneo menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 19, selisih satu poin dari Madura United yang menempati posisi puncak.

Tren Negatif Persija

Penampilan Persija Jakarta di empat pekan terakhir menuai sorotan. Pasalnya, anak asuh Thomas Doll hanya meraih dua poin. Di pekan kesepuluh, mereka takluk atas tuan rumah Dewa United dengan skor 2-0 di Stadion Indomilk Arena pada Jumat (25/8/2023).

Menanggapi kekalahan itu, Doll menyoroti lini depan Macan Kemayoran yang menurutnya menjadi masalah utama.

"Ini sama seperti di pertandingan sebelumnya. Walaupun mereka main dengan hati saya merasa tidak ada kekuatan di depan. Ini masalah utama kami saat ini. Banyak yang kurang berani satu lawan satu. kita bisa saja cetak gol, tapi kurang tenaga, keberanian. Kami harus tunjukkan bahwa bisa cetak gol. Ini yang tidak saya rasakan," ujar pelatih asal Jerman itu dilansir dari situs resmi LIB. Doll harus segera menemukan solusi di lini depan timnya karena di pekan kesebelas, mereka akan menjamu Persib Bandung.

Kemenangan Pertama Persib di Kandang

Persib Bandung berhasil mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (26/8/2023). Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Maung Bandung itu di laga kandang. Sebelumnya, mereka selalu meraih hasil seri jika bermain di kandang sendiri.

Kemenangan ini sekaligus membuat Bojan Hodak meraih kemenangan keduanya, hal yang cukup positif untuk menghadapi Persija Jakarta di pekan kesebelas. Dengan tiga poin tambahan, Persib sementara berada di peringkat sebelas dengan raihan empat belas poin.

Kemenangan Perdana Arema

Setelah sembilan pekan tanpa satu pun kemenangan, Arema FC akhirnya meraih poin sempurna di pekan kesepuluh di bawah pelatih baru mereka Fernando Martins Valente. Gol tunggal Dedik Setiawan di menit 30` membawa Singo Edan menaklukkan Persikabo 1973.

Kemenangan ini membuat Arema mengoleksi enam poin dan berada di posisi tujuh belas klasemen sementara. Mereka terpaut dua poin dari Persikabo yang berada di peringkat enam belas, dan terpaut empat poin dari Persita Tangerang di posisi lima belas.

Komentar