Catatan Pekan Kesembilan Liga 1: Hattrick Kemenangan Uston, Elang Jawa Tampil Gemilang, Hingga Kemenangan Pertama Hodak

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Catatan Pekan Kesembilan Liga 1: Hattrick Kemenangan Uston, Elang Jawa Tampil Gemilang, Hingga Kemenangan Pertama Hodak

Pekan kesembilan Liga 1 ditutup dengan kemenangan Persib Bandung atas PSIS Semarang. Sementara itu, Aji Santoso menjalani debut yang kurang baik dan di sisi lain Persebaya tampil gemilang bersama Uston Nawawi.

Kami telah merangkum hal-hal menarik yang terjadi di pekan kesembilan.

Hattrick Kemenangan Uston Nawawi

Caretaker Persebaya Surabaya, Uston Nawawi, berhasil memberikan tiga kemenangan beruntun bagi Bajul Ijo. Di pekan kedelapan, Reva Adi dkk. mampu mengalahkan PSM Makassar di Gelora Bung Tomo dengan skor 1-0 pada Jumat (18/8/2023). Gol semata wayang Bajul Ijo dicetak oleh Song Ui-young pada menit 9`.

Dua pekan sebelumnya, Uston berhasil membuat Persebaya mengalahkan Bhayangkara Presisi Indonesia FC dan Persita Tangerang. Merujuk rilis resmi Persebaya, sebelum memperkenalkan pelatih baru pada awal September, Uston akan tetap menjadi caretaker di laga tandang menghadapi PSS Sleman (26/8/2023) dan laga kandang menjamu Borneo FC (3/9/2023).

"Proses negosiasi kami dengan calon pelatih kepala berjalan dengan baik. Ada beberapa opsi yang terus kami finalisasi. Insyallah head coach baru Persebaya akan kami umumkan di awal September,” kata manajer Persebaya Yahya Alkatiri dilansir dari situs resmi klub.

Elang Jawa Tampil Gemilang

Setelah kalah dari Persija Jakarta di Maguwoharjo pada pekan keenam, PSS Sleman tampil menggila. Setelah Persikabo 1973 dan Bhayangkara menjadi korban di pekan ketujuh dan delapan, Elang Jawa kembali berhasil meraih poin penuh kala melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena.

Di babak pertama, PSS unggul melalui gol Jihad Ayoub pada menit 26` dan Ricky Cawor pada menit 42`. Namun, di babak kedua, Persita sempat berhasil menyamakan kedudukan melalui dua gol Ramiro Fergonzi pada menit 49` dan 64`. Riki Dwi Saputro membuat PSS kembali unggul pada menit 71; melalui sundulan dengan memanfaatkan sepakan pojok. Hasil ini sekaligus membuat Pendekar Cisadane menelan kekalahan empat kali beruntun.

Dengan hasil ini, PSS mengoleksi 15 poin dan berada di posisi lima klasemen sementara.

Madura Kokoh di Puncak dan Debut Pahit Aji Santoso

Madura United berada di puncak klasemen pekan kesembilan setelah berhasil mengalahkan Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (19/8/2023) dengan skor 3-0. Gol laskar Sapeh Kerab dicetak oleh Fransisco Rivera di menit 41` dan 60` dan Malik Risaldi pada menit 71`. Dengan kemenangan ini, Madura mengoleksi 19 poin, terpaut dua poin dari Barito Putera yang menguntit di posisi dua.

Kemenangan Madura ini sekaligus membuat Aji Santoso mencatatkan debut tidak ideal. Aji langsung ditunjuk menjadi pelatih Persikabo setelah resmi berpisah dengan Persebaya Surabaya. Uniknya, keputusan manajemen Persebaya mengistirahatkan Aji diambil setelah Bajul Ijo kalah dari Persikabo di Gelora Bung Tomo pada pekan keenam.

Gustavo Tajam, Tapi Arema Masih Tanpa Kemenangan

Striker Arema FC Gustavo Almeida mencetak dua gol kala timnya menahan imbang Persija Jakarta dengan skor 2-2 pada pekan kesembilan. Striker asal Brasil itu pun menjadi top skor sementara Liga 1 dengan sembilan gol.

Namun demikian, Singo Edan masih tanpa kemenangan. Hasil seri melawan Persija tersebut menjadi hasil seri ketiga bagi Arema dan saat ini mereka berada di posisi juru kunci dengan koleksi tiga poin.

Kemenangan Pertama Hodak

Setelah hanya meraih dua hasil seri dan satu kekalahan, Bojan Hodak akhirnya membawa Persib Bandung meraih kemenangan. Maung Bandung berhasil mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang yang bermain hanya dengan sembilan orang pada menit 77 dengan skor 2-1.

Persib unggul terlebih dahulu lewat gol tendangan penalti Marc Klok di menit 24`. Klok dkk. makin diuntungkan saat PSIS bermain dengan sepuluh orang setelah Luthfi Kamal mendapat kartu merah di menit 43`. Namun, PSIS berhasil menyamakan kedudukan di menit 57` melalui gol Gali Freitas.

Persib makin diuntungkan karena pada menit 77`, penjaga gawang Mahesa Jenar Adi Satryo juga mendapat kartu merah. Gol kemenangan Persib datang di babak tambahan waktu dan lagi-lagi melalui titik putih. Klok kembali menjalankan tugas dengan baik dan membawa tiga poin bagi Persib.

Komentar