Catatan Pekan Kedelapan Liga 1: Kemenangan Kedua Persebaya Bersama Uston Nawawi Hingga Arema FC yang Masih Tanpa Kemenangan

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Catatan Pekan Kedelapan Liga 1: Kemenangan Kedua Persebaya Bersama Uston Nawawi Hingga Arema FC yang Masih Tanpa Kemenangan

Liga 1 pekan kedelapan telah usai. Dua puluh tujuh gol tercipta dari sembilan pertandingan. Beberapa hal menarik pun terjadi dan kami telah merangkumnya di bawah ini.

PSM: Pengoleksi Kartu Merah Terbanyak

Hingga pekan kedelapan, PSM Makassar menjadi tim yang paling banyak mengoleksi kartu merah paling banyak, yakni empat kali.

Pemain terakhir Juku Eja yang diusir wasit dari lapangan adalah Safrudin Tahar pada laga tandang melawan Bali United, Jumat (11/8/2023).

Daftar pemain PSM yang terkena kartu merah adalah sebagai berikut:

Erwin Gutawa (vs Dewa United: pekan kedua)

Dzaky Asraf (vs Persikabo 1973: pekan ketiga)

Victor Dethan (vs Persita: pekan ketujuh)

Safrudin Tahar (vs Bali United: pekan kedelapan)

Kemenangan Kedua Persebaya Bersama Uston Nawawi

Di bawah asuhan Uston Nawawi, Persebaya meraih dua kemenangan beruntun. Setelah mengalahkan Bhayangkara Presisi Indonesia di pekan ketujuh, Reva Adi dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Persita Tangerang di pekan kedelapan, sekaligus menjadi kemenangan kandang pertama mereka musim ini.

Dua kemenangan beruntun ini cukup impresif mengingat posisi Uston yang sebenarnya menjadi pelatih sementara karena Aji Santoso diistirahatkan oleh manajemen. Sementara itu, pada Senin (14/8/2023), Persebaya resmi berpisah dengan Aji. Dalam rilisnya, Persebaya sudah menawarkan beberapa posisi kepada Aji setelah diistirahatkan sebagai pelatih, namun mantan pelatih timnas itu menolaknya.

Hal menarik lain yang terjadi di sisi kepelatihan adalah pasca diistirahatkannya Aji, Persebaya merekrut analis, yakni Rochmat Setiawan. Adanya mantan analis Timnas U-19 tersebut tentu membantu tim pelatih dalam mengambil keputusan dalam pertandingan.

Hodak Belum Sumbang Kemenangan

Bojan Hodak belum bisa memberikan kemenangan bagi Persib Bandung di pertandingan ketiganya. Pada pekan kedelapan, Persib harus ditahan tim tamu Barito Putera di Gelora Bandung Lautan Api dengan skor 1-1.

Persib sempat unggul melalui gol cantik Levy Madinda pada menit 41`. Di babak kedua, Laskar Antasari berhasil menyamakan kedudukan pada menit 61` melalui Murilo Mendes.

Hingga pekan kedelapan, Persib baru satu kali meraih kemenangan, yakni saat menghadapi Persik Kediri di pekan kelima saat ditangani sementara oleh Yaya Sunarya.

Kemenangan Gemilang PSIS Semarang

PSIS Semarang berhasil meraih poin sempurna di Indomilk Arena, Senin (14/8/2023) sore. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu berhasil mengalahkan Dewa United dengan skor telak 4-1.

Di babak pertama, PSIS unggul terlebih dahulu melalui gol Boubakary Diara di menit 23` dan Carlos Fortes pada menit 38`. Di pengujung babak pertama, Tangsel Warriors berhasil memperkecil ketertinggalan melalui tendangan penalti Alex Martins.

Namun, PSIS makin kokoh di babak kedua. Dewa melakukan serangan bertubi-tubi, namun gawang PSIS tetap tanpa kebobolan. Di menit 88`, PSIS berhasil menambah keunggulan melalui Paulo Gali. Giovani Numberi mencatatkan namanya di papan skor pada ujung laga. Dengan kemenangan ini, PSIS berada di peringkat empat klasemen dengan koleksi 14 poin.

Arema Masih Tanpa Kemenangan

Arema FC masih menjadi satu-satunya tim yang belum meraih kemenangan hingga pekan kedelapan. Pada Senin (14/8/2023) malam, tim berjuluk Singo Edan itu harus takluk dari tim tamu RANS Nusantara FC dengan skor 0-1. Gol tim berjuluk The Prestige Phoenix itu dicetak oleh tendangan bebas Zidane Afandi di menit 27`.

Dendi Santoso dan kawan-kawan pun saat ini berada di dasar klasemen dengan hanya mengoleksi dua poin, sementara RANS berada di peringkat kedua dengan poin 15.

Komentar