Pimpinan Special Olympics Minta Indonesia jadi Tuan Rumah Special Olympic Summer Games 2027

Berita

by redaksi

Pimpinan Special Olympics Minta Indonesia jadi Tuan Rumah Special Olympic Summer Games 2027

Indonesia berpeluang tuan rumah Special Olympic Summer Games di tahun 2027 nanti. Hal itu mengemukan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, bertemu dengan Ketua Sports & Games Special Olympics, Louis Lauria, dan Presiden Regional Asia Pasifik Specials olympics, Dipak Natali, di sela-sela Special Olympics Summer Games di Berlin pada Juni 2023.

Permintaan Special Olympics terhadap Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics Summer Games 2027 dilatarbelakangi kesuksesan Indonesia menggelar single event maupun multi event berskala internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu.

"Pertemuan tadi membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics di tahun 2027. Mereka tengah mencari sekaligus meminta kita untuk menjadi tuan rumah untuk tahun 2027 nanti," Dito menerangkan.

"Mereka menyanjung Indonesia karena berhasil menyelenggarakan Asian Games, Asian Para Games 2018 hingga perhelatan ASEAN Paragames 2021 Solo, bahkan mereka juga menyebut Indonesia di era Presiden Joko Widodo memiliki perhatian khusus terkait kesetaran dan inklusifitas," tambah dirinya.

Selain ajang multi event, Indonesia juga sudah terbiasa menggelar single event berskala internasional. Dalam waktu dekat, akan ada penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 dan World Beach Games 2023 di Tanah Air.

"Setelah Eropa, Indonesia dianggap pantas mewakili Asia Pasifik. Ditambahkan pula bahwa syarat menyangkut fasilitas penyelenggaraan Indonesia sudah memenuhi. Beberapa kali, penyelenggaraan ajang besar Indonesia sudah menyelenggarakannya di venue berstandar olimpiade," tutur Dito.

Staf khusus Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra, menjelaskan bahwa Menpora akan segera bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas lebih lanjut kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Specials Olympic 2027.

"Indonesia sangat berpotensi menjadi tuan rumah dan Menpora Dito sepulangnya dari ajang ini akan langsung melaporkan hal tersebut kepada Bapak Presiden Jokowi, meminta arahan dan pertimbangan-pertimbangannya bila Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics Summer Games 2027," pungkasnya.

Selain melakukan pertemuan dengan anggota Asia Pacific Special Olympics dan games director, Menpora Dito pun berkesempatan menyaksikan Zakaria, atlet Special Olympics Indonesia yang tampil di cabor atletik nomor 400 level A, ketika berlangsung di Hanns-Braun-Stadion at Olympiapark.

Special Olympics World Games 2023 di Berlin menjadi salah satu acara olahraga dan kemanusiaan terbesar yang diadakan tahun ini. Upacara Pembukaan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin itu diikuti oleh 7.000 atlet dari lebih dari 170 negara yang berlaga dalam 24 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Indonesia sudah sembilan kali ikut serta dalam penyelenggaraan Special Olympics World Games. Keikutsertaan Indonesia perrtama kali berlangsung di Minesota, Meneapolis, USA pada 1991.

Komentar