Kontroversi VAR Hiasi Pekan Kedua Liga Primer Inggris

Berita

by redaksi

Kontroversi VAR Hiasi Pekan Kedua Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris 2019/20 sudah memasuki pekan kedua. Banyak kejutan terjadi. Kesebelasan-kesebelasan papan atas bersusah payah untuk meraih kemenangan, sebagian lain gagal meraih poin penuh.

Pekan kedua ini dimulai oleh laga antara Arsenal menghadapi Burnley. Arsenal berhasil menang dengan skor tipis 2-1. Gol Alexander Lacazette sempat dibalas oleh Ashley Barnes sebelum gol Pierre-Emerick Aubameyang memastikan Arsenal meraih tiga poin penuh keduanya.

Kemenangan Arsenal di Emirates Stadium pada Sabtu (17/08) itu tak lepas dari kontribusi besar pemain pinjaman dari Real Madrid, Dani Ceballos. Gelandang asal Spanyol itu merupakan pencetak asis untuk gol Lacazette dan Aubameyang. Gol Lacazette berasal dari eksekusi sepak pojoknya, sementara gol Aubameyang berawal dari keberhasilan Ceballos merebut bola dari pemain Burnley.

Di Carrow Road, kubu tuan rumah, Norwich City, berhasil meraih kemenangan perdananya di Liga Primer Inggris musim ini dengan menaklukkan Newcastle United. Penyerang asal Finlandia, Teemu Pukki, jadi tokoh protagonis dengan memborong ketiga gol The Canaries. Jonjoe Shelvey memperkecil kekalahan sehingga Norwich menang dengan skor 3-1.

Kemenangan pertama juga diraih oleh Bournemouth yang pada pekan pertama diimbangi Sheffield United, dengan mengalahkan Aston Villa (2-1). Di samping itu, laga ini dihiasi dua gol indah dari luar kotak penalti: Gol Harry Wilson menit ke-12 dan gol Douglas Luiz menit ke-71. Terkhusus untuk gol Douglas, bukan tak mungkin gol pemain yang baru dibeli dari Manchester City ini akan menjadi kandidat Puskas Award atau penghargaan untuk gol terbaik. Sebelum gol Wilson, Bournemouth membuka gol lewat tendangan penalti Joshua King.

Di tempat lain Liverpool meraih kemenangan keduanya. Namun tak seperti ketika menghadapi Norwich City yang mampu menang telak, menghadapi Southampton di pekan kedua ini The Reds cukup bersusah payah untuk meraih poin penuh. Liverpool baru mencetak gol pertama melalui Sadio Mane pada injury time babak pertama, gol kedua dicetak Roberto Firmino mencetak gol kedua pada menit ke-71.

Liverpool gagal meraih nirbobol pada laga ini setelah kiper The Reds, Adrian San Miguel, melakukan blunder pada menit ke-83. Kiper yang sempat jadi pahlawan di Piala Super Eropa melawan Chelsea itu secara tidak sengaja mengoper pada penyerang Southampton, Danny Ings, yang berada di kotak penalti.

Berbanding terbalik dengan Liverpool, Chelsea lagi-lagi gagal meraih kemenangan. Jika di pekan pertama takluk 0-4 dari Manchester United, kali ini Chelsea ditahan imbang Leicester City di Stamford Bridge. Wilfred Ndidi yang melakukan kesalahan berujung gol Mason Mount di awal babak pertama, menyelamatkan Leicester City dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-67.

Namun yang paling diperbincangkan pada pekan kedua ini adalah tentang Video Assistant Referee (VAR). Pada laga Manchester City melawan Tottenham Hotspur, ketika skor 2-2 dan pertandingan menjelang berakhir, Gabriel Jesus berhasil mencetak gol memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Akan tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit. VAR menyatakan bola terlebih dahulu mengenai tangan Aymeric Laporte sebelum gol terjadi.

Silakan tonton kembali laga seru antara Manchester City vs Tottenham Hotspur di tautan ini.

VAR juga menggagalkan gol Leandro Trossard pada laga Brighton & Hove Albion melawan West Ham United. Pada menit ke-27, Brighton sempat dinyatakan unggul setelah Trossard memanfaatkan umpan silang Dan Burn. Namun ketika Trossard dan rekan-rekannya sedang merayakan gol, wasit pertandingan membatalkan keputusan tersebut setelah VAR menangkap bahwa Burn terlebih dahulu berada di posisi offside sebelum memberi asis pada Trossard.

Meski begitu, Trossard tetap mencetak gol pada laga ini. Ia mencetak gol pada menit ke-65, empat menit setelah West Ham United unggul lebih dulu lewat gol Javier Hernandez. Laga ini sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1.

Skor sama juga terjadi pada laga terakhir pekan kedua antara Wolverhampton Wanderers menghadapi Manchester United. United unggul terlebih dahulu melalui gol Anthony Martial. Namun tendangan dari luar kotak penalti Ruben Neves membuat United gagal menang. United punya kesempatan menang kala mendapatkan hadiah penalti, akan tetapi Paul Pogba yang menjadi eksekutornya gagal.

Hasil pekan kedua Liga Primer Inggris 2019/20:

Arsenal 2-1 Burnley

Aston Villa 1-2 Bournemouth

Brighton 1-1 West Ham United

Everton 1-0 Watford

Norwich City 3-1 Newcastle United

Southampton 1-2 Liverpool

Man City 2-2 Tottenham

Sheffield United 1-0 Crystal Palace

Chelsea 1-1 Leicester City

Wolves 1-1 Man United

Untuk menyaksikan highlights-highlights pertandingan Liga Primer Inggris 2019/20, klik tautan ini.

Komentar