Haris Seferovic Antar Swiss ke Semifinal UEFA Nations League

Berita

by redaksi

Haris Seferovic Antar Swiss ke Semifinal UEFA Nations League

Pertandingan UEFA Nations League yang mempertemukan Belgia dengan Swiss diwarnai hujan gol. Pada pertandingan yang digelar di kandang Swiss, Swissporarena, Luzern, Minggu (18/11) ada tujuh gol tercipta. Swiss meraih kemenangan secara dramatis setelah sebelumnya sempat tertinggal lewat dua gol yang dicetak Thorgan Hazard pada 20 menit awal babak pertama. Swiss memang mengincar kemenangan guna memuluskan jalannya menuju babak semifinal turnamen tersebut.

Pada saat pertandingan baru berjalan dua menit, Belgia berhasil unggul. Eden Hazard yang bergerak melalui sisi kiri pertahanan Swiss mengirimkan umpan pendek kepada Dries Mertens. Dribble kurang sempurna yang dilakukan Mertens malah mengenai kaki dari Nico Elvedi, dan Thorgan Hazard yang tepat berada di belakang pemain bernomor punggung empat tersebut langsung memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Pada menit ke-10 Belgia berkesempatan menambah keunggulan. Sayangnya sepakan Mertens yang sudah berdiri tepat di depan gawang Swiss masih melebar di sisi kanan gawang.

Thorgan Hazard memang menjadi ancaman yang berarti bagi Swiss di awal pertandingan. Tujuh menit setelah peluang Mertens, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh Yann Sommer.

Setelah unggul dua gol, Belgia tidak mengendurkan serangan. Tendangan Youri Tielemans dari sisi kanan pertahanan Swiss di menit ke-22 hanya mengenai tiang gawang Swiss.

Kevin Mbabu menjadi aktor penting guna terjadinya gol pertama Swiss. Mbabu yang saat itu ikut membantu penyerangan dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Nacer Chadli. Ricardo Rodriguez yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan. Gol tersebut pun menjadi pelecut semangat Swiss untuk lebih bermain menyerang.

Di menit ke-31, Swiss berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Haris Seferovic mencetak gol. Xherdan Shaqiri yang berhasil lepas dari perangkap off-side berhasil mengirimkan umpan melalui kepala kepada Seferovic. Seferovic yang tidak terkawal dengan mudah menceploskan bola.

Lima menit sebelum babak pertama berakhir Tielemans mencoba membawa Belgia kembali unggul. Namun tendangannya dapat dengan mudah dihentikan Sommer. Ketika babak pertama terlihat akan berakhir dengan skor imbang, Saferovic menjadi pehlawan setelah berhasil menyelesaikan comeback Swiss atas Belgia. Menerima umpan dari Edimilson Fernandes, sepakan penyerang Benfica tersebut meluncur deras ke gawang Belgia.

Di babak kedua, Swiss tidak menurunkan intensitas serangannya. Nico Elvedi yang membuat kesalahan di babak pertama berhasil membayar kesalahannya melalui gol sundulan di menit ke-62 memanfaatkan umpan yang dikirim Shaqiri.

Belgia tidak benar-benar bertahan di babak kedua. Sesekali mereka keluar untuk menyerang. Thomas Meunier pun ikut membantu penyerangan. Setelah berjibaku melewati pemain bertahan Swiss, umpan yang dikirimkan ke Michy Batshuayi tidak dapat berbuah gol.

Di menit ke-84, Seferovic melengkapi catatan hattrick-nya pada pertandingan tersebut sekaligus menutup hasil akhir pertandingan. Sundulannya ke sebelah kiri gawang Belgia gagal diantisipasi Courtois.

Dengan kemenangan ini, Swiss berhasil membalas kekalahan mereka di pertemuan pertama mereka atas Belgia Oktober lalu. Saat itu Swiss kalah tipis 1-2 di Brussels.

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, memuji mental anak asuhnya yang tidak panik saat posisi tertinggal.

“Saya ingin memberi selamat kepada setiap pemain, ada mental yang besar pada diri mereka. Para pemain mudah menyerah, mereka selalu percaya. Mereka bermain dengan kemauan dan kecerdasan,” ujar Petkovic seperti dilansir ChannelNewsAsia.

Kekalahan dari Swiss resmi mengakhiri catatan enam laga tidak terkalahkan Belgia sejak anak asuhan Roberto Martinez itu mencapai semifinal Piala Dunia 2018. Hasil ini juga membuat Swiss mematahkan kutukan mereka selama 35 tahun. Swiss terakhir mengalahkan Belgia pada November 1983 dengan skor 3-1.

"Kami lupa bertahan dan memberi banyak peluang untuk Swiss. Sebenarnya kami ingin sekali menjadi juara grup, namun akibat kekalahan ini akan membuat kami lebih berfokus saat kualifikasi Piala Eropa 2020,” lanjut pelatih Belgia Roberto Martinez.

Swiss lolos ke babak semifinal setelah menjadi juara Grup 2 dengan koleksi sembilan poin, hanya unggul selisih gol dari Belgia. Sudah ada tiga negara yang memastikan melaju ke babak semifinal yaitu, Swiss, Inggris, dan Portugal. Satu slot tersisa sedang diperebutkan oleh Perancis dan Belanda untuk mewakili Grup 1.

Babak semifinal dan final akan digelar Juni 2019 mendatang. Pengundian babak semifinal akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang.

[mag/pik]

Komentar