Hasil, Jadwal, dan Klasemen Matchday Ketiga Indonesia di Piala AFF 2018

AFF

by redaksi

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Matchday Ketiga Indonesia di Piala AFF 2018

Filipina menjalani laga kedua mereka di Piala AFF 2018 dengan mengalahkan Timor-Leste dengan skor tipis 3-2 di Kuala Lumpur, Sabtu (17/11). Filipina sempat unggul 3-0 melalui gol yang dicetak Philip Younghusband (’27), Martin Steuble (’33), dan Carlos Murga (’68) sebelum Timor-Leste memperkecil ketertinggalan melalui gol Nathaniel Jesus Reis (’73) dan Joao Freitas (’75).

Timor-Leste menurunkan skuat yang relatif berbeda dengan laga sebelumnya saat mereka dikalahkan Indonesia. Hanya Adelino De Oliveira, Rufino Gama, Junior Da Costa, Joao Freitas, dan Junior Da Costa yang dipertahankan manajer Timor-Leste, Nurio Tsukitate, pada laga ini.

Sementara skuat Filipina tidak jauh berbeda dengan laga sebelumnya ketika mereka menekuk Singapura. Namun Manajer Filipina, Sven-Goran Eriksson, tidak menurunkan kiper andalan mereka, Neil Etheridge. Eriksson mempercayakan gawang mereka kepada Michael Farkesgaard.

Pertandingan berlansung sengit. Sejak menit awal, kedua kesebelasan menerapkan permainan menyerang. Baru lima menit berlangsung, Timor-Leste sudah mengancam gawang Filipina. Akan tetapi sepakan kaki kanan Nelson Viegas masih bisa ditepis Farkesgaard.

Filipina kemudian sempat mengancam gawang Aderito Fernandes melalui peluang yang dicatatkan oleh Carlos Murga dan James Younghusband pada menit ke-22.

Perjuangan The Azkals membuahkan hasil pada menit ke-27. Memanfaatkan umpan Stephan Schrock, Phil Younghusband melayangkan sepakan kaki kanan yang tidak bisa dibendung Fernandes.

Rupanya gol Younghusband memengauhi mental Timor-Leste. Pada menit ke-33, Filipina kembali menggandakan keunggulan melalui sepakan Martin Steuble dari luar kotak penalti. Skor 2-0 untuk keunggulan Filipina pun bertahan hingga turun minum.

Timor-Leste rupanya belum menyerah. Pada menit ke-50, memanfaatkan umpan Domingos Ramos, Joao Freitas mencoba memperkecil kedudukan melalui tendangan kaki kiri, namun tendangannya masih bisa digagalkan Farkesgaard.

Pada menit ke-68, justru Filipina yang berhasil memperlebar jarak melalui tandukan Carlos Murga dari jarak dekat.

Dua meni berselang, Kevin Ingreso mencoba sepakan spekulatif yang cukup membahayakan dari jarak 35 yar. Namun bola berhasil diamankan dengan sigap oleh Fernandes.

Pada menit ke-73, Timor-Leste menerima secercah harapan. Nelson Viegas dijatuhkan di kotak terlarang oleh Paul Mulders. Jesus Reis yang ditunjuk menjadi eksekutor penalti tidak menyia-nyiakan kesempatan dan membuat papan skor berubah menjadi 1-3.

Gol penalti Reis ternyata membuat mental pemain Timor-Leste sedikit terangkat. Dua menit berselang, sepakan kaki kiri Joao Freitas tidak mampu dibendung Falkesgaard. Timor-Leste pun berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

Timor-Leste hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-83. Namun sepakan kaki kiri Wilson Da Cruz Martins masih bisa dihalau Falkesgaard. Skor 2-3 untuk kemenangan Filipina pun bertahan hingga pluit akhir dibunyikan.

Rekapitulasi Pertandingan Matchday Ketiga

Dengan hasil ini, Filipina berhasil menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan perolehan 6 poin, kalah selisih gol dengan pemuncak klasemen Thailand yang mengalahkan Indonesia 4-2 di laga lain. Di bawahnya diikuti Singapura dan Indonesia dengan perolehan 3 poin dan Timor-Leste yang belum memperoleh poin.

Dari pertandingan Grup A sehari pada Jumat (16/11), Myanmar dan Vietnam berhasil menyapu bersih dua laga awal dengan kemenangan. Malaysia harus mengakui keperkasaan Vietnam setelah ditumbangkan 2-0 di Mydinh Stadium, Hanoi melalui gol yang dicetak Nguyen Chuong Phuong pada menit ke-11 dan Nguyen Anh Duc pada menit ke-60.

Sementara Laos harus mengubur mimpinya untuk lolos dari fase grup setelah dikalahkan Myanmar dengan skor 1-3 di National Stadium, Muang Xai. Laos sempat unggul melalui gol Phuothone Innalay pada menit ke-14 sebelum Myanmar membalikkan keadaan dengan gol Aung Thu pada menit ke-45, Whai Htet Phyo pada menit ke-72, dan Lwin Maung pada menit ke-85.

Hasil ini membuat Myanmar, Vietnam, dan Malaysia sama-sama sudah mengantongi 6 poin, hanya selisih gol dan jumlah laga yang menjadi pembeda di antara ketiganya.

Vietnam menduduki posisi puncak diikuti dengan Vietnam dan Malaysia (Malaysia sudah bermain sebanyak 3 kali). Sementara Kamboja dan Laos sama-sama belum memperoleh poin. Laos bahkan sudah dipastikan tak bisa lolos ke semifinal.

Jadwal Berikutnya

Matchday keempat dari Grup A dan Grup B akan dimainkan pada Selasa (20/11) dan Rabu (21/11).

Grup A: Selasa, 20 November 2018
Kamboja vs Laos, 18.30 WIB
Myanmar vs Vietnam, 18.30 WIB

Grup B: Rabu, 21 November 2018
Filipina vs Thailand, 18.30 WIB
Singapura vs Timor-Leste, 18.30 WIB

Seperti yang terlihat di atas, Indonesia tidak bermain pada matchday keempat. Indonesia baru bermain kembali pada matchday kelima sekaligus pertandingan pamungkas babak grup pada Minggu (25/11) menghadapi Filipina di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Foto: affsuzukicup.com

[ham/dex]

Komentar