Tamparan Keras Depor yang Menyadarkan Barcelona

Berita

by Redaksi 33 28711

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tamparan Keras Depor yang Menyadarkan Barcelona

Barcelona seolah terbang tinggi ke awan usai mencatatkan comeback luar biasa atas Paris Saint-Germain dalam ajang Liga Champions UEFA. Namun, tamparan keras dari Deportivo La Coruna seolah menyadarkan mereka kembali bahwa persaingan di La Liga Spanyol masih belum selesai.

Dalam laga lanjutan La Liga 2016/2017 yang digelar di Stadion Riazor, pada Minggu (12/3/2017) malam, Deportivo menampar keras Barcelona lewat kemenangan 2-1 yang mereka raih atas Blaugrana. Dua gol dari Joselu dan Alex Bergantinos yang hanya dibalas satu oleh Luis Suarez membuat Barca kembali tersadar akan persaingan mereka yang belum selesai di La Liga.

Kekalahan Barca ini pun harus membuat mereka rela untuk lengser dari puncak klasemen karena pada saat yang bersamaan Real Madrid berhasil mengalahkan Real Betis dengan skor 2-1. Kekalahan yang juga dilansir oleh ESPN FC, merupakan efek dari mabuk kepayangnya Barca atas kemenangan di Liga Champions.

Gerard Pique, pemain Barca, memiliki pendapatnya sendiri terkait kekalahan timnya ini. Ia menganggap hal itu adalah hal yang wajar setelah keberhasilan mereka di Liga Champions, tapi ia juga menganggap bahwa faktor kelelahan tidak boleh dijadikan alasan atas kekalahan yang dialami oleh tim yang bermarkas di Camp Nou ini.

"Pendukung kami pasti akan mewajarkan kekalahan ini setelah kemenangan besar yang kami dapatkan dalam Liga Champions kemarin. Karena inilah olahraga, ada yang menang dan ada yang kalah, dan dalam pertandingan ini Depor pantas untuk menang," ujar Pique.

"Namun jika alasan kelelahan dijadikan alasan atas kekalahan kami di liga, hal itu tidak bisa dibenarkan. Mereka (Depor) juga memainkan pertandingan tengah pekan melawan Real Betis kemarin. Tak ada jadwal pertandingan yang mudah bagi semua tim. Setiap pertandingan membutuhkan usaha yang luar biasa untuk memenangkannya, dan dalam pertandingan ini kami tidak menunjukkan itu," tambahnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Luis Suarez, pencetak gol bagi El Barca dalam pertandingan tersebut. Ia menyebut bahwa timnya membiarkan Depor mendapatkan beberapa kesempatan untuk mencetak gol, sehingga akhirnya hal tersebut menghukum mereka.

"Kami membiarkan mereka mendapatkan beberapa kesempatan untuk mencetak gol, dan itu langsung menghukum kami. Inilah sepakbola. Hasil kemenangan atas PSG kemarin seolah tidak menjamin bahwa kami akan memenangkan pertandingan ini dengan mudah," ujar Suarez seperti dilansir The Guardian.

Namun setidaknya tamparan keras dari Depor ini akan langsung menyadarkan Barca, bahwa persaingan di La Liga Spanyol, sampai sejauh ini masihlah belum selesai. Masih ada Real Madrid yang harus mereka taklukkan dalam persaingan meraih gelar La Liga musim 2016/2017. Apalagi Madrid memiliki keunggulan satu pertandingan atas mereka. Sedikit saja Barca tergelincir, maka bukan tidak mungkin gelar La Liga akan lepas dari genggaman.

foto: @FCBarcelona

Komentar