Keluhan Tuchel Jelang Lawan Freiburg

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Keluhan Tuchel Jelang Lawan Freiburg

Borussia Dortmund memang kembali ke jalan kemenangan ketika mengalahkan VfL Wolfsburg dengan skor 3-0. Tapi rekor tandang Dortmund cuma satu kali menang dari enam pertandingan terakhir. Tentu kejanggalan itu cukup menyusahkan Dortmund untuk mengejar delapan poin dari RB Leipzig di peringkat dua klasemen sementara Bundesliga 2016/2017.

Dan malam nanti Dortmund akan bertandang ke Stadion Schwarzwald yang menjadi kandang Freiburg, Sabtu (25/2). Dortmund sendiri memiliki kendala pada laga ini karena tidak bisa memainkan Mario Goetze, Sebastian Rode dan Sven Bender karena cedera.

"Penyembuhan cedera Bender akan memakan waktu lama dari yang kita harapkan. Saya tidak akan mengatakan ini sebuah kemunduran, tapi dia terus mengalami kesakitan," terang Thomas Tuchel selaku Pelatih Dortmund seperti dikutip dari Fourfourtwo.

Selain cedera Bender, Tuchel juga mengeluhkan penurunan permainan penyerang andalannya, Pierre-Emerick Aubameyang. Aubameyang memang sudah mencetak 17 gol untuk Bundesliga musim ini, namun ia cuma menjaring satu gol dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi yang diikuti Dortmund. Penurunan ketajaman itu dialami Aubameyang sejak kembali dari Piala Afrika. Dan Aubameyang begitu disorot karena tampil buruk ketika dikalahkan Benfica dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions 2016/2017.

"Setiap kekeringan Aubameyang mengkhawatirkan. Dia sangat penting. Kami bergantung kepadanya dan tidak akan mencapai tujuan kami tanpanya. Jika Aubameyang berada di bentuk terbaiknya, kami yakin bisa mencetak gol di setiap saat tertentu," imbuh Tuchel pada konferensi pers jelang melawan Freiburg.

Tuchel menambahkan bahwa Dortmund sudah menjalani istirahat yang baik secara fisik dan mental. Dortmund juga mendapatkan lawan yang cukup ringan pada pertandingan DFB Pokal pada tengah pekan depan. Mereka akan bertandang ke Sportfreunde Lotte sebelum menghadapi lawan yang lebih berat di Bundesliga, yaitu Bayer Leverkusen. Barulah Dortmund berkonsentrasi lagi ke Liga Champions dengan melawan Benfica pada pertandingan kedua 16 besar.

"Kami benar-benar menikmati seminggu tanpa pertandingan. Hal itu banyak baiknya untuk kami. Kami benar-benar harus berada di zona (atas) mulai besok dan seterusnya. Kami tahu kami favorit dan kami sedang menuju Freiburg untuk mendapatkan kemenangan," kata Tuchel seperti dikutip dari situs resmi Dortmund.

Tuchel juga mewaspadai Freiburg yang sering mengancam melalui situasi bola mati. Sebab Freiburg memiliki penyelesaian akhir yang bagus. Pada pekan lalu pun Freiburg sukses mencuri poin di kandang Hamburger SV dengan skor 2-2. Sekarang Freiburg berada di peringkat sembilan klasemen sementara. Posisi itu berada di atas Schalke 04, Borussia M`Gladbach,VfL Wolfsburg, Hamburg dan Werder Bremen yang tergolong kesebelasan-kesebelasan kuat.


Sumber lain: Bundesliga.

Komentar